Friday 28 June 2019

[Review] Sabyan Menjemput Mimpi: Melihat Perjalanan Karier Grup Sabyan Gambus


Description:
Title: Sabyan Menjemput Mimpi (2019)
Casts: Nissa Sabyan, Anis Sabyan, Ayus Sabyan, Kamal Sabyan, Tebe Sabyan, Owan Sabyan, Dicky Chandra, Cici Tegal, Aquino Umar, Shandy William, Shenina Cinnamon, Meni Agus Nori, Fuad Idris, Ade Firman Hakim
Director: Alim Ishaq
Studio: Millenia Pictures, Falcon Pictures

Synopsis:
Film dibuka dengan para personel grup Sabyan Gambus yang tengah berkumpul disaat kini mereka menuai kesuksesan luar biasa sebagai grup musik. Mereka lalu bernostalgia Nissa (Nissa Sabyan) adalah seorang siswi SMK teknik mesin yang mempunyai pekerjaan sampingan sebagai penyanyi grup Gambus di acara-acara pernikahan bersama dengan Anis (Anis Sabyan), Kamal (Kamal Sabyan), Tebe (Tebe Sabyan) dan Owan (Owan Sabyan). Grup Gambus ini selalu marathon dari satu acara nikahan ke acara nikahan lainnya. Bahkan grup Gambus ini terkadang suka mendapatkan event manggung serba dadakan.


Melihat anaknya yang sibuk dengan sekolah, latihan musik dan jadwal manggung di acara nikahan hingga larut malam membuat kedua orangtua Nissa (Dicky Chandra & Cici Tegal) khawatir pada Nissa. Mereka takut prestasi disekolahnya menurun gara-gara Nissa kurang waktu untuk beristirahat. Namun Nissa selalu meyakinkan bahwa dirinya baik-baik saja.



Karies grup Gambus ini perlahan semakin dikenal luas gara-gara seorang pengguna youtube bernama Ndut Kece (Meni Agus Nori) mengupload video performance grup Sabyan Gambus di channelnya. Tawaran manggung semakin deras mengalir ke grup musik ini.. Fans-fans dari Sabyan Gambus juga semakin bertambah. Nissa yang semakin sibuk manggung membuat hubungannya dengan dua sahabatnya disekolah yaitu Dimas (Shandy William) dan Lala (Shenina Cinnamon) semakin berantakan. Mereka yang terlibat cinta segitiga dilanda rasa gengsi untuk mengutarakan perasaan. Nissa yang tidak peka akan rasa cinta dari Dimas sementara itu Lala ternyata memendam rasa cinta pada Dimas namun tak pernah diungkapkan karena demi menjaga persahabatan mereka semua.


Review:
Siapa yang tak kenal dengan grup musik Sabyan Gambus. Semua orang aku yakin pasti kenal karena lagu-lagu islami mereka selalu diputar dimanapun. Kesuksesan dan hype grup musik ini kemudian menginspirasi Millenia Pictures dan Falcon Pictures untuk mengangkatnya ke layar lebar dengan fokus flashback perjalanan karier grup musik ini.
Menurutku film SABYAN MENJEMPUT MIMPI (2019) ini tak seutuhnya seperti film, karena diselingi narasi para Sabyan yang berinteraksi dengan penonton disaat kisah flashbacknya diputar disepanjang film. Hal ini membuatku cukup terganggu karena para personel ini masih sangat kaku dan interaksi yang mereka lakukan kerasa banget tidak natural.


Untungnya disaat filmnya dimunculkan, rasa kecewa itu cukup terobati. Surprisingly Nissa Sabyan ternyata cukup menghibur juga. Akting menjadi dirinya sendiri ini sangat related dengan kebanyakan remaja SMA saat ini. Tektokan chemistry dengan keluarganya juga asyik banget. Dicky Chandra dan Cici Tegal yang emang dasarnya komedian, setiap gerak geriknya selalu memancing tawa bahkan disaat moment sedih pun mereka sempat-sempatnya menyelipkan kelucuan.


Moment cinta segitiga antara Nissa, Dimas dan Lala harusnya bisa dieksplor lebih mendalam karena berpotensi menjadi baper tapi sang sutradara hanya menempatkannya sebagai pemanis belaka. Alhasil kisah mereka jadi nanggung dan berakhir begitu saja. Film ini menurutku akan sangat cocok sebagai fanservice fans Sabyan Gambus, karena beberapa hits lagu-lagu Sabyan Gambus dinyanyikan full disepanjang film.. Tak cuma itu saja, subplot Ndut Kece sang fans fanatik yang selalu hadir dimanapun Sabyan Gambus manggung bakal related dengan fans-fans berat Sabyan Gambus diluaran sana.


Overall, film SABYAN MENJEMPUT MIMPI (2019) ini tampil tidak terlalu mengecewakan. Moment komedi keluarga Sabyan asyik banget ditambah lagu-lagu hits Sabyan Gambus yang diputar full cukup berhasil membangun suasana haru biru di dalam bioskop.


[7/10Bintang]

0 comments:

Post a Comment