Saturday 14 December 2019

[Review] Jumanji The Next Level: Permainan Petualangan Jumanji Berlanjut!


#Description:
Title: Jumanji: The Next Level (2019)
Casts: Dwayne Johnson, Karen Gillan, Kevin Hart, Jack Black, Awkwafina, Nick Jonas, Danny Devito, Danny Glover, Alex Wolff, Morgan Turner, Madison Iseman, Ser'Darius Blain, Colin Hanks
Director: Jake Kasdan
Studio: Sony Pictures


#Synopsis:
Dua tahun berlalu, kini persahabatan antara Spencer (Alex Wolff), Bethany (Madison Iseman), Martha (Morgan Turner) dan Fridge (Ser'Darius Blain) semakin dekat. Mereka terus berkomunikasi satu sama lain lewat grup chat. Namun belakangan ini Spencer semakin sibuk semenjak berkuliah di New York. Intens komunikasi Spencer dengan pacarnya yaitu Martha pun semakin berkurang. Hal tersebut berlaku juga kepada Bethany dan Fridge yang merasakan hal serupa.



Menjelang libur natal, Ibu dari Spencer mengajak untuk pulang kampung sekaligus menjenguk sang kakek, Eddie (Danny Devito). Kepulangan Spencer langsung disambut bahagia oleh Martha, Bethany dan juga Fridge. Saat tiba di rumah sang kakek, Spencer dan ibunya bertemu dengan teman lama sang kakek yaitu Milo (Danny Glover) yang tengah menjenguk juga.
Ternyata Spencer diam-diam mengambil kembali game console Jumanji yang dulu telah dihancurkan oleh mereka saat masih bersekolah. Spencer merakit dan memperbaiki Jumanji agar ia bisa masuk kembali ke dunia permainan Jumanji untuk menyelesaikan sebuah misi rahasia. Aksi Spencer itu langsung ketahuan oleh Fridge, Martha dan Bethany. Mereka terpaksa kembali ke dunia permainan Jumanji untuk membantu dan menyelamatkan Spencer disana.



Ketika berada disana, ternyata mereka tidak bisa memilih avatar seperti pertama kali mereka memasuki Jumanji. Dan yang mengejutkan, kakek dari Spencer dan temannya, Milo ikut masuk ke dunia permainan Jumanji. Martha masih mendapatkan avatar Ruby Roundhouse (Karen Gillan), Kakek Danny kali ini mendapatkan avatar Smolder Bravestone (Dwayne Johnson), Fridge mendapatkan avatar Sheldon Oberon (Jack Black) dan Milo mendapatkan avatar Franklin Finbar (Kevin Hart). Sementara itu, Bethany tidak berhasil masuk ke dunia permainan Jumanji. Bethany bergegas pergi menemui Alex (Colin Hanks), pemain senior Jumanji yang sempat mereka tolong ketika berada di dalam permainan itu.



Setibanya di dunia Jumanji, Martha, Fridge, Kakek Eddie dan Milo lalu berpetualang mencari jejak Spencer. Mereka melewati banyak sekali rintangan mulai dari kejaran ratusan ayam kalkun raksasa di gurun pasir, dikejar serbuan monyet hingga harus masuk berhasil masuk ke Istana Jurgen The Brutal (Rory Mccan) di pegunungan yang tertutup salju. Dalam perjalanan itu mereka akhirnya bertemu dengan Spencer yang mendapatkan avatar Ming (Awkwafina). Bethany dan Alex pun berhasil masuk dan ikut membantu mereka disana. Spencer dan yang lainnya harus bisa merebut batu permata berwarna orange untuk menyelamatkan dunia Jumanji.
Mampukah Spencer dan yang lainnya menaklukan kembali permainan Jumanji?

#Review:
Kesukesan film JUMANJI: WELCOME TO THE JUNGLE (2018) yang dirilis pada Desember tahun lau membuat Sony Pictures langsung bergerak cepat menggarap sekuelnya yang dirilis pada satu tahun berikutnya.



Kali ini, sekuel yang diberi judul JUMANJI: THE NEXT LEVEL (2019) menawarkan petualangan terbaru Spencer dan kawan-kawan ke dunia Jumanji dengan tingkat tantangan yang semakin besar, sulit dan bombastis. Tak hanya itu saja, di sekuelnya kali ini, sang sutradara dan penulis naskah mencoba menghadirkan sisi emosional persahabatan dua manula. Eksekusinya cenderung simple namun tetap berhasil memberikan feel terhadap film ini. Petualangan geng Spencer kali ini semakin semarak dengan hadirnya avatar-avatar baru selain kuartet Smolder, Ruby, Sheldon dan Franklin. Avatar baru bernama Ming yang diperankan aktris Awkwafina tampil memukau dan mampu sejajar dengan Dwayne Johnson, Karen Gillan, Kevin Hart dan Jack Black. Aksi Awkwafina yang mendapatkan dua user berbeda selalu berhasil memancing tawa penonton. Tak hanya itu saja, errornya permainan Jumanji pun berimbas pada para karakter yang tidak bisa memilih avatar sesuka hati. Moment switchbody mereka dengan perubahan gesture serta dialog, lagi-lagi berhasil membuat penonton tertawa.


Untuk segi visual, sekuelnya ini jauh lebih bombastis dan spektakuler. Wahana Jumanji dibuat semakin luas, tingkat kesulitan yang dialami para avatar pun semakin meningkat. Gurun pasir, aksi kejar-kejaran dengan para warga sipil, jurang berbahaya hingga gunung bersalju harus ditaklukkan oleh mereka. Jajaran pemain pun tampil konsisten, selalu memberikan penampilan terbaiknya.
Overall, sebagai film liburan natal dan tahun baru, film JUMANJI: THE NEXT LEVEL (2019) benar-benar berhasil menghibur dan memuaskan. Third chapter? Why not!


[8.5/10Bintang]

1 comment: