Thursday 29 May 2014

[Review] Oculus: Terror Supranatural Cermin Antik



#Description:
Title: Oculus (2014)
Casts: Karen Gillan, Brenton Thwaites, Katee Sackhoff, Rory Cochrane, Annalise Basso, Garrett Ryan, James Laferty, Dave Levine etc
Director: Mike Flanagan
Studio: Blumhouse Productions, Interpid Pictures & WWE Studios





#Synopsis:
Kaylie Russell (Karen Gillan) seorang yang bekerja disebuah tempat pelelangan akhirnya menemukan barang yang selama ini ia cari berkat bantuan sang tunangan, Michael Dumont (James Laferty). Yaitu sebuah cermin antik yang konon mempunyai kekuatan supranatural. Cermin yang penuh misteri itu telah banyak merenggut nyawa mereka-mereka yang pernah menjadi pemiliknya. Tepatnya 11 tahun yang lalu cermin antik tersebut dimiliki oleh keluarga Alan Russell (Rory Cochrane). Semenjak kehadiran cermin antik dirumah keluarga Russel, sikap Russell tiba-tiba berubah menjadi dingin terhadap anak-anak dan istrinya. Ia terlihat seperti menyembunyikan sesuatu diruangan kerjanya. Hal itu membuat sang istri Marie Russel (Katee Sackhoff) dilanda kegelisahan dan stres. Hingga puncaknya, Alan & Marie tewas penuh misteri dihadapan Kaylie & Tim yang waktu itu masih anak-anak.
11 tahun kemudian, Dibantu oleh adiknya Tim Russell (Brenton Thwaites) yang baru saja keluar dari tahanan & rumah sakit karena dianggap mengalami gangguan psikologis telah membunuh kedua orang tua mereka. Kaylie dan Tim akan kembali melakukan aktivitas pembuktian bahwa cermin antik tersebut mempunyai kekuatan supranatural yang telah merenggut nyawa orangtua mereka pada 11 tahun yang lalu.
Persiapan yang dilakukan Kaylie & Tim begitu matang, mereka menyiapkan alat perekam, komputer & sebuah benda tajam yang digantung diatas mereka untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Berhasilkah Kaylie & Tim menemukan bukti bahwa cermin antik itulah yang telah merenggut kedua orangtua mereka?! Seberapa besar kekuatan supranatural yang dimiliki cermin antik tersebut?


#Synopsis:
Setelah tahun 2013 lalu perfilman Hollywood digemparkan oleh The Conjuring & Insidious: Chapter 2 arahan James Wan, kali ini ditahun 2014 sebuah film horror yang diangkat dari indie short-movie berjudul "Oculus: Chapter 3 - The Man with the Plan (2006)" karya Mike Flanagan diangkat menjadi feature-movie oleh Blumhouse Productions (Terkenal dengan Paranormal Activity series & Insidious series) dan kursi penyutradaraan Oculus versi panjang ini tetap dipegang oleh Mike Flanagan.
Jika kebiasaan cerita film horror mengandalkan plot cerita yang maju atau mundur, Oculus ini tampil dengan plot yang mundur akan tetapi digabung dengan plot yang maju dan itu hadir secara bersamaan. Editing  antara plot maju dan mudur yang disajikan begitu rapi tidak kasar. Oculus juga sama dengan kebanyakan horror Hollywood lainnya yaitu menggunakan sebuah objek benda mati sebagai perantara kekuatan supranatural yaitu sebuah cermin. Meskipun bukan hal baru, akan tetapi Cermin Antik di Oculus ini sangat berhasil memberikan efek terror psikologis disepanjang film. Tensi ketegangan difilm ini juga berhasil dihadirkan oleh setting rumah yang keluarga Russell tempati. Terlihat begitu besar, gelap & menyeramkan. Meskipun efek jump scared dalam film ini terbilang sedikit. Adegan Kaylie memakan apel adalah paling memorable dalam Film Oculus! Setuju? :D
Aktris dan aktor pendatang baru Karen Gillan & Brenton Thwaites tampil memukau sebagai sepasang adik kakak yang mempunyai jiwa penasaran tinggi akan sebuah kekuatan supranatural. Rory Cochrane & Katee Sackhoff (yang entah mengapa wajahnya sekilas mirip Runner-Up X Factor Indonesia, Novita Dewi & Cynthia Lamusu) tampil meyakinkan sebagai sosok orang tua Kaylie & Tim.
Overall, Oculus ini merupakan sebuah Horror yang sedikit memberikan efek jump scared akan tetapi efek terror psikologis dari si Cermin Antik akan siap meneror anda.


[7.5/10Bintang]

0 comments:

Post a Comment