Monday 1 January 2024

[Kaleidoskop] 13 Film Indonesia Paling Berkesan Di Tahun 2023


Tahun 2023, genre horror masih mendominasi di industri perfilman Indonesia. Sampai 31 Desember hari ini, film Indonesia terlaris di tahun 2023 sukses diraih oleh film horror SEWU DINO produksi MD Pictures. Film yang disutradarai Kimo Stamboel itu berhasil mengumpulkan 4.886.406 penonton selama penayangan di bioskop. Dikutip dari Wikipedia dan Cinepoint Apps, terdapat lebih dari 100 judul film Indonesia yang tayang di bioskop selama periode 1 Januari - 31 Desember 2023. Yang tak kalah menarik, di tahun ini, tercatat ada 18 judul film Indonesia yang berhasil mengumpulkan lebih dari satu juta penonton selama penayangan di bioskop.
Mengawali tahun 2024, Movimie Enthusiast merilis Kaleidoskop 13 Film Indonesia Paling Berkesan Di Tahun 2023. Berikut adalah daftar lengkapnya:

1. Autobiography - Kawan Kawan Media
Debut film panjang karya Makbul Mubarak ini sukses menyabet penghargaan Penulisan Skenario Asli Terbaik FFI 2022 dan sederet penghargaan lain dari ajang festival film bergengsi tingkat internasional. Film AUTOBIOGRAPHY membawa cerita dan issue tentang penyalahgunaan kekuasaan dengan banyak kejutan tak terduga didalamnya. Duet maut Pak Arswendy Beningswara dan Kevin Ardilova benar-benar bikin penonton ketakutan layaknya film horror!

2. Jalan Yang Jauh Jangan Lupa Pulang - Visinema Pictures
Film terbaru dari semesta NKCTHI ini berfokus pada cerita karakter Aurora yang diperankan oleh Sheila Dara Aisha. Yang mengejutkan, sutradara Angga Dwimas Sasongko menyajikan drama kehidupan Aurora di luar negeri ini dibuat sangat realistis dan apa adanya. Makna tentang pulang Treatment penggunaan kamera yang sangat fleksibel serta pemilihan lagu yang menemani interaksi Aurora dengan orang-orang disekitarnya disini jauh lebih memuaskan dibandingkan film pendahulunya.

3. Gita Cinta Dari SMA - Starvision Plus
Sutradara Monty Tiwa mencoba reborn salah satu film ikonik tahun 80an dengan tetap mempertahankan nuansa klasiknya. Penampilan Prilly Latuconsina dan Yesaya Abraham di film ini sukses pencuri perhatianku. Elemen musikal yang diselipkan pun tampil memuaskan. Gita Cinta Dari SMA dan Puspa Indah Taman Hati adalah dua remake terbaik di tahun 2023. Cukup disayangkan karena film ini gagal di tangga Blockbuster film Indonesia tahun ini.

4. Dear David - Palari Films
Tayang langsung di platform streaming Netflix, film terbaru dari sutradara Lucky Koeswandi yang kembali mengangkat issue sensitif dengan budaya pop culture dari siswi SMA bernama Laras. Plot cerita terasa dekat dengan kehidupan remaja saat ini. Come back Emir Mahira di film layar lebar berhasil meyakinkan penonton jika ia adalah aktor yang bisa diperhitungkan. Chemistry asyik yang dibangun bersama Sheninna Cinnamon di film ini juga bagus.

5. Onde Mande - Visinema Pictures
Sutradara Paul Fauzan Agusta hadir kembali meramaikan industri perfilman tanah air dengan film barunya yang kali ini berdasarkan pengalaman hidupnya sebagai orang asli Minang, Sumatera Barat. Alur cerita film ONDE MANDE sangat menghibur dan sukses membuatku penasaran dengan akhir cerita drama hadiah undian yang dimenangkan oleh Uda Am. Plot twist nya benar-benar unpredictable. Bagus!

6. Hari Ini Akan Kita Ceritakan Nanti - Visinema Pictures
Setelah film JALAN YANG JAUH JANGAN LUPA PULANG, tahun ini juga semesta NKCTHI kehadiran spin-off film yang berfokus pada masa muda Narendra. Angga Dwimas Sasongko menyajikan cerita HIAKCN begitu manis, hangat dan tak disangka penuh dengan canda tawa. Penampilan Jourdy Pranata, Yunita Siregar dan geng kerabat dari karakter Narendra berhasil membuatku terkesan. So far, film HIAKCN merupakan spin-off terbaik di semesta NKCTHI.

7. Sleep Call - IDN Pictures
Sutradara Fajar Nugros beserta rumah produksi miliknya kini lebih aktif untuk menghadirkan film dengan tema yang anti mainstream. Setelah film horror INANG, di tahun ini Fajar Nugros merilis film bertema thriller berjudul SLEEP CALL. Premisnya pun sangat menarik karena menyentil permasalahan sosial tentang fenomena pinjaman online yang mampu "membunuh" para korbannya. Akhirnya bisa melihat aktris Laura Basuki berkelakuan sadis di film ini!

8. Kisah Tanah Jawa Pocong Gundul - MD Pictures
Setelah film KKN DI DESA PENARI dan SEWU DINO, MD Pictures masih memiliki amunisi horror lain di tahun ini yaitu lewat Intellectual Property KISAH TANAH JAWA. Cerita Pocong Gundul terpilih menjadi film pembuka jagat Kisah Tanah Jawa versi film layar lebar yang disutradarai oleh Awi Suryadi. Tak disangka, plot dan karakter di film ini jauh lebih matang. Unsur budaya Jawa nya sangat kuat. Atmosfer horror yang diciptakan pun bikin merinding penonton. Penampilan trio Deva Mahenra, Della Dartyan dan Iwa K tidak mengecewakan!

9. Petualangan Sherina 2 - Miles Films
Setelah menunggu dengan sabar hingga 23 tahun lamanya, sekuel film PETUALANGAN SHERINA akhirnya tayang juga di bioskop Indonesia pada September lalu. Proses pembuatan film yang sudah berjalan sejak akhir 2019 lalu ini tampil sangat memuaskan sebagai ajang nostalgia bagi para penonton film Indonesia di era awal 2000an. Sherina Munaf dan Derby Romero begitu mempesona. Lagu-lagu yang menjadi Original Soundtrack di film ini juga tak kalah bagusnya dengan film pertamanya. Film Indonesia pertama di tahun ini yang membuatku menangis bahagia!

10. Di Ambang Kematian - MVP Pictures
Dari puluhan judul film horror yang tayang di tahun ini, film DI AMBANG KEMATIAN karya sutradara Azhar Kinoi Lubis sukses mencuri perhatianku dan menjadi film horror Indonesia terfavorit di tahun 2023. Berkolaborasi dengan Erwan Alphadullah, premis tentang pesugihan berhasil disajikan dengan konsep berbeda dari biasanya. Drama keluarganya kuat dan adegan-adegan horronya bagus! Tragisnya ituloh bikin penonton merenung akan nasib dari keluarga yang diperankan dengan apik oleh Teuku Rifnu Wikana, Taskya Namya, Wafda Saifan dan Kinaryosih.

11. Budi Pekerti - Rekata Studios
Sutradara muda Wregas Bhanuteja kembali menggegerkan industri perfilman tanah air gara-gara film terbarunya, BUDI PEKERTI sukses tayang perdana di Toronto International Film Festival. Tak hanya itu saja, film ini juga kembali borong 12 nominasi FFI 2023 dan berhasil memenangkan 2 Piala Citra untuk kategori Pemeran Pendukung Perempuan Terbaik. Pemeran Utama Perempuan Terbaik. Film BUDI PEKERTI sukses mcncuri perhatianku karena premis yang diangkat oleh sang sutradara terlalu dekat dengan generasi sosial media. Fenomena cancel culture seorang guru bimbingan konseling ternyata bisa menjadi masalah yang diibaratkan bola salju menggelinding. Tak heran jika empat pemain utama film ini berhasil masuk nominasi terbaik di FFI 2023.

12. Jatuh Cinta Seperti Di Film-Film - Imajinari Pictures
Rumah produksi Imajinari yang dibesarkan oleh Ernest Prakasa sukses menggebrak Blockbuster film Indonesia lewat NGERI-NGERI SEDAP di tahun 2022 lalu. Di tahun ini, Imajinari berkolaborasi dengan sutradara Yandy Laurens menghadirkan film JESEDEF. Premis yang dihadirkan benar-benar fresh untuk industri perfilman Indonesia. Tak hanya itu saja, Yandy Laurens juga memberikan surat cinta sekaligus sentilan untuk sinema Indonesia di film ini. Penampilan Ringgo Agus Rahman, Nirina Zubir, Alex Abbad, Sheila Dara Aisha dan Dion Wiyoko sukses membuatku terpukau!

13. 13 Bom Di Jakarta - Visinema Pictures
Visinema Pictures dan Angga Dwimas Sasongko menutup tahun 2023 dengan merilis film action terbaru yang berjudul 13 BOM DI JAKARTA. Film dengan durasi 145 menit ini tak disangka tampil memukau karena menghadirkan banyak sekali elemen action didalamnya. Adegan ledakan bom, kejar-kejaran mobil, baku tembak, baku hantam hingga tabrakan mobil semuanya ada. Film ini semakin berhasil melepas kerinduan penonton akan film Indonesia bergenre action berkat penampilan total dari para pemainnya. Pembagian cerita karakternya pun berimbang. You did it again Mas Angga!!

Honorable Mentions Film Indonesia Paling Berkesan Lainnya
1. Kembang Api
2. Ketika Berhenti Di Sini
3. 172 Days
4. Rumah Masa Depan
5. Buya Hamka & Siti Raham Vol. 2

Film Drama Indonesia Paling Berkesan
1. Autobiography
2. Jalan Yang Jauh Jangan Lupa Pulang
3. Petualangan Sherina 2
4. Budi Pekerti
5. Jatuh Cinta Seperti Di Film-Film

Film Komedi Drama Indonesia Paling Berkesan
1. Star Syndrome
2. Ganjil Genap
3. Mohon Doa Restu
4. Gampang Cuan
5. Srimulat: Hidup Memang Komedi

Film Horror Indonesia Paling Berkesan
1. Di Ambang Kematian
2. Kisah Tanah Jawa: Pocong Gundul
3. Kajiman
4. Sijjin
5. Jin Khodam

Film Internasional Paling Berkesan
1. Missing
2. Guardians of The Galaxy Vol. 3
3. Spider-Man Across The Spider-Verse
4. Elemental
5. Oppenheimer
6. Barbie
7. Mission Impossible: Dead Reckoning Part One
8. Taylor Swift: The Eras Tour Film
9. Past Lives
10. Saltburn
11. Wonka
12. Anatomy of a Fall
13. Aquaman And The Lost Kingdom

Adegan Aksi Film Indonesia Paling Berkesan
1. Berbalas Kejam
2. Virgo And The Sparklings
3. Suzzanna: Malam Jumat Kliwon
4. Indigo
5. 13 Bom Di Jakarta

Film Tidak Sesuai Dengan Ekspektasi
1. Puisi Cinta Yang Membunuh
2. Balada Si Roy
3. Mangkujiwo 2
4. Para Betina Pengikut Iblis
5. Surga Di Bawah Langit
6. Virgo And The Sparklings
7. Jin & Jun
8. Saranjana: Kota Ghaib
9. Kultus Iblis
10. Siksa Neraka

Serial Indonesia Paling Berkesan
1. Katarsis - Randolph Zaini (Vidio)
2. Teluh Darah - Kimo Stamboel (Disney Plus Hotstar)
3. Tilik The Series - Wahyu Agung Prasetyo (WeTV)
4. Sabtu Bersama Bapak - Rako Prijanto (Prime Video)
5. Hubungi Agen Gue - Teddy Soeriaatmadja (Disney Plus Hotstar)
6. Wedding Agreement 2 - Archie Hekagery (Disney Plus Hotstar)
7. Gadis Kretek - Ifa Isfansyah Kamila Andini (Netflix)
8. Tukar Tambah Nasib - Herwin Novianto (Prime Video)
9. Tira - Zahir Omar (Disney Plus Hotstar)

Sutradara Film Indonesia Paling Berkesan
1. Angga Dwimas Sasongko - Jalan Yang Jauh Jangan Lupa Pulang
2. Monty Tiwa - Gita Cinta Dari SMA dan Puspa Indah Taman Hati
3. Awi Suryadi - Kisah Tanah Jawa Pocong Gundul
4. Riri Riza - Petualangan Sherina 2
5. Azhar Kinoi Lubis - Di Ambang Kematian
6. Wregas Bhanuteja - Budi Pekerti
7. Yandy Laurens - Jatuh Cinta Seperti Di Film-Film
8. Angga Dwimas Sasongko - 13 Bom Di Jakarta

Skenario Film Indonesia Paling Berkesan
1. Autobiography
2. Petualangan Sherina 2
3. Budi Pekerti
4. Jatuh Cinta Seperti Di Film-Film
5. 13 Bom Di Jakarta

Aktor Utama Paling Berkesan
1. Arswendy Beningswara - Autobiography
2. Yesaya Abraham - Gita Cinta Dari SMA dan Puspa Indah Taman Hati
3. Reza Rahadian - Berbalas Kejam
4. Emir Mahira - Onde Mande
5. Vino G. Bastian - Buya Hamka
6. Derby Romero - Petualangan Sherina 2
7. Angga Yunanda - Budi Pekerti
8. Ringgo Agus Rahman - Jatuh Cinta Seperti Di Film-Film
9. Chicco Kurniawan - 13 Bom Di Jakarta
10. Rio Dewanto - 13 Bom Di Jakarta

Aktris Utama Paling Berkesan
1. Sheila Dara Aisha - Jalan Yang Jauh Jangan Lupa Pulang
2. Shenina Cinnamon - Dear David
3. Marsha Timothy - Kembang Api
4. Laura Basuki - Sleep Call
5. Laudya Cynthia Bella - Buya Hamka & Siti Raham Vol. 2
6. Sherina Munaf - Petualangan Sherina 2
7. Sha Ine Febryanti - Budi Pekerti
8. Nirina Zubir - Jatuh Cinta Seperti Di Film-Film
9. Lutesha - 13 Bom Di Jakarta
10. Putri Ayudya - 13 Bom Di Jakarta

Aktor Pendukung Paling Berkesan
1. Kevin Ardilova - Autobiography
2. Jerome Kurnia - Jalan Yang Jauh Jangan Lupa Pulang
3. Iwa K - Kisah Tanah Jawa Pocong Gundul
4. Ardit Erwandha - Petualangan Sherina 2
5. Alex Abbad - Jatuh Cinta Seperti Di Film-Film
6. Dion Wiyoko - Jatuh Cinta Seperti Di Film-Film
7. Erick Estrada - Srimulat Hidup Memang Komedi
8. Ardhito Pramono - 13 Bom Di Jakarta

Aktris Pendukung Paling Berkesan
1. Lutesha - Jalan Yang Jauh Jangan Lupa Pulang
2. Cut Mini - Mohon Doa Restu
3. Sarah Sechan - Mohon Doa Restu
4. Prilly Latuconsina - Budi Pekerti
5. Sheila Dara - Jatuh Cinta Seperti Di Film-Film
6. Widyawati - Rumah Masa Depan
7. Graciella Abigail - Layangan Putus The Movie
8. Niken Anjani - 13 Bom Di Jakarta

Chemistry Paling Berkesan
1. Arswendy Beningswara & Kevin Ardilova - Autobiography
2. Yesaya Abraham & Prilly Latuconsina - Gita Cinta SMA dan Puspa Indah Taman Hati
3. Reza Rahadian & Laura Basuki - Berbalas Kejam
4. Derby Romero & Sherina Munaf - Petualangan Sherina 2
5. Ringgo Agus Rahman & Nirina Zubir - Jatuh Cinta Seperti Di Film-Film
6. Chicco Kurniawan & Ardhito Pramono - 13 Bom Di Jakarta

Poster Film Indonesia Paling Berkesan
1. Onde Mande
2. Petualangan Sherina 2
3. Budi Pekerti
4. Gampang Cuan
5. Jatuh Cinta Seperti Di Film-Film
6. 13 Bom Di Jakarta

0 comments:

Post a Comment