Thursday 31 December 2020

[Review] Soul: Mengeksplor Hidup Dan Mati Seorang Musisi Jazz

 



#Description:
Title: Soul (2020)
Casts: Jamie Foxx, Tina Fey, Graham Norton, Rachel House, Alice Braga, Richard Ayoade, Phylicia Rashad, Donnell Rawlings, Questlove, Angela Bassett, Cora Champommier, Margo Hall
Director: Pete Docter, Kemp Powers
Studio: Walt Disney Pictures, Pixar Animation Studios


#Synopsis:
Joe Gardner (Jamie Foxx) seorang guru musik pecinta Jazz mempunyai mimpi besar bisa pentas di panggung sambil membawakan musik Jazz kesukaannya. Namun dalam kehidupan sehari-harinya, impian besar itu terasa semakin jauh dari kenyataan. Status guru yang diemban Joe kini sudah menjadi guru tetap. Otomatis, ia akan sulit untuk meraih impiannya sebagai musisi Jazz.


Suatu hari, Joe mendapatkan sebuah panggilan dari kawan lamanya yang merupakan personel band yaitu Dez (Donnell Rawlings). Ia meminta Joe untuk bisa tampil mengiringi seorang musisi Jazz perempuan yakni Dorothea (Angela Bassett). Joe yang sudah lama bermimpi bisa pentas diatas panggung akhirnya menemukan harapan. Tawaran tersebut langsung ia ambil dan bergegas pulang ke rumah untuk mempersiapkan penampilan maksimalnya. Sebelum tampil diatas pentas, Dorothea dan kawan-kawan mengadakan sesi latihan sekaligus ingin melihat kemampuan Joe dalam memainkan musik Jazz dengan piano. Dengan penuh rasa percaya diri dan ambisi yang besar, ia mengeluarkan segenap skill bermain musik Jazz nya didepan Dez dan Dorothea. 



Joe kemudian diterima dan bisa ikut tampil pada pentas musik Jazz mengiringi Dorothea. Impian Joe akhirnya terwujud. Tapi, saat dalam perjalanan pulang, Joe mengalami kecelekaan jatuh ke lubang drainase. Hal itu membuat dirinya koma dan segera dilarikan ke rumah sakit. Jiwa / Roh yang ada di dalam diri Joe kini berada disebuah jembatan yang menandakan bahwa ia seharusnya tewas setelah kecelakaan tersebut. Joe sangat tidak menerima jika dirinya mati begitu saja terlebih lagi ia harus meninggal sesaat sebelum impiannya terwujud.




Roh Joe kemudian berusaha kabur dari jembatan akhirat tersebut dan terdampar disebuah tempat bernama The Great Before. Disana merupakan tempat dimana roh dan jiwa-jiwa baru dari manusia saat mendapatkan sifat, karakteristik, kepribadian serta minat bakat sebelum dilahirkan ke muka bumi. Di tempat ini, Roh Joe bertemu dengan jiwa bernama 22 (Tina Fey) yang terkenal sudah ribuan kali belum bisa menemukan sifat, karakteristik dan sangat tidak ingin untuk terlahir sebagai manusia. Roh Joe yang dipasangkan dengan 22 harus berusaha melatih 22 untuk mencari minat hidupnya agar Roh Joe bisa terlahir kembali ke dunia sebelum akhirnya benar-benar meninggal.


#Review:
Kolaborasi Disney•Pixar memang selalu menghadirkan film-film animasi yang powerful dan mengesankan. Yang terbaru adalah SOUL (2020), sebuah film animasi dari kreator film INSIDE OUT (2015) yakni Pete Docter.


Lewat film ini, Docter dan Kemp Powers menyajikan kisah tentang mempertanyakan eksistensi dan makna hidup seorang pria paruh baya afro-american bernama Joe Gardner. Tema yang cukup berat untuk sebuah film animasi yang ditujukan untuk anak-anak. Namun tenaang, ditangan Docter dan Powers, kisah hidup dan mati Joe Gardner ini disajikan dengan narasi yang ceria, penuh lantunan musik Jazz dan tetap memberikan makna yang sangat mendalam pada penonton. Banyak adegan disaat Joe dan 22 yang bisa bahan renungan bagi kita semua tentang makna hidup dan juga impian. Salah satu moment paling memorable bagiku adalah saat mereka switch-body. 22 yang awalnya sangat skeptis apabila hidup di dunia, ternyata bisa mengubah sikap dari Joe menjadi jauh disukai dan bermanfaat oleh orang-orang disekitarnya. Film ini juga mempunyai moral value tentang soal mengejar impian yang terlalu berambisi ternyata menyebabkan tidak menikmati perjalanan hidup dan bersyukur dengan apa yang telah diraih.
Untuk segi visual, Disney•Pixar seperti biasanya selalu memberikan masterpiecenya. Penggambaran alam akhirat, jembatan sirathal mustaqim hingga alam roh sebelum manusia dilahirkan begitu indah dan penuh keceriaan. Setiap detail dan printilan kecil setting tempat dalam film SOUL (2020) ini begitu menarik perhatian. Iringan musik Jazz yang menjadi scoring musik film ini juga terasa sangat pas dan apik disetiap adegan demi adegan.
Overall, SOUL (2020) is the best animated movie of the year so far! Happy new year!

[9/10Bintang]

0 comments:

Post a Comment