Tuesday 1 January 2019

[Review] Asal Kau Bahagia: Aliando Is Back!



#Description:
Title: Asal Kau Bahagia (2018)
Casts: Aliando Syarief, Aurora Ribero, Dewa Dayana, Teuku Rassya, Surya Saputra, Vonny Cornelia, Meisya Siregar, Hans De Krakker
Director: Rako Prijanto
Studio: Falcon Pictures

#Synopsis:
Jalinan asmara Aliando (Aliando Syarief) dan Aurora (Aurora Ribero) makin lama semakin lengket dan harmonis. Hubungan Ali dan Aurora kini sudah menginjak dua tahun. Keduanya sering menghabiskan waktu bersama. Mereka berdua juga sering pergi jalan-jalan, pergi ke pantai dan mengabadikan moment kebersamaan mereka lewat video serta photo.
Suatu malam, Ali dan Aurora berencana untuk dinner bersama disebuah cafe. Tapi, Ali datang terlambat. Aurora yang sudah tiba duluan dibuat cemas sekaligus bete lantaran Ali datang terlambat. Namun naas, dalam perjalanan menuju cafe, Ali mengalami kecelakaan. Mobilnya ditabrak hingga menyebabkan Ali mengalami luka parah dan koma. Selama koma dan dirawat di rumah sakit, arwah Ali keluar dari raganya yang terbaring tak berdaya. Melihat dirinya sendiri sedang koma, membuat Ali kaget. Ali sedang mengalami Out Body Experience. Ali merasa sangat bersalah karena tak bisa menemui Aurora tepat waktu pada saat dinner itu. Ali kebingungan ingin mengungkapkan permintaan maafnya pada Aurora karena kondisi dirinya saat ini sedang berwujud arwah sehingga tidak bisa berkomunikasi secara langsung.
Namun untungnya sahabat Ali yaitu Dewa (Dewa Dayana) bisa melihat wujud temannya itu dalam bentuk arwah. Dewa yang awalnya ketakutan melihat sosok Ali keluar dari raganya perlahan mulai bisa beradaptasi dengan Ali. Dengan bantuan Dewa, Ali kemudian mencoba mengutarakan apa yang ia rasakan soal Aurora. Ali memohon pada Dewa untuk memberitahukan soal perasaan Ali pada Aurora sebelum semuanya terlambat. Ali pun mencoba mencari tahu sendiri perasaan Aurora selama ia ditinggal koma. Ia mengikuti kemanapun Aurora pergi dan juga datang ke kamar Aurora untuk membaca buku hariannya. Karena Ali tahu pacarnya itu sering mencurahkan isi hatinya pada buku harian.
Perlahan tapi pasti, Ali mulai menemukan fakta yang cukup mengecewakan perasaannya. Ternyata diam-diam Aurora tengah dekat dengan pria lain. Pria tersebut adalah Rassya (Teuku Rassya). Bahkan selama dirinya koma, intens pertemuan Aurora dan Rassya semakin intense. Aurora pun sempat berfikir untuk mengakhiri hubungannya dengan Ali, dan meresmikan hubungannya dengan Rassya, namun karena kondisi Ali tengah koma, Aurora menjadi merasa semakin bersalah karena gara-gara dia, Ali mengalami kecelakaan dan koma. Mendapat kenyataan pahit apa yang telah dilakukan oleh Aurora membuat kondisi Ali semakin melemah. 
Akankah Ali dan Aurora kembali bersatu?

#Review:
Hits single Armada berjudul Asalkan Kau Bahagia memang sukses menjadi salah satu lagu yang paling banyak dibicarakan pada dua tahun terakhir ini. Lagu ini pun sukses menjadi viral dan meraih ratusan juta viewers di YouTube.
Melihat kesuksesan lagu tersebut, pada tahun 2017 lalu Falcon Pictures menggandeng Hanung Bramantyo serta Dapur Films untuk menggarap film adaptasi lagu ini. Gosip yang beredar pun salah satu pemain yang akan membintanginya adalah soloist wanita dangdut yang tengah populer yakni Via Vallen. Namun hingga tahun 2017 akhir, kabar ini pun lenyap dan menghilang. Rupanya rencana adaptasi lagu Armada yang awalnya akan dibuat Hanung Bramantyo ini batal. Falcon Pictures kemudian menggandeng Rako Prijanto yang sebelumnya sukses lewat TEMAN TAPI MENIKAH (2018) untuk melanjutkan project ini.
Dan film ASAL KAU BAHAGIA (2018) ini tayang di bioskop Indonesia mulai 28 Desember 2018 dan menjadikan Film Indonesia penutup di tahun ini. Falcon Pictures secara menggemparkan mengadakan Gala Premiere perdana film ini disebuah kapal cruise mewah dengan perjalanan berlayar di Singapura beberapa waktu yang lalu. Tak tanggung-tanggung banyak selebriti, para influencer dan media-media diajak untuk memeriahkan Gala Premiere di kapal cruise mewah itu.
Untuk segi cerita, film ASAL KAU BAHAGIA (2018) ini sekilas menyerupai film LOVE IS CINTA (2007) yang dibintangi Acha Septriasa, Irwansyah dan Raffi Ahmad serta film Hollywood IF I STAY (2012) yang dibintangi Chloe Garetz Moretz. Ide "out of body experience" ini sebetulnya cukup menarik karena bernuansa drama fantasi yang jarang diangkat oleh para sineas film Indonesia. Tapi menurutku film ini cukup banyak plothole yang ditebar disepanjang film. Contohnya diceritakan Ali dan Aurora ini anak gaul dan banyak teman, tapi disepanjang film tidak ada satupun Ali dan Aurora inframe interaksi dengan banyak teman. Masih mending Ali mempunyai interaksi asyik dengan sahabatnya Dewa, karakter Aurora ini sama sekali tidak ada interaksi dengan teman-temannya. Dan masih banyak hal-hal ganjil lainnya tersebar disepanjang film. Giliran inframe dengan Ali, kedua orangtua hingga Dewa, aku tidak bisa menikmati akting dari Aurora Ribero. Chemistry antara Ali dan Aurora juga terlihat kurang meyakinkan menurutku. Aku justru sangat enjoy dan menikmati bromance kocak antara Ali dan Dewa. Keduanya mampu menampilkan chemistry persahabatan yang asik dengan dialog yang related dengan usia mereka. Sosok Rassya terasa tidak dibuat kuat karakternya. Performa penyelamat film ini menurutku dimiliki oleh Aliando Syarief yang terasa mulai mengalami peningkatan serta Surya Saputra dan juga Vonny Cornelia.
Jika film ini tidak di tata artistik dan sinematografi dengan baik dan ala kadarnya mungkin secara keseluruhan akan berakhir seperti FTV drama remaja yang sering wara-wiri di televisi. Musik soundtrack yang mengiri film ini pun serasa hanya "mencomot" lagu-lagu yang sudah dirilis dan dipilih menjadi latar backsound adegan yang sesuai. Penyanyi Wizzy spesialis original soundtrack film-film produksi Falcon Pictures juga kali ini menyumbangkan meng-cover lagu Asal Kau Bahagia versi mellow dengan alunan musik yang dramatis.


[6/10Bintang]

0 comments:

Post a Comment