Friday 5 January 2024

[Review] Night Swim: Tumbal Maut Yang Berasal Dari Kolam Renang



#Description:
Title: Night Swim (2023)
Casts: Wyatt Russell, Kerry Condon, Amelie Hoeferle, Gavin Warren, Elijah J. Roberts, Jodi Long, Eddie Martinez, Ellie Araiza, Nancy Lenehan
Director: Bryce McGuire
Studio: Universal Pictures, Blum House Productions, Atomic Monster


#Synopsis:
Ray Waller (Wyatt Russell) terpaksa harus meninggalkan profesinya sebagai pemain baseball handal setelah mengalami cedera berat. Ray bersama dengan sang istri, Eve Waller (Kerry Condon) dan kedua anaknya, Izzy (Amelie Hoeferle) dan Elliot (Gavin Warren) kemudian mencari rumah untuk mereka tempati secara permanen, karena selama ini mereka sering berpindah-pindah tempat mengikuti jadwal pertandingan Ray.


Setelah berkeliling, mereka menemukan sebuah rumah sewa yang cukup besar serta memiliki kolam renang di halaman rumahnya. Lokasinya pun tidak terlalu jauh dari rumah sakit dan sekolah sehingga memudahkan Izzy dan Elliot untuk bersekolah. Setelah melihat secara keseluruhan area rumah, mereka pun sepakat untuk menyewa dan menempati rumah tersebut. Eve berharap rumah ini menjadi rumah terakhir bagi keluarganya dan tak lagi berpindah-pindah.


Di minggu pertama, keluarga Ray disibukkan dengan beres-beres isi rumah. Tak lupa juga mereka menguras dan membersihkan kolam renang. Disaat Ray mengecek saluran pembuangan air kolam renang, ia terkena luka dan membuat air keruh muncul ke permukaan. Keesokan harinya, mereka memanggil teknisi khusus kolam renang untuk menyelesaikan permasalahan saluran. Setelah dicek, ternyata kolam renang tersebut memiliki sumber mata air tersendiri yang berasal dari air tanah di lingkungan rumah. Tak hanya itu saja, terkadang air yang mengisi kolam renang juga memiliki temperature hangat saat di malam hari. Setelah selesai diperbaiki, kolam renang pun diisi air dan bisa digunakan untuk berenang.




Ray, Eve, Izzy dan Elliot sangat senang berenang. Mereka selalu menghabiskan waktu bersama di kolam tersebut dengan bermain permainan lempar koin, lomba renang dan menahan nafas. Gara-gara rutin terapi air dengan cara berenang membuat kondisi fisik Ray perlahan mulai membaik. Hal tersebut membuat Ray senang karena cedera pada kakinya perlahan mulai sembuh.
Namun apa yang dirasakan oleh Ray tersebut berbanding terbalik dengan yang dirasakan oleh Eve, Izzy dan Elliot. Saat Eve sedang berenang menikmati kolam hangat di malam hari, ia tak sengaja melihat bayangan misterius mengamatinya dari pinggir kolam.


Hal serupa dirasakan oleh Izzy saat ia diam-diam berenang bersama dengan teman sekelasnya di malam hari. Izzy hampir saja ditarik oleh sosok misterius dari dasar kolam hingga nyaris tenggelam. Elliot pun mengalami hal yang tak kalah mengerikan. Ia hampir saja ditarik oleh sosok misterius yang menampakkan diri dari celah pembuangan air kolam renang. Ketakutan yang dialami oleh Eve, Izzy dan Elliot dibantah oleh Ray. Sang suami meyakinkan jika istri dan kedua anaknya itu hanya halusinasi semata. Apa yang sebenarnya terjadi di rumah dan kolam renang tersebut?


#Review:
Blum House Productions dan rumah produksi milik James Wan yaitu Atomic Monster resmi bergabung per Januari 2024. Film horror NIGHT SWIM (2024) menjadi film perdana dari kedua rumah produksi setelah resmi bergabung. Bagi penonton setia film-film Hollywood, rasa khawatir selalu menghantui setiap memasuki bulan Januari. Pasalnya, dalam 5-10 tahun terakhir, film horror yang tayang di bulan Januari selalu mengecewakan dan mendapat respon buruk dari para penonton. Apakah film NIGHT SWIM (2024) ini kembali mengulang kesalahan yang sama?


Film NIGHT SWIM (2024) merupakan adaptasi dari film pendek berjudul sama karya sutradara Bryce McGuire yang dirilis Oktober 2014 lalu. Untuk versi film layar lebar, Blum House Productions tetap menggandeng Bryce McGuire sebagai sutradara sekaligus penulis skenarionya. Untuk segi cerita, film NIGHT SWIM (2024) memiliki ide yang cukup promising karena menggunakan kolam renang sebagai wahana untuk menebar terror. Selain itu, jump scared sederhana tentang melihat sosok misterius ketika sedang berada di dalam air kemudian menghilang saat keatas dalam film ini semakin menarik perhatianku untuk ditonton. Namun ide dan jump scared yang potensial tersebut gagal diimbangi oleh alur cerita dan pendalaman karakter dari keluarga Ray Waller. Bryce McGuire terjebak pada formula klasik film-film horror tentang sebuah keluarga yang pindahan ke rumah baru dan diganggu oleh sosok misterius dari kolam renang. Terdapat sebuah plothole yang cukup menganggu bagiku saat rumah yang akan disewa oleh keluarga Ray Waller tersebut sudah belasan tahun kosong, padahal berada di lingkungan yang strategis, ramai dan banyak tetangga di samping rumah tersebut. Ibu-ibu sales marketing properti pun akhirnya buka suara tentang cerita kelam yang pernah terjadi di rumah tersebut menjelang babak akhir film. Saat karakter Eve Waller mencari tahu tentang asal-usul kolam renang dan mengetahui tentang sejarah di masa lalu, eksekusinya cukup promising dan potensial banget untuk dijadikan sebuah prekuel ataupun spin-off di masa depan.


Untuk jajaran pemain, penampilan Wyatt Russell sebagai Ray Waller seharusnya bisa lebih menonjol lagi, namun sayang karena development character di skenarionya tidak maksimal jadinya serba nanggung. Chemistry bersama anggota keluarganya pun seharusnya masih bisa lebih meyakinkan. Untungnya penampilan Kerry Condon dan pemeran kedua anaknya tidaklah buruk. Adegan-adegan di dalam air yang mereka semua lakukan sukses membuat penonton ikutan was-was sekaligus gregetan melihatnya.
Overall, film NIGHT SWIM (2024) tampil tidak terlalu mengecewakan seperti film-film horror Hollywood yang biasa dirilis di bulan Januari. Premis dan penggunaan kolam renang sebagai wahana terrornya tetap menarik perhatianku!


[7.5/10Bintang]

0 comments:

Post a Comment