Friday 10 January 2020

[Review] Underwater: Terror Misterius Dari Dasar Palung Mariana


#Description:
Title: Underwater (2020)
Casts: Kristen Stewart, Vincent Cassel, TJ Miller, Jessica Henwick, John Gallagher Jr, Mamoudu Athie, Gunner Wright
Director: William Eubank
Studio: 20th Century Fox, TSG Entertainment


#Synopsis:
Enam orang yang terdiri dari para ilmuwan dan teknisi berpengalaman dari perusahaan penambangan laut Tian Industries yakni Captain (Vincent Cassel), Norah (Kristen Stewart), Emily (Jessica Henwick) beserta kedua anggota lainnya (John Gallagher Jr dan Mamoudu Athie) ditugaskan untuk terjun langsung ke stasiun penelitian penambangan laut di dasar laut Palung Mariana yang terkenal sebagai titik terdalam di planet bumi. Tian Industries berhasil membangun beberapa stasiun penambangan energi di Palung Mariana hingga menyentuh titik paling dasar yakni 11 kilometer dari daratan.



Suatu hari, stasiun tempat keenam peneliti itu tinggal mengalami guncangan sangat besar hingga menyebabkan kerusakan parah. Norah dan yang lainnya kemudian mencari cara untuk bisa menyelamatkan diri keluar dari stasiun. Dengan berbekal kemampuan teknisinya yang mumpuni, Norah lalu mengevakuasi seluruh team yang tersisa untuk pergi ke stasiun paling dasar, karena disana masih mempunyai kapsul evakuasi. Keenamnya kemudian terjun dan berjalan di dasar laut yang gelap dan penuh misteri.



Dalam perjalanan itu, Captain, Norah dan yang lainnya menganggap mereka tidak sendirian di dasar laut itu. Mereka juga semakin yakin bahwa guncangan besar yang menghancurkan stasiun penelitian itu bukan berasal dari gempa bumi, melainkan hadirnya sosok monster misterius yang "terbangun" oleh aktifitas penambangan energi yang dilakukan oleh perusahaan mereka.
Akankah para pekerja ini berhasil menyelamatkan diri dari titik paling dasar di planet bumi ini?


#Review:
Film bertema survival di tempat asing memang sangat sering diangkat oleh Hollywood ke layar lebar. Mengawali tahun 2020 ini, rumah produksi 20th Century Fox menghadirkan sebuah film thriller sci-fi terbaru berjudul UNDERWATER (2020). Premis dan plot film ini sebetulnya hampir menyerupai film-film sci-fi pada umumnya. Namun yang menjadikannya sedikit berbeda yakni latar tempat survival kali ini bukanlah luar angkasa atau planet, melainkan di dasar laut yang sama sekali belum terjamah oleh manusia. William Eubank yang sebelumnya pernah menggarap film thriller sci-fi THE SIGNAL (2015) mencoba menawarkan pengalaman menegangkan di dasar laut palung mariana yang terkenal sebagai tempat terdalam di planet bumi.


Konsep survival yang dihadirkan film UNDERWATER (2020) ini cenderung standar khas film-film sejenis. Penonton akan diajak untuk berkenalan dengan para karakter yang mempunyai keberagaman sifat seperti pemberani, penakut, rela berkorban, heroik dan penghibur. Plotnya juga cukup predictable dan tidak memberikan sesuatu yang mengejutkan. Untungnya penggunaan latar tempat yang berbeda kali ini tampil dimanfaatkan dengan sangat baik. Visual dasar lautan Palung Mariana digambarkan dengan sangat mencekam, gelap dan menegangkan. Dari menit film pertama dimulai, penonton sudah diberi sensasi thriller intense. Hal-hal make-sense pun cukup tersaji dengan baik sehingga tidak menimbulkan kesan berlebihan.


Penampilan Kristen Stewart yang berambut cepak menjadi karakter paling kuat disepanjang film. Sosok Norah tampil pemberani namun tetap naluri ketakutannya masih bisa terpancar dengan baik. Ensemble cast lainnya menurutku tampil tidak terlalu memukau dan cukup disayangkan kurang menandingi performa K-Stew disini.
Overall, film UNDERWATER (2020) memberikan pengalaman film survival cukup asyik dan menegangkan di dasar laut Palung Mariana meskipun kisah dan plot keseluruhannya biasa saja dan predictable.


[7.5/10Bintang]

0 comments:

Post a Comment