Friday 9 June 2017

[Review] The Mummy: Aksi Tom Cruise Melawan Monster Mummy



#Description:
Title: The Mummy (2017)
Casts: Tom Cruise, Annabelle Walis, Sofia Boutella, Jake Johnson, Russell Crowe, Courtney D. Vance, Marwan Kenzari, Stephen Thompson
Director: Alex Kurtzman
Studio: Universal Pictures, Perfect World Pictures, Dark Universe


#Synopsis:
Nick Morton (Tom Cruise) seorang tentara yang sedang bertugas di Irak mempunyai pekerjaan sampingan mencari benda-benda kuno untuk dijual dengan harga tinggi. Dibantu oleh temannya Christ Vail (Jake Johnson) untuk mencari sebuah lokasi bernama Haram. Informasi tersebut Nick dapatkan dari peta hasil curian dari seorang arkeolog bernama Jenny Halsey (Annabelle Walis).Ketika dikepung oleh warga sipil akibat ketahuan sedang mencari barang barang kuno, Nick dan Chris berhasil menemukan sebuah gua misterius. Jenny pun lantas turun tangan untuk menelusuri gua tersebut ditemani oleh Nick dan Chris.Ternyata, gua tersebut adalah Gua Haram yang mereka cari selama ini. Disana mereka menemukan banyak patung mesir kuno, perhiasan kuno dan tulisan-tulisan zaman mesir kuno yang tertulis di dinding dan bongkahan batu.Mereka juga tak sengaja menemukan sebongkah peti mati kuno yang telah terkubur dalam air raksa selama ribuan tahun lamanya. Didalam peti itu tersimpan sesosok mayat perempuan bernama Queen Ahmanet (Sofia Boutella) dari zaman mesir kuno. Peti tersebut kemudian diangkat dan akan diteliti lebih lanjut di Eropa.



Seperti mendapat kutukan, perjalanan Nick, Jenny beserta teamnya menuju Eropa berubah menjadi malapetaka. Badai pasir datang tiba-tiba, segerombolan gagak hitam juga menghampiri mereka hingga puncaknya pesawat yang mengangkut mereka kecelakaan sebelum tiba di tujuan. Usai tragedi tersebut, rupanya kutukan itu terus berlanjut. Queen Ahmanet bangkit dari tidur panjangnya untuk membalas dendam rasa sakit hatinya kala itu. Kekuatan Queen Ahmanet akan semakin bertambah kuat jika ia menghisap energi dan roh dari manusia. Ia terus mencari keberadaan pisau keramat serta batu berlian berwarna merah yang berhasil disembunyikan oleh penduduk bumi pada ribuan tahun usai Queen Ahmanet dijadikan mummy.


Bisakah Nick dan Jenny menghentikan sosok Queen Ahmanet? Lalu siapakah Dr.Henry Jekyll (Russell Crowe) yang tiba-tiba hadir dan konon akan membantu Nick dan Jenny melenyapkan sosok Queen Ahmanet?


#Review:
Intense ketegangan dan moment TERBAIK dalam Film Reboot THE MUMMY (2017) ini terletak pada paruh pertama film. Alur cerita nya sukses bikin menarik rasa penasaran penonton ketika asal-usul Queen Ahmanet dimulai serta aksi mendebarkan Nick serta Jenny menelusuri Gua Haram. Puncaknya adalah adegan pesawat itu. Adrenalin terus dipompa dengan adegan action dan semi horror.Namun ketika sosok Queen Ahmanet itu muncul, alur cerita seakan semakin berantakan dan menjadi boomerang tersendiri untuk keseluruhan cerita. Disatu sisi, Queen Ahmanet yg diperankan oleh Sofia Boutella ini tampil cukup mengesankan sebagai sosok villain. Queen Ahmanet yang diperankan oleh Sofia Boutella yang sekilas mirip perpaduan antara Julia Perez dan Ratu Felisha ini tampil dingin, mengerikan dan susah untuk dikalahkan. Namun disisi lainnya, kemunculan Queen Ahmanet di muka bumi yang mencari senjatanya itu malah semakin melar. 
 


Ditambah lagi dengan intense jumpscare yang diumbar terus-menerus mengurangi sisi action yang THE MUMMY (2017) berikan. Makin menuju akhir film, sang sutradara terlihat kebingungan menentukan jalan cerita. Penambahan sosok karakter Dr.Henry Jekyll yang diperankan Russell Crowe semakin memper-sumpek keseluruhan cerita. Sosok Queen Ahmanet beserta anak buahnya juga lama kelamaan tampil malah seperti Zombie bukan seperti Mummy.Untuk penggemar Tom Cruise mungkin film ini tak boleh dilewatkan. Beliau tampil seperti biasanya selalu kharismatik. Ditambah dalam THE MUMMY (2017) ini Tom Cruise memberikan sentuhan sisi humor yang wajar lewat beberapa adegan bareng Jake Johnson dan Annabelle Walis.Sosok Jenny Halsey yang diperankan oleh Annabelle Walis adalah salah satu karakter yang kalo menurut gue adalah karakter paling useless disini. Sosok Jenny hanya tampil sebagai karakter yang (selalu) harus diselamatkan dan dilindungi oleh Nick tanpa melakukan aksi yang mengesankan sama sekali. Beruntung, untuk segi musik scoring serta visual dan CGI, Film THE MUMMY (2017) ini sangat memuaskan. Efeknya nyaris tanpa cela. Apalagi adegan pesawat itu menjadi adegan terbaik dalam film ini.



Sebagai debut untuk memperkenalkan DARK UNIVERSE (semacam Marvel Cinematic Universe namun untuk para monster produksi Universal Pictures) Film THE MUMMY (2017) ini bisa tampil jauh lebih mengesankan jika alur cerita ditangani oleh satu penulis naskah tidak keroyokan sampai enam penulis gini. Semoga di karakter-karakter lain dalam DARK UNIVERSE yang akan difilmkan seperti Dracula, Frankenstein, Invisible Man, Werewolf dan yang lainnya bisa memperbaiki kesalahan yang dilakukan oleh THE MUMMY (2017).



[7.5/10Bintang]

2 comments:

  1. Gw nonton ini film 2 hari kemaren jam 10 malem di imax sumarecon bekasi. Emang sih awalnya film ini menurut gw menarik banget. Tapi lama kelamaan kok bikin bosen. Apa petualangan si tom cruise kurang dieksplor lebih (seperti the mummy sebelumnya). Setuju banget. Filmnya kurang greget. Filmya keknya lebih ke horor atau thriller deh daripada actionnya hahaha. Soalnya kacamata 3d nya hampir kelempar sama gw pas nonton. Kan sering banget tuh si ahmanet tiba2 nongol dari belakang kek susana :p. Rada kecewa sih. Tapi yawdalah ya. Rating dari gw 7/10.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Overall sependapat nih.. Btw thanks for comment & visit :D

      Delete