Sunday 12 January 2020

[Review] Bombshell: Kisah Kasus Pelecehan Seksual Di Kantor Berita Fox News


#Description:
Title: Bombshell (2020)
Casts: Charlize Theron, Nicole Kidman, Margot Robbie, John Lithgow, Allison Janney, Malcolm McDowell, Kate Mckinnon, Connie Britton, Liv Hewson, Brigette Lundy-Paine, Rob Delaney, Mark Duplass, Stephen Root
Director: Jay Roach
Studio: Annapurna Pictures, Lionsgate


#Synopsis:
Presenter berita Megyn Kelly (Charlize Theron) tengah disibukkan dengan persiapan sebagai moderator debat calon presiden Amerika Serikat. Televisi tempatnya ia bekerja adalah di Fox News, kantor berita yang sangat terkenal mempunyai kedekatan dengan calon Presiden Donald Trump.


Meski Megyn bekerja disana, ia tetap membenci sosok Trump. Program acara yang dikomandoi Megyn selalu tampil blak-blakan menyudutkan Trump hingga menimbulkan konflik. Perseteruan yang mengundang banyak pembicaraan itu secara mengejutkan malah menaikkan rating Fox News. Melihat performa rating yang bagus membuat pimpinannya, Roger Ailes (John Lithgow) memerintahkan Megyn untuk terus membuat berita yang menyudutkan Donald Trump. Dilema pun datang menghampiri Megyn. Disatu sisi ia sangat bergantung pada pekerjaan ini, tapi di sisi lainnya ia mengalami banyak sekali terror personal dari para pendukung Donald Trump.



Sementara itu di program Fox News lain, sang mantan presenter di jam primetime Gretchen Carlson (Nicole Kidman), tengah mengalami penurunan karier saat dirinya mendapat program lain yang minim penonton dan rating rendah. Berbagai cara ia tempuh untuk menaikkan rating, tetapi tetap saja tidak ada perubahan yang drastis. Gretchen merupakan Miss America tahun 1989 yang semakin dikenal masyarakat Amerika Serikat lewat program Fox And Friends yang dimana dirinya selalu menjadi bahan lelucon seksis dan beauty standard oleh para penonton dan juga rekan dikantornya. Gara-gara pamornya terus menurun inilah, posisi dirinya akan digantikan oleh Kayla Pospisil (Margot Robbie), staff yang baru bergabung dengan Fox News.



Hal itu membuat Gretchen kecewa, karena dirinya dipecat oleh bosnya Ailes. Rasa sakit hati yang ia telah ia pendam lama membuat dirinya terpaksa harus membongkar rahasia yang dilakukan Roger kepadanya. Tuntutan Gretchen kepada Roger menjadi buah bibir dan namun tidak menggugah korban-korban Roger lain untuk berani bersuara. Sampai akhirnya Megyn Kelly mengungkap rahasia besar yang ia simpan selama ini.

#Review:
Skandal pelecehan seksual yang dialami para staff dan news anchor perempuan oleh sang bos di kantor berita Fox News 4-5 tahunan yang lalu ini sukses menggemparkan jagat industri televisi di Amerika Serikat. Lewat film Jay Roach yang berjudul BOMBSHELL (2019) ini penonton diajak untuk melihat borok-borok industri pertelevisian Amerika Serikat yang selalu menuntut para karyawannya untuk mempertaruhkan banyak hal dalam hidupnya demi tampil maksimal didepan layar kaca. Kisah nyata yang dialami oleh dua news anchor Fox News ini memang mengejutkan.


Skandal pelecehan seksual yang dilakukan Ailes muncul ke permukaan pada tahun 2016 ketika Gretchen Carlson mengajukan gugatan terhadap Roger Ailes. Gugatan tersebut memicu investigasi internal terhadap para perempuan yang bekerja kantor berita Fox News. Megyn Kelly yang saat itu sedang naik daun merupakan satu dari 26 perempuan yang bersaksi memberatkan Roger Ailes. Gugatan tersebut membuat bos dari Fox News itu terpaksa mengundurkan diri pada Juli 2016.



Menurutku BOMBSHELL (2019) ini menceritakan dengan baik pelecehan seksual yang terjadi dalam industri pertelevisian. Untuk mendapatkan mangsanya, sang predator seksual itu melancarkan aksinya dengan bujuk rayu naik jabatan hingga membawa soal loyalitas perusahaan. Jelas hal ini sangat tidak bermoral dan hanya untuk memenuhi hasrat seksual si pelaku saja.Plot yang disajikan bergerak cukup cepat. Dialog-dialog para karakternya pun cukup intense disepanjang film. Butuh lebih banyak fokus untuk menikmati film ini. 


Tak mudah memang bagi korban pelecehan seksual untuk bisa langsung buka suara atas apa yang ia alami. Mayoritas dari mereka hanya bisa memendam kejadian itu dan ujung-ujungnya menjadi trauma. Disaat ada korban yang akhirnya buka suara, satu persatu korban lainnya akhirnya muncul ke permukaan meskipun akan banyak tekanan dan bahaya yang mengintai.
Ensemble casts dalam film ini tampil prima dan memuaskan. Charlize Theron yang memerankan news anchor Megyn Kelly tampil bersinar disepanjang film. Performa Margot Robbie yang memerankan karakter fiktif dan juga Nicole Kidman pun tampil tak mengecewakan. Tata rias, busana dan rambut dari ketiganya luar biasa flawless. Theron tampil semakin cantik. Begitu juga dengan si Harley Quinn yang tak kalah cantik dengan pemain lainnya. Yang agak sedikit menganggu buatku adalah tata rias yang diberikan pada aktris Nicole Kidman, terasa sekali tidak natural.
Overall, film BOMBSHELL (2019) sukses menghadirkan kisah membongkar kasus pelecehan seksual yang intense dan memukau. Tak heran kemarin Theron dan Margot sukses masuk nominasi Golden Globes 2020!


[8.5/10Bintang]

0 comments:

Post a Comment