Friday 28 June 2019

[Review] Koki-Koki Cilik 2: Serunya Cooking Camp Berbisnis Foodtruck


#Description:
Title: Koki-Koki Cilik 2 (2019)
Casts: Muhammad Adhiyat, Farraz Fatik, Alifa Lubis, Claire Cutie, Ali Fikri, Marcello, Romaria Simbolon, Ringgo Agus Rahman, Kimberly Ryder, Christian Sugiono, Yayu Unru
Director: Viva Westi
Studio: MNC Pictures

#Synopsis:
Dua tahun berlalu usai kemenangan Bima (Farraz Fatik) di Cooking Camp, para peserta musim itu berencana untuk berkumpul dan reuni di Cooking Camp. Bima, Melly (Alifa Lubis), Niki (Claire Cutie), Alva (Ali Fikri), Kevin (Marcello) dan Key (Romaria Simbolon) dibuat kaget dan sedih saat tiba di Cooking Camp yang kondisinya terbengkalai dan sudah tidak beroperasi lagi. Mereka juga semakin terkejut saat bertemu lagi dengan Chef Grant (Ringgo Agus Rahman) yang menjadi pengangguran dan pemalas sejak Cooking Camp ia tutup operasi. Chef Grant lebih memilih menutup Cooking Camp karena sejak kepergian Pak Malik (Adi Kurdi) eksistensinya semakin menurun. Ditambah lagi dengan adanya ulasan buruk seputar Cooking Camp oleh seorang Celebrity Chef ternama yaitu Chef Evan (Christian Sugiono).


Melihat terpuruknya kondisi Chef Grant membuat Bima dan kawan-kawan berinisiatif untuk berencana membuka kembali Cooking Camp dengan bermodalkan bisnis foodtruck yang menyediakan makanan dan cemilan ringan untuk anak-anak. Chef Grant yang awalnya pesimis berubah menjadi bersemangat karena dorongan motivasi para muridnya itu. Disaat yang bersamaan pula Cooking Camp kedatangan Adit (Muhammad Adhiyat) bersama tantenya Adel (Kimberly Ryder) untuk mendaftarkan diri sebagai murid Cooking Camp untuk mengisi libur sekolahnya Adit.
Mendengar Chef Grant dan para alumni Cooking Camp akan berbisnis foodtruck disambut baik oleh Adel. Ia bahkan bersedia menjadi supir demi mengembalikan keceriaan keponakannya usai ditinggal pergi untuk selama-lamanya oleh ibunya.



Adit yang awalnya pendiam dan tidak mau berinteraksi dengan para anak-anak lainnya perlahan mulai menemukan kebahagiaannya selama berada di Cooking Camp. Passion memasak dalam dirinya yang selama ini ia sembunyikan dari ayahnya yaitu Chef Evan bisa tersalurkan dengan baik. Tante Adel sangat senang akhirnya Adit bisa kembali tersenyum bahagia. Karena semenjak kematian ibunya, ia sangat dilarang untuk memasak oleh ayahnya.


Bisnis foodtruck Cooking Camp perlahan mulai mengalami masalah. Mereka harus berhadapan dengan petugas satpol PP karena foodtruck mereka berjualan di area terlarang untuk berjualan. Mereka juga harus mendapatkan review mengecewakan dari seorang selebgram cilik yaitu Sashi (Sanndrina Michelle Snornicki) karena tidak puas dengan makanan yang dibeli dari foodtruck Cooking Camp. Namun untungnya foodtruck Cooking Camp ini tak sepenuhnya jelek. Cemilan andalan buatan Adit yaitu Sandwich, selalu menjadi primadona para pembeli, hingga akhirnya kabar soal Cooking Camp yang kembali beroperasi dan berbisnis foodtruck ketahuan oleh Chef Evan.
Akankah Adit bisa meluluhkan hati sang ayah agar tetap mengizinkan dirinya untuk tetap memasak?


#Review:
Kesuksesan film KOKI-KOKI CILIK (2018) yang menuai respon positif dari para kritikus, pecinta film Indonesia dan para anak-anak tak membuat MNC Pictures tinggal diam untuk melanjutkan kisah dari kompetisi Cooking Camp. Kali ini jilid keduanya bukan lagi dipegang oleh Ifa Isfansyah. Kursi sutradara kini dipegang oleh Viva Westi yang sebelumnya duduk di bangku penulisan skenario.


Untuk segi cerita, film KOKI-KOKI CILIK 2 (2019) ini mengambil cerita yang tidak menggunakan konsep kompetisi seperti jilid pertamanya. Main plotnya pun berbelok yang semula berpusat pada karakter Bima, berubah dan beralih ke karakter Adit yang diperankan Muhammad Adhiyat. Ide dan konsep seputar bisnis foodtruck serta penggunaan manfaat sosial media dibahas cukup asyik dalam film ini. Kita bisa melihat para keseruan para bocah yang berjualan makanan serta cemilan buatan mereka sendiri dengan tingkah polahnya yang lucu. Twist soal hubungan ayah-anak antara Adit dan Chef Evan juga menjadi kejutan dalam keseluruhan cerita. Tak cuma itu saja, film ini pun memberikan flashback moment saat Chef Evan masih anak-anak yang ternyata salah satu murid angkatan pertama Cooking Camp bersama dengan Chef Grant. Berkat memasak itu juga Chef Evan menemukan cinta sejatinya yaitu istrinya yang kini sudah pergi meninggalkannya untuk selama-lamanya. Yang sedikit too much menurutku mungkin alasan Chef Evan yang melarang anaknya untuk memasak itu terlalu mengada-ngada dan malah membuat Adit drop, padahal jika melihat masa anak-anak Chef Evan dan istrinya, mereka sama-sama mencintai aktivitas memasak tapi mengapa saat anaknya juga mempunyai passion sama dengan orangtuanya eh malah dilarang. Bahkan ditantang dan diancam jika kalah, Adit dilarang memasak untuk selama-lamanya. It's so weird for me.


Ensemble casts KOKI-KOKI CILIK 2 (2019) masih berhasil memberikan keceriaan dan energi positif untuk para penonton. Alifa Lubis yang memerankan Melly kali ini digunakan sebagai senjata utama film untuk mengocok perut penonton. Hampir setiap kemunculan karakter Melly selalu berhasil memecah tawa penonton. Akting lebaynya begitu natural dan cocok banget dah. Muhammad Adhiyat yang kali ini menjadi pemeran utama terlihat cukup trying too hard untuk menjadi sosok anak yang pendiam padahal disaat ia bahagia justru jauh lebih oke dan lucu. Untungnya disaat ia meluapkan amarah pada Sashi, Adhiyat membuktikan bahwa ia bisa dalam beradu peran yang bertolak belakang dengan aslinya. Chemistry bareng Christian Sugiono untungnya cukup kuat dan membuat terharu terutama disaat ending film. Ringgo Agus Rahman tampil tak terlalu istimewa. Kimberly Ryder terlihat makin matang dan meningkat dalam kualitas aktingnya, jiwa keibuannya begitu terpancar disaat bersama dengan anak-anak Cooking Camp.


Untuk segi visual, film ini tidak secantik jilid pertamanya, tapi hal itu tak membuat film KOKI-KOKI CILIK 2 (2019) kehilangan cantiknya tangkapan gambar cemilan dan makanan foodtruck yang cukup menggugah selera. Original Soundtrack yang dinyanyikan Romaria Simbolon dan juga para casts lainnya sangat berhasil membangun mood bahagia ketika menontonnya. Overall, film KOKI-KOKI CILIK 2 (2019) masih seru untuk diikuti khususnya penampilan Melly yang semakin menggila.


[7/10Bintang]

0 comments:

Post a Comment