Monday 13 May 2019

[Review] Malam Jumat The Movie: Investigasi Ewing Squad Ke Wonder Park


#Description:
Title: Malam Jumat The Movie (2019)
Casts: Ewing HD, Zoe Abbas Jackson, Dea Annisa, Ajil Ditto, Harris Vriza Illano, Putra Dinata, Sonia Alyssa, Ade Firman Hakim, Randy Pangalila
Director: Hadrah Daeng Ratu
Studio: Dee Company, Blue Water Films, MD Pictures

#Synopsis:
Ewing HD (Ewing HD) adalah seorang YouTuber yang sudah memiliki subscriber sangat banyak berkat channel-nya yang berjudul Malam Jumat. Program mistis yang melakukan investigasi ke tempat-tempat mistis oleh Ewing beserta dengan para crew-nya membuat channel dan nama Ewing semakin dikenal luas.
Episode kali ini, Ewing dengan crew-nya yaitu Winky (Harriz Vriza Illano), Oji (Ajil Ditto), cameraman Agan (Putra Dinata) dan anggota baru Ewing Squad yaitu Lulu (Dea Annisa) mendatangi sebuah arena wahana permainan Wonder Park yang sudah lama terbengkalai. Konon disana sering dijadikan tempat untuk orang-orang yang akan bunuh diri. Ketika sedang berada di arena rumah hantu, mereka menemukan sebuah jaket bomber kotor berwarna merah dan sebuah topi hitam berinisial RH. Tak cuma itu saja, mereka juga menemukan sobekan kertas didalam jaket tersebut yang berisi permintaan maaf. Lulu yakin bahwa itu pesan peninggalan dari si pemilik jaket sebelum ia gantung diri. Oji dan Winky yang merasa ketakutan lalu bertingkah panik dan tak sengaja menginjak sesajen yang berada di arena tersebut. Tak butuh waktu lama, Lulu tiba-tiba jatuh pingsan, menjerit dan mengalam kerasukan. Seluruh anggota panik lalu membawa dan mengamankan Lulu keluar dari Wonder Park.


Kejadian yang menimpa Lulu itu membuat Ewing mengurungkan niatnya untuk tetap lanjut melakukan investigasi di Wonder Park. Tapi hal ini tidak bagi Oji, Winky dan Agan. Mereka lebih memilih untuk tetap melanjutkan misinya demi menjaga reputasi channel Malam Jumat yang sudah mempunyai subscribers banyak. Tanpa Lulu, mereka berempat akhirnya memutuskan untuk kembali ke Wonder Park. Setibanya disana, Ewing, Oji, Winky dan Agan melakukan permainan petak umpet dan Ewing ditugaskan untuk mencari keberadaan Oji dan Winky yang bersembunyi di arena wahana bermain Wonder Park. Ewing dan Agan lalu menelusuri salah satu gedung bertingkat di Wonder Park. Sambil melakukan live-streaming dan merekam, Ewing berhasil menemukan Winky. Namun ketika mereka mencari Oji, kejadian mistis harus mereka alami. Oji tiba-tiba hilang. Disaat yang sama pula tak sengaja kamera footage yang dibawa Oji menangkap sebuah gambar mengerikan dimana muncul sosok wanita berambut panjang sedang memakan sesajen.


Berkat video footage milik Oji, channel Malam Jumat semakin populer dan berhasil mengumpulkan satu juta lebih viewers kurang dari 24 jam. Prestasi ini membuat Ewing Squad bahagia. Tapi kebahagiaan mereka sedikit terusik usai menemukan sebuah komentar dari akun Dinda Kemilau (Zoe Abbas Jackson) yang mengklaim bahwa jacket bomber merah dan topi itu adalah milik kakaknya, Ryan Haryanto (Randy Pangalila) yang dinyatakan telah hilang. Dinda yang ditemani sahabatnya Ellen (Sonia Alyssa) meminta bantuan pada Ewing Squad untuk bisa datang lagi ke Wonder Park. Untungnya Ewing Squad bersedia membantu Dinda dan Ellen. Demi keamanan dan terbebas dari gangguan aneh, Dina dan Ellen mengajak Tio (Ade Firman Hakim) seorang paranormal populer dan juga YouTuber atas rekomendasi dari Lulu. Setibanya di Wonder Park, Tio merasakan atmosfer serta aura buruk di wahana itu. Lebih parahnya lagi Tio diserang oleh sosok misterius yang tak kasat mata. Ulah Ewing Squad ini akhirnya ketahuan oleh penjaga Wonder Park dan menyuruh rombongan ini untuk keluar dari Wonder Park.




Tapi mereka tidak menyerah. Keesokan malamnya, Ewing Squad datang lagi ke Wonder Park lewat jalur belakang yang tak dijaga oleh petugas keamanan. Tiba di wahana rumah hantu, mereka lalu melakukan ritual untuk memanggil arwah Ryan. Dua member Ewing Squad yaitu Oji dan Winky kurang mempercayai apa yang sedang dilakukan oleh Tio. Mereka lalu diusir dan lebih memilih melakukan vlogging masing-masing. Disaat Oji dan Winky terpisah, mereka bertemu dengan sosok misterius berjaket merah dan membunuh mereka satu persatu. Disaat yang bersamaan pula ritual yang dilakukan Tio membuat suasana semakin kacau. Ellen hilang karena mengikuti sosok berjaket merah yang ia yakini itu adalah Ryan. Sementara itu Ewing mengalami luka dan Tio-Dinda kabur menyelamatkan diri pergi dari Wonder Park.
Apa yang sebenarnya terjadi? Benarkah sosok berjaket merah itu adalah Ryan Hartono?


#Review:
Profesi seorang YouTuber memang sedang digandrungi banyak orang di zaman millenial ini. Siapapun bisa menjadi seorang YouTuber dengan pilihan konten yang kini semakin beragam. Mulai dari konten lucu-lucuan seperti Ria Ricis, Baim Wong dan Raffi Ahmad. Lalu konten tutorial kecantikan dari para artis Instagram dan juga selebriti wanita cantik. Konten musik dari penyanyi Anji dan yang lainnya semuanya mempunyai jumlah fans yang tak sedikit. Selain nama-nama mereka, jangan lupakan juga nama Ewing HD yang melejit lewat konten Malam Jumatnya di YouTube yang selalu menuai kesuksesan dan dianggap sangat menyeramkan.


Kepopuleran Ewing HD ini membuat Dheeraj Kalwani selaku pemilik Dee Company tertarik untuk membuatkan film panjangnya yang terinspirasi dari konten Malam Jumat. Disutradarai oleh Hadrah Daeng Ratu yang sebelumnya sukses meneror penonton lewat film JAGA POCONG (2018) dan ditulis oleh penulis skenario Andika Lazuardi, film MALAM JUMAT THE MOVIE (2019) ini menggunakan dua pengambilan sudut gambar yaitu secara found-footage ala-ala dan film. Penggabungan dua konsep ini di paruh pertama film sih cukup aman dan tidak terlalu mengganggu. Bahkan ketika bagian found-footage-nya terasa cukup oke dengan jumpscared yang ditampilkan timingnya tepat banget. Film bergulir di pertengahan mulai terganggu dengan hadirnya karakter-karakter baru yang tampil kurang meyakinkan. Bahkan sosok Ewing HD yang memerankan dirinya sendiri ini disini cukup mengecewakan. Hampir disepanjang durasi film, ekspresi dan auranya begitu datar tidak ada perubahan yang signifikan. Taste-nya hampir serupa seperti Roy Kiyoshi dalam filmnya ROY KIYOSHI: THE UNTOLD STORY (2019) dan Sacred Riana dalam film THE BEGINNING (2019). Disaat para pemain kurang maksimal dalam memerankan karakternya, untungnya untuk segi visual dan musiknya kali ini tampil cukup baik dan tidak se-berisik biasanya. 


Hadrah Daeng Ratu berhasil menahan diri untuk tidak menghadirkan musik yang super menggelegar disepanjang film. Tata sinematografi suasana Wonder Park yang dibangun juga atmosfernya sudah sangat menyeramkan. Beberapa jumpscared juga asyik dan diluar dugaan.
Namun sayang, menuju babak akhir film, MALAM JUMAT THE MOVIE (2019) ini malah menghadirkan twist yang berlapis-lapis. Salah satu twist dalam film ini menurutku secara tidak langsung akan merusak personal branding dari sosok Ewing HD ini. Langkah ini menurutku cukup berani, meskipun keseluruhan skenario film ini adalah fiktif belaka. Tak cuma itu saja, masih ada lagi twist berikutnya yang menurutku tidak penting dan berasa kurang nyambung dengan inti cerita dan para karakternya. Dan yang paling aku kurang suka adalah final twist-nya yang dibuat terasa maksa banget. Padahal jika diakhiri dengan tragis pasti akan jauh lebih oke dan mengesankan daripada harus dipaksakan untuk happy ending. Ayo dong sekali-kali bikin film yang endingnya tragis semacam BRIGHTBURN (2019) gitu.


Overall, film MALAM JUMAT THE MOVIE (2019) lumayan berhasil membangun atmosfer horrornya yang didukung oleh jumpscared unpredictable, meskipun menurutku terlalu banyak twist yang dihadirkan.


[7/10Bintang]

0 comments:

Post a Comment