Tuesday 25 June 2019

[Review] Annabelle Comes Home: Terror Boneka Annabelle Terus Berlanjut


#Description:
Title: Annabelle: Comes Home (2019)
Casts: Vera Farmiga, Patrick Wilson, Mckenna Grace, Madison Iseman, Katie Sarifie, Michael Cimino, Samara Lee, Steve Coulter, Alexander Ward, Gary-7, Luca Luhan
Director: Gary Dauberman
Studio: New Line Cinema, RatPac Dune Entertainment, Atomic Monster, Warner Bros Pictures

#Synopsis:
Usai mendapatkan boneka Annabelle yang mengganggu sekelompok remaja disebuah apartment, Ed (Patrick Wilson) dan Lorraine Warren (Vera Farmiga) memutuskan untuk mengamankan dan membawanya ke ruangan bawah tanah mereka agar aman dan tidak mengganggu orang lagi. Lorraine bisa merasakan kekuatan gaib dalam boneka Annabelle tersebut sangat besar hingga mampu membangkitkan roh-roh jahat yang ada disekelilingnya. Ed dan Lorraine bahkan mengunci boneka Annabelle itu didalam sebuah lemari kaca yang sudah diberi doa-doa.


Setahun berlalu, pasangan suami istri ini semakin dikenal dengan profesinya sebagai Cenayang bahkan pahlawan karena selalu berhasil menolong orang-orang yang mengalami gangguan gaib. Namun tak sedikit juga yang menganggap bahwa Ed dan Lorraine ini penipu dengan berdalih sebagai pasangan paranormal. Hal ini membuat anaknya, Judy Warren (Mckenna Grace) selalu diajauhi oleh teman-teman disekolahnya karena Judy dianggap sebagai orang yang aneh seperti kedua orangtuanya. 


Suatu hari, Ed dan Lorraine mendapat panggilan tugas ke luar kota, Terpaksa Judy mereka tinggalkan dirumah dan menyewa jasa pengasuh untuk menemani Judy selama mereka pergi ke luar kota. Pengasuh itu adalah Mary Ellen (Madison Iseman), seorang gadis remaja yang sedang duduk di bangku kuliah. Mereka mempercayai Mary Ellen untuk menemani dan mengurus Judy. Kabar Mary Ellen akan tinggal sementara di rumah Ed dan Lorraine Warren terdengar oleh temannya yaitu Daniella (Katie Sarifie). Ia sangat penasaran ingin masuk ke rumah keluarga Cenayang itu dan ingin melihat-melihat ruang bawah tanah mereka.


Daniella lalu datang kerumah Judy dan Mary Ellen dengan alasan ingin bermain dan meramaikan rumah. Daniella berjanji pada Mary Ellen ia tidak akan melakukan hal-hal aneh selama berada disana. Namun Daniella malah iseng, disaat Judy dan Mary Ellen lengah, ia perlahan masuk ke ruang bawah tanah dengan mencuri kuncinya dari ruang kerja Ed Warren. Selama berada didalam ruangan bawah tanah itu, Daniella sangat penasaran apakah roh gaib disana itu nyata atau tidak. Ia lalu melakukan pemanggilan roh ayahnya untuk berkomunikasi namun hasilnya nihil. Karena masih penasaran, setiap sudut dan benda yang ada didepannya selalu ia sentuh, termasuk boneka Annabelle. Daniella sangat berani membuka lemari kacanya.


Usai kejadian itu, Daniella mengalami hal-hal gaib. Satu persatu benda yang ada disekitarnya bergerak dan membuat alarm dirumah itu aktif. Daniella yang panik lalu bergegas keluar dari ruang bawah tanah sebelum ketahuan oleh Judy dan Mary Ellen. Waktu yang terus berputar, perlahan tapi pasti mereka bertiga mulai merasakan ada yang tak beres dirumah. Sosok-sosok gaib mengganggu Daniella, Judy dan Mary Ellen. Setan-setan seperti Ferryman, The Wedding Dress, Hell's Dog, Samurai Soldier & Demon bertanduk mengincar jiwa dari ketiga perempuan ini. Karena terancam dalam bahaya, Judy berusaha sekuat tenaga menggunakan kekuatan indera keenamnya untuk melawan mereka karena dirinya mempunyai kelebihan seperti ibunya.
Mampukah Judy, Mary Ellen dan Daniella menghentikan setan-setan yang mengincar jiwa mereka?

#Review:
Conjuring Cinematic Universe nampaknya semakin dibuat luas dan besar. Dimulai pada tahun 2013 lalu total sudah ada tujuh film (jika film WEEPING WOMAN dimasukkan) yang sudah dirilis. Tiga judul diantaranya adalah film yang berkisahkan tentang boneka iconic Annabelle. Jilid pertamanya saat itu menuai kritikan karena filmnya cukup mengecewakan. Beruntung disaat jilid keduanya dirilis yang berjudul ANNABELLE: CREATION (2017) arahan David F. Sanberg ini melakukan perbaikan disegala aspek dan berhasil menuai respon positif dari para pecinta film. Dua tahun kemudian, jilid ketiga film ANNABELLE ini kembali hadir memeriahkan bioskop dengan mempunyai subjudul ANNABELLE: COMES HOME (2019).


Untuk segi cerita, film ketiganya ini masih mempunyai benang merah dengan dua film sebelumnya. Timeline yang dipakai pun masih connected dengan salah satu scene di film THE CONJURING. Kali ini terror Annabelle menghantui anak dari Ed dan Lorraine Warren yaitu Judy Warren gara-gara teman pengasuhnya ISENG. Sebuah ide yang cukup konyol menurutku. Padahal lima film di Conjuring Cinematic Universe selalu mempunyai sebab dan akibat yang oke. Keisengan karakter Daniella yang diperankan aktris sekilas mirip Kimberly Ryder ini benar-benar so' pemberani banget. Penambahan subplot soal dirinya yang ingin berkomunikasi dengan ayahnya tapi dilakukan di gudang setan milik The Warrens adalah suatu ide yang sangat gila.


Terror yang diberikan ANNABELLE: COMES HOME (2019) juga hanya berisikan jumpscared dan penggunaan musik menggelegar saja. Bahkan aku ngerasa di 60 menit awal, film ini cukup membosankan karena pengulangan jumpscared gagal yang dilakukan secara terus menerus. Parade setan yang mengganggu Judy, Mary Ellen dan Daniella juga menurutku terlalu banyak sehingga setan-setan ini tidak mempunyai background yang kuat untuk menjadi terror bagi mereka bertiga. It's okay mungkin kedepannya setan-setan ini akan mempunyai film stand-alone kedepannya di Conjuring Cinematic Universe, tapi sayang sih, Ferryman, The Wedding Dress, Hells Dog & The Devil Horns menurutku sama sekali tidak memorable. Yang cukup membuatku kesal berikutnya adalah duo Cenayang Ed dan Lorraine Warren kali ini hanya dibuat sebagai cameo saja. Disaat Judy diserang setan-setan dirumahnya, kedua orangtuanya sama sekali tidak merasakannya. Padahal sudah jelas di salah satu film THE CONJURING (2013) Lorraine langsung bergegas pulang disaat dirinya mendapat firasat anaknya diganggu oleh Valak.



Terlepas dari segala kekurangannya, film ANNABELLE: COMES HOME (2019) ini mempunyai babak akhir yang cukup asyik. Terlebih disaat terror para setan menyerang ketiga perempuan cantik ini. Penampilan dan look Mckenna Grace, Iseman dan Sarifie cukup cute. Ditambah dengan love interest tampan dari karakter Mary Ellen yakni Bob-A-Balls yang diperankan Michael Cimino cukup efektif menjadi pencair suasana. Tata artistik dan setting lokasinya pun cukup berhasil membangun atmosfer seram terutama disaat kabut mulai muncul. Suasana rumah The Warrens kerasa banget horrornya.
Overall, it's enough for Annabelle. We want Ed and Lorraine Warrens back to the action!


[7/10Bintang]

0 comments:

Post a Comment