Sunday 26 January 2020

[Review] 1917: Kisah Dua Prajurit Inggris Dalam Menjalankan Misi Berbahaya


#Description:
Title: 1917 (2019)
Casts: George MacKay, Dean-Charles Chapman, Colin Firth, Benedict Bumberbatch, Daniel Mays, Richard Madden, Andrew Scott, Andy Apollo, Robert Masser
Director: Sam Mendes
Studio: DreamWorks Pictures, CBI Pictures

#Synopsis:
6 April 1917, dua prajurit Inggris yaitu Kopral Tom Blake (Dean-Charles Chapman) dan Kopral William Schofield (George MacKay) ditugaskan oleh atasannya yakni Jendral Erinmore (Colin Firth) pergi ke barisan terdepan pasukan Inggris yang sedang melawan Jerman pada Perang Dunia Pertama. 



Keduanya diberi amanat untuk menyampaikan pesan pada Kolonel Mackenzie (Benedict Cumberbatch) agar membatalkan misi penyerangan pada Jerman secepatnya sebelum berganti hari, karena Jerman sudah mengetahui rencana tersebut dan siap membantai 1600 prajurit Inggris dengan cara yang tak pernah mereka duga sebelumnya. Kopral Blake pun mau tak mau menjalankan tugas itu karena salah satu dari 1600 prajurit Inggris itu terdapat kakaknya, Letnan Joseph Blake (Richard Madden). Nyawa seribuan lebih prajurit tersebut hanya bergantung pada keberhasilan Kopral Blake dan Kopral William dalam menjalankan amanatnya.



Perjalanan pun dimulai. Keduanya melintasi berbagai macam rintangan di medan peperangan. Jebakan bom di ruangan bawah tanah, terror tembakan dari musuh dan serangan bom dari pesawat terbang siap mengintai mereka dan nyawa pun menjadi taruhannya. Berhasilkah Kolonel Blake dan William menyampaikan pesan dari Jendral Erinmore kepada Kolonel Mackenzie untuk membatalkan penyerangan sebelum fajar tiba?


#Review:
Ajang penghargaan Piala Oscar 2020 akan segera digelar pada awal Februari mendatang. Salah satu Film Hollywood yang paling banyak dijagokan ialah film perang terbaru karya sutradara Sam Mendes berjudul 1917 (2019). Yang menjadikan film ini sangat berbeda dengan film-film perang yang sudah diproduksi Hollywood ialah teknik long one-take shoot yang dipilih oleh Sam Mendes beserta tim penulis naskah, tim tata kamera, artistik dan juga sinematografi dalam menyajikan sebuah cerita. Tak tanggung-tanggung adegan one-take yang ditampilkan dalam film 1917 (2019) cukup banyak, sangat luar biasa dan menakjubkan. Pergerakan kameranya benar-benar lincah membawa penonton seakan berada disamping kedua prajurit dalam menjalankan misinya. Parit-parit kecil dan sempit yang merupakan akses lalu-lalang para prajurit menjadi spot terbaik dalam menghadirkan sensai menegangkan.




Untuk segi cerita pun, film 1917 (2019) sangat to-the point dan hanya menggunakan dua sudut pandang dalam penceritaannya. Keputusan ini menurutku benar-benar briliant, karena penonton bisa langsung merasakan dan terbawa suasana bersama dengan kedua prajurit ini. Suasana ketegangan pun semakin sempurna berkat iringan music scoring apik karya Thomas Newman. Sensasi menegangkan dan mengerikan benar-benar terjaga dengan baik dari awal hingga film usai.
Untuk jajaran pemain pun, aktor George MacKay dan Dean-Charles Chapman sangat sukses memerankan dua prajurit Inggris yang mengemban tugas berbahaya. Mereka mempertaruhkan nyawa demi keselamatan seribuan lebih prajurit Inggris. Highly recommended movie. Calon terkuat Best Picture Oscar 2020! Sedang tayang diseluruh bioskop CGV Cinemas, Cinepolis, Flix Cinema & Lotte Cinema seluruh Indonesia. Don't miss it!


[9.5/10Bintang]

0 comments:

Post a Comment