Thursday 5 March 2020

[Review] Onward: Kisah Dua Elf Yang Mencari Sebuah Keajaiban Untuk Bertemu Dengan Sang Ayah



#Description:
Title: Onward (2020)
Casts: Tom Holland, Chris Pratt, Julia Louis-Dreyfus, John Ratzenberger, Octavia Spencer, Mel Rodriguez, Kyle Bornheimer, Lena Waithe, Ali Wong, Grey Griffin, Tracey Ullman, George Psarras.
Director: Don Scalon
Studio: Walt Disney Pictures, Pixar Animation Studios

#Synopsis:
Dahulu kala, Mushroomtown dikenal sebagai wilayah tempat tinggal para elf, peri dan mahluk-mahluk fantasi lainnya. Para penyihir disana sangat senang belajar untuk bisa mengendalikan kekuatan ajaibnya itu. Namun seiring berjalannya waktu, kemajuan teknologi yang semakin pesat berimbas pada penduduk Mushroomtown yang memilih mengikuti perkembangan zaman ketimbang terus mempelajari ilmu sihir.




Belasan tahun berlalu, Mushroomtown kini berubah menjadi sebuah kota yang modern. Para penduduknya telah berubah dan melupakan segala hal tentang sihir. Namun salah satu penduduk disana yaitu Barley Lightfoot (Chris Pratt) masih mempercayai tentang keajaiban sihir yang dulu sangat melegenda di kotanya. Ia bahkan menentang rencana penghancuran air mancur diatas bukit yang mempunyai sejarah penting bagi kota Mushroomtown.
Rasa percaya Barley akan hal-hal sihir ini berbanding terbalik dengan ibu dan adiknya, Laurel Lightfoot (Julia Louis-DreyFus) dan Ian Lightfoot (Tom Holland). Semenjak kematian sang ayah, Wilden Lightfoot (Kyle Bornheimer), keluarga Lightfoot ini hidup mandiri dan dalam kesehariannya selalu menggunakan teknologi.



Tepat di ulang tahunnya yang ke-16, Ian mendapatkan sebuah kado yang sudah ayahnya persiapkan jauh sebelum Ian lahir. Sang ibu memberikan hadiah itu sesuai wasiat suaminya agar diserahkan pada keduanya disaat Ian sudah menginjak usia 16 tahun. Kado yang diberikan oleh sang ayah rupanya sebuah tongkat kayu sihir beserta Phoenix Diamond berwarna orange dan juga sebuah surat yang ditulis untuk keduanya. Isi surat tersebut berupa tata cara penggunaan tongkat sihir dan sebuah mantra yang bisa menghadirkan siapapun yang telah tiada dalam waktu 24 jam.



Membaca tulisan itu membuat Ian dan Barley sangat senang. Barley kemudian mencoba menggunakan tongkat dan mantra tersebut, namun hasilnya nihil. Ian yang sangat ingin berjumpa dengan ayahnya, lantas ikut mencobanya. Rupanya Ian berhasil. Tongkat sihir itu sukses memunculkan sosok sang ayah, namun ternyata mereka terkejut. Sang ayah muncul hanya setengah badan alias bagian kakinya saja. Barley yakin jika Ian kurang fokus saat membacakan mantranya, sehingga hasilnya tidak seratus persen memunculkan sosok sang ayah. Barley kemudian mempunyai ide untuk mencari Phoenix Diamond yang masih tersembunyi diluar sana. Bersama dengan Ian, keduanya memutuskan untuk berpetualang mencari Phoenix Diamond berdasarkan buku permainan game Legend of Yord, permainan yang terinspirasi dari masa lalu kota Mushroomtown.




Dalam perjalanan mencari Phoenix Diamond, mereka harus berhadapan dengan segerombolan preman elf di jalanan, berurusan dengan kepala polisi Colt Bronco (Mel Rodriguez), bertemu dengan Manticore (Octavia Spencer) mantan warrior Mushroomtown yang kini membuka usaha restoran dan juga harus melintasi sebuah wilayah yang dilarang untuk dilalui. Akankah Ian dan Barley berhasil menemukan Phoenix Diamond dan berjumpa dengan sosok sang ayah meskipun hanya 24 jam saja?


#Review:
Di semester awal tahun 2020 ini, Disney-Pixar meramaikan bioskop-bioskop diseluruh dunia dengan menghadirkan sebuah film animasi baru berjudul ONWARD (2020) yang dirilis dibioskop Indonesia mulai hari Rabu, 4 Maret 2020.
Seperti film-film Disney-Pixar kebanyakan, film ONWARD (2020) kali ini juga menghadirkan kisah original story yang berasal dari pengalaman sang sutradara yaitu Don Scalon saat mendengar rekaman audio dari ayahnya yang telah tiada. Elemen animasi film ini kemudian memberikan cita rasa sedikit berbeda lewat karakternya yang bukan lagi manusia, melainkan para elf atau peri. Disney-Pixar pun dengan cerdik tidak menampilkan image para elf atau peri ini seperti tinkerbell yang sangat princess atau girly, Disney-Pixar menampilkan wilayah tempat tinggal para elf atau peri dengan konsep suburban seperti kehidupan manusia biasanya.


Untuk segi cerita, film ini mengangkat kisah seorang anak yang ingin sekali berjumpa dan quality time dengan sang ayah yang telah tiada. Paruh awal film, penonton diajak untuk mengikuti daily life keluarga Lightfoot. Melihat modernisasi yang terjadi di Mushroomtown dan meninggalkan keajaiban dunia sihir menurutku cukup berhasil menggambarkan keadaan dunia saat ini, yang dimana manusia lebih mengikuti modernisasi dan meninggalkan hal-hal tradisional. Menuju pertengahan film, nyaris film ini hanya sekedar having fun dengan segala karakter elf yang saling bermunculan. Namun sayang, menurutku deretan karakter pendukung ini hanya sekedar numpang lewat saja. Kisah tentang Manticore, Bronco hingga rombongan preman elf juga tidak mendapatkan pengenalan karakter lebih mendalam. Hubungan kakak beradik antara Barley dan Ian untungnya perlahan semakin seru disaat konflik-konflik sederhana dan related dengan siapapun dimunculkan. Menuju babak akhir film, klimaks segala emosi ditumpahkan oleh Don Scalon. Emosi penonton pecah penuh haru disaat klimaks apa yang diinginkan oleh keduanya terwujud. Moment checklist notes "New Me" yang dilakukan Ian berhasil membuatku menitikan air mata secara perlahan.


Untuk segi visual dan musik, film ONWARD (2020) selalu berhasil membangun suasana seru dan mengharukan disepanjang film. Chemistry kakak beradik yang dihadirkan Duo Peter yaitu Peter Quill (Chris Pratt) dan Peter Parker (Tom Holland) selalu berhasil membuat penonton tertawa, bahagia, kesal dan sekaligus mengharukan. Moment komedi "kasura" (only sundanese can understand) yang dihadirkan timingnya pas dan ngena banget! Haha.. Overall, Disney-Pixar movie is never failed! Best animated movie of the year so far.


[9/10Bintang]

0 comments:

Post a Comment