Friday 28 February 2020

[Review] Teman Tapi Menikah 2: Kisah Keluarga Muda Dalam Membangun Rumah Tangga



#Description:
Title: Teman Tapi Menikah 2 (2020)
Casts: Adipati Dolken, Mawar Eva, Vonny Cornellya, Sari Nila, Ivan Leonardy, Clay Gribble, Sarah Sechan, Jourdy Pranata, Tubagus Ali, Ravil Prasetya, Nagra Kautsar, Canti Tachril, Thalia Basir, Lili Sp
Director: Rako Prijanto
Studio: Falcon Pictures


#Synopsis:
Setelah menjalin pertemanan selama 13 tahun lamanya, kisah cinta antara Ditto (Adipati Dolken) dan Ayudia (Mawar Eva) akhirnya berujung di pelaminan. Kebahagiaan selalu menghampiri keduanya. Meskipun menikah di usia muda, Ditto dan Ayu menjalaninya dengan santai. Mereka juga selalu menyempatkan untuk berpacaran dan mengumbar kemesraan disaat tengah berduaan.


Keseruan rumah tangga Ditto dan Ayu semakin terasa disaat keduanya berencana untuk segera keliling dunia dan mewujudkan semua impian mereka bersama. Namun semua rencana itu terpaksa tidak bisa terealisasi dalam waktu dekat, pasalnya Ayu tiba-tiba hamil. Kabar bahagia ini lantas membuat orangtua dari Ditto dan Ayu senang. Namun apa yang dirasakan oleh Ditto dan Ayu berbeda, mereka belum siap untuk menjadi pasangan ayah dan ibu. Bahkan disaat mengetahui dirinya hamil, Ayu dilanda panik dan stres memikirkan proses melahirkan yang menurutnya sangat mengerikan dan menyakitkan.



Perubahan sikap pun mulai diperlihatkan Ayu semenjak hamil. Ia yang awalnya selalu penuh semangat kini berubah drastis menjadi seorang ibu hamil yang malas untuk bergerak dan perasaannya makin sensitif. Bahkan, disaat Ditto dijadwalkan untuk manggung ke Balikpapan, Ayu uring-uringan dan tak ingin ditinggalkan seorang diri di rumah. Ditto pun akhirnya mengajak sang istri untuk ikut ke Balikpapan meskipun harus membayar lebih mahal untuk tiket pesawatnya.
Setibanya disana, Ayu malah kelelahan dan memilih untuk beristirahat di hotel ketimbang datang ke acara manggung suaminya. Ditto kesal, ikutnya Ayu ke Balikpapan bukannya memberikannya support malah menjadi beban karena Ayu lebih memilih istirahat. Pertengkaran pun tak terelakkan, Ayu ingin dirinya dimengerti sebagai seorang calon ibu yang tengah hamil muda.



Perlahan tapi pasti, Ditto pun kini mencoba untuk menahan diri dan memahami istrinya. Setelah jadwal manggungnya selesai, mereka memutuskan untuk pergi berliburan ke Bali sekaligus menenangkan Ayu. Selama di Bali, keduanya fokus untuk quality time berdua. Tapi, kebersamaan Ditto dan Ayu lagi-lagi terusik disaat Ditto ingin berkumpul dengan teman-teman band nya. Hingga pertengkarang-pertengkaran sehari-hari lainnya juga tidak terelakkan. Kini keadaan semakin sulit dan mereka merasa perlu untuk memutuskan, mempertahankan hubungan atau si calon bayi.


#Review:
Film TEMAN TAPI MENIKAH (2018) yang dirilis dua tahun silam boleh dibilang sebagai salah satu film drama Indonesia terbaik di tahun itu. Kisah persahabatan antara Ditto dan Ayu yang berujung ke pelaminan sukses dikemas dengan sangat baik oleh Rako Prijanto selaku sutradara film. Dua tahun kemudian, Falcon Pictures dan Rako Prijanto kembali menyajikan kelanjutan kisah cinta Ditto dan Ayu yang kini sudah menikah dalam sekuel film TEMAN TAPI MENIKAH 2 (2020) yang tayang di bioskop mulai 27 Februari 2020.


Yang cukup mengejutkan adalah, absennya aktris muda Vanesha Prescilla yang tidak terlibat dalam sekuelnya ini. Karakter Ayu yang ia perankan diganti oleh aktris muda lainnya yaitu Mawar Eva De Jongh. Keputusan ini memang cukup beresiko, mengingat performance Vanesha di film TEMAN TAPI MENIKAH (2018) menurutku tidaklah buruk dan bahkan jauh lebih asyik ketimbang peran Vanesha sebagai Milea di Trilogy film DILAN (2019). Rako Prijanto dan Adipati Dolken sendiri akhirnya mengungkapkan alasan pergantian pemeran karakter Ayu disekuelnya ini yang menyebutkan jika tantangan karakter Ayu di film kedua semakin besar dan dituntut untuk memainkan emosi yang lebih mendalam sebagai seorang ibu muda yang tengah hamil. Rako yakin jika Mawar Eva bisa melanjutkan karakter Ayu dari apa yang sudah dilakukan dengan baik oleh Vanesha Prescilla di film pertamanya.
Untuk segi cerita, film TEMAN TAPI MENIKAH 2 (2020) ini melanjutkan kisah pasangan Ditto dan Ayu yang kini sudah menikah. Premis sederhana ini sudah sangat banyak dieksplor oleh film-film drama, namun untungnya ditangan Rako Prijanto dan Johanna Wattimena selaku penulis naskah, membawa film ini semakin matang dan dewasa dibandingkan film pertamanya. Konflik-konflik rumah tangga pasangan muda Ditto dan Ayu dikemas begitu sederhana, membumi dan apa adanya. Chemistry keromantisan mereka berdua usai menikah GILA YA SUNGGUH MENGGEMASKAN SEKALI! Setiap tek-tokan dialog mereka selalu saja memancing senyum penonton. Film ini tak mengandalkan gombalan-gombalan puitis, namun lebih menonjolkan sisi romantisnya lewat kebersamaan dan gelak tawa yang begitu lucu. Rasa insecure seorang perempuan pada kehamilan pertama juga dieksplor dengan sangat baik oleh Johanna. Penonton diajak untuk melihat secara alami progres perubahan sikap dari karakter Ayu dari sebelum, sedang dan sesudah hamil dengan sangat baik. Bahkan, adegan persalinan yang ditampilkan sukses membuatku terharu dan menangis bahagia melihatnya.


Untuk jajaran pemain, sudah jelas dua bintang utamanya sukses bersinar disepanjang film. Aktor Adipati Dolken lagi lagi berhasil memerankan karakter Ditto yang kini semakin dewasa dan mampu mempermainkan sisi emosionalnya. Chemistry yang ia bangun dengan Mawar Eva menurutku jauh lebih mengesankan dan luar biasa dibandingkan di film pertamanya. Angkat dua jempol juga untuk Mawar Eva yang sukses menampilkan karakter Ayu dengan sangat matang. Gejolak emosi seorang ibu muda sukses ditaklukannya dengan amat baik. Kualitas akting dari Mawar Eva makin meningkat disetiap film yang ia bintangi dan di film TEMAN TAPI MENIKAH 2 (2020) ini menurutku menjadi penampilan Mawar Eva paling terbaik sejauh ini.
Untuk visual dan scoring musik juga, sekuel filmnya ini mengalami peningkatan dibanding film pertamanya. Editing dan sinematografinya juga cakep sekali disaat menangkap moment-moment penting dalam film ini. Original Soundtrack berjudul Teman Sampai Surga yang dinyanyikan oleh Ayudia Bing Slamet dan bandnya yaitu Dengarkan Dia makin memperindah film ini.
Overall, sekuel film TEMAN TAPI MENIKAH 2 (2020) is one of the best drama romantic movie of the year so far. Filmnya harus terus berlanjut! Adipati & Mawar Eva is a stars!


[8.5/10Bintang]

0 comments:

Post a Comment