Friday 6 March 2020

[Review] Mekah I'm Coming: Usaha Mendapatkan Restu Dengan Cara Pura-Pura Haji


#Description:
Title: Mekah I'm Coming (2020)
Casts: Rizky Nazar, Michelle Ziudith, Ria Irawan, Dwi Sasono, Jennifer Coppen, Totos Rasiti, Ephy Pae Sekurity, Fanny Fadillah, Rasyid Karim, Yusril Fahriza, Cici Tegal, Elly Sugigi
Director: Jeihan Angga
Studio: Dapur Films, MD Pictures


#Synopsis:
Pak Sholeh (Totos Rasiti) baru saja selesai menunaikan ibadah hajinya. Kepulangannya ke kampung Cempluk, Jawa Tengah disambut meriah dan penuh kebahagiaan oleh para warga disana. Setahun kemudian, anak dari Pak Sholeh yaitu Eni (Michelle Ziudith) direncanakan akan dilamar oleh anak dari boss pemilik tanah yang ditempati oleh rumah Pak Sholeh yang bernama Pietoyo (Dwi Sasono). Perjodohan ini langsung tidak disetujui oleh Eni, karena ia sudah memiliki kekasih bernama Eddy (Rizky Nazar), yang membuka usaha bengkel kendaraan. Pak Sholeh sendiri tidak suka dengan Eddy lantaran hidupnya selalu penuh kesialan dan berantakan.



Menjelang pertemuan antar keluarga, Eni memaksa Eddy untuk datang juga dan meyakinkan bahwa ia layak untuk melamar dan menikahi Eni. Eddy kemudian dengan yakin berjanji akan melaksanakan ibadah haji tahun ini agar bisa direstui oleh Pak Sholeh. Mendengar hal itu membuat keluarga Pietoyo tak sanggup untuk menyaingi Eddy, pasalnya ibadah haji jalur express biayanya sangat besar.



Dengan izin dan restu Bu Ramah (Ria Irawan), Eddy akhirnya menjual motor dan bengkelnya. Setelah semua dana terkumpul, hari dimana Eddy berangkat haji pun tiba. Ia pergi ke Jakarta untuk transit sebelum keesokan harinya terbang ke Mekkah. Di asrama haji itu, Eddy satu kamar dengan Fajrul (Ephy Pae Sekurity), jamaah calon haji yang berasal dari Jayapura. Keesokan harinya, Eddy dan Fajrul mendapat kenyataan pahit bahwa mereka ditipu oleh travel agent. Uang ratusan juta yang mereka setor pada travel agent hilang sudah tak tersisa sedikitpun.




Rupanya warga disekitar hotel tersebut juga sudah banyak menelan banyak korban dari travel agent itu. Mulai dari pemilik warteg (Cici Tegal) yang sampai saat ini ia tak berani pulang kampung, pemilik rumah photo studio, Pak Somad (Fanny Fadillah) hingga pedagang souvenir haji Pak Rojak (Rasyid Karim) yang memiliki anak semata wayang bernama Tuti (Jennifer Coppen).



Untuk sementara waktu, Eddy dan Fajrul memutuskan untuk tinggal bersama dengan Pak Rojak sebelum merencanakan hal lainnya. Disana Eddy ikut membantu Pak Rojak berjualan. Sementara itu, Fajrul bekerja di rumah photo studio milik Pak Somad. Seiring berjalannya waktu, Eddy semakin merasa bersalah karena terus membohongi Eni, ibu dan juga orang-orang dikampungnya. Disatu sisi ia ingin pulang saja ke kampung dan berkata jujur, tapi disisi lainnya Eddy takut dihujat dan dicaci maki oleh warga karena membohongi mereka soal ibadah haji.


#Review:
Salah satu sutradara terbaik yang dimiliki Indonesia saat ini yaitu Hanung Bramantyo semakin dikenal sebagai sutradara yang selalu memberikan kesempatan bagi para sutradara baru untuk menyajikan film terbarunya, seperti Fajar Nugros, Alm. Iqbal Rais, Hestu Saputra, Faozan Rizal hingga yang terbaru yaitu Jeihan Angga lewat film terbarunya berjudul MEKAH I'M COMING (2020) produksi Dapur Films dan bekerja sama dengan rumah produksi MD Pictures dan juga Hooq Indonesia.


Film MEKAH I'M COMING (2020) yang semula mempunyai judul HAJI HOAX ini mengangkat tema cerita tentang korban penipuan haji dengan konsep komedi ajaib dan super receh. Jeihan Angga sukses menyentil tentang issue kasus penipuan haji yang sempat marak di Indonesia beberapa waktu yang lalu dengan sentuhan komedi lewat setiap para karakternya. Setiap dialog, adegan, gesture hingga kelakuan seluruh pemainnya selalu berhasil memancing tawa penonton. Moment-moment komedi yang bikin geleng kepala sukses membuatku tertawa. Jeihan dan tim penulis naskahnya berhasil merangkai antara plot, komedi dan sentilan kehidupan sosialnya dengan amat baik disini. Jeihan juga tak lupa menyentil fenomena vlogger lewat dua karakter yang ada dalam film ini. Eksekusinya pun sangat bagus dan bisa terkoneksi dengan plot soal penipuan haji.


Selain plot dan kisahnya emang receh, film MEKAH I'M COMING (2020) juga didukung oleh deretan pemain yang sukses tampil all-out dalam melakukan komedi. Dua aktor muda spesialis film-film drama romantis yaitu Rizky Nazar dan Michelle Ziudith sukses disulap menjadi karakter Eddy dan Eni yang super annoying dan sontoloyo. Setiap gesture dan kelakuan mereka tampil selalu lebay in the good way. Adegan berbicara dari hati ke hati antara karakter Eni dan ayahnya berhasil disajikan penuh dengan emosi dan komedi oleh Totos Rasiti dan Michelle Ziudith. Aksen logat jawa medoknya yang dilakukan Rizky dan Michi tak perlu diragukan lagi. Gila! Hahaha.
Jajaran pemeran pendukung film ini juga tak kalah "gila" nya dalam melakukan hal-hal komedi. Totos Rasiti, Alm Ria Irawan, Ephy Sekurity, Rasyid Karim hingga aktris muda Jennifer Coppen sukses mendapatkan karakter yang muncul dan cukup memukau.
Overall, film MEKAH I'M COMING (2020) sangat berhasil menghibur sekaligus menyentil isu sosial soal kasus penipuan calon haji. Film ini juga sedikit memberikan message bahwa korban penipuan calon haji, tak pantas untuk diolok-olok.


[8/10Bintang]

0 comments:

Post a Comment