Thursday 13 June 2024

[Spoiler Alert] Cerita Lengkap & Perbedaan Film Ipar Adalah Maut Dengan Versi Sosial Media!



Film IPAR ADALAH MAUT (2024) tayang mulai 13 Juni 2024 di bioskop Indonesia. Tak sedikit netizen dan pecinta film dibuat penasaran dengan kisah perselingkuhan yang sempat menggemparkan sosial media TikTok di Indonesia pada awal tahun 2023 lalu. Eliza Sifa sebagai orang yang pertama kali menceritakan kisah ini mengklaim jika cerita Nissa, Aris dan Rani tersebut merupakan kisah nyata yang disampaikan melalui direct message kepada dirinya.

Berikut perbedaan cerita IPAR ADALAH MAUT versi TikTok Eliza Sifa dengan versi film layar lebar:
1. Versi TikTok: Nissa dan Aris menikah dan memiliki seorang anak perempuan bernama Raya. Suatu ketika, adik perempuan dari Nissa yaitu Rani ingin ikut tinggal di rumah kakaknya demi menghemat biaya kuliah karena kampusnya berada di kota yang sama dengan tempat tinggal Rani.
Versi Film: Ibu kandung Nissa dan Rani merasa khawatir jika Rani harus kost sendirian di Semarang. Ia meminta Nissa untuk memberikan tumpangan tempat tinggal kepada Rani, karena sang ibu menganggap Rani masih anak-anak dan manja.

2. Versi TikTok: Aris dan Rani semakin sering menghabiskan waktu bersama ketika Nissa disibukkan bekerja. Nissa mulai merasa curiga kepada Aris dan takut suaminya itu tergoda oleh adiknya yang sering berdandan cantik dan berpakaian minim selama di rumah.
Versi Film: Aris dan Rani hanya sebatas berangkat bareng saja, karena Aris yang bekerja sebagai dosen dan Rani sebagai mahasiswi di kampus yang sama. Interaksi mereka berdua hanya sebatas suadara ipar saja, tidak ada yang berlebihan. Selama tinggal di rumah, Rani tidak berdandan cantik dan selalu mengenakan hijab ketika bersama dengan Nissa, Aris dan Raya. Hanya satu kali saja Rani keluar kamar tanpa hijab ketika tengah malam, ia mau ke dapur dan tak sengaja berpapasan dengan Aris yang sedang minum air.

3. Versi TikTok: Aris dan Rani pertama kali berciuman di rumah saat Rani meminta bantuan kakak iparnya itu untuk mengerjakan tugas. Hubungan Aris dan Rani terus berlanjut. Mereka sering bermesraan dan sempat hampir ketahuan oleh Nissa, namun Rani mengelaknya dengan alasan sedang membereskan dapur.
Versi Film: Aris dan Rani tak sengaja berciuman setelah Aris menyelamatkan Rani yang hampir saja dilecehkan di kampus. Aris berusaha menenangkan Rani dengan cara memeluknya di dalam mobil lalu tak sengaja bibir mereka beradu saat Rani bangun dari pelukannya Aris. Sejak kejadian itu, Aris meminta Rani untuk melupakan kejadian tersebut.

4. Versi TikTok: Hubungan Aris dan Rani semakin dekat meskipun Rani sudah memiliki pacar sekaligus calon suami yaitu Yusuf. Bahkan ibu kandung Rani dan keluarga Yusuf sudah merencanakan untuk segera melangsungkan pernikahan. Disisi lain, hubungan Rani dengan Aris juga masih berlanjut meskipun mereka sadar, bahwa hubungan asmara mereka itu terlarang.
Versi Film: Karakter Yusuf dan keluarganya dihilangkan. Rani diceritakan masih mahasiswi baru dan belum pernah memiliki pacar. Rani mengagumi sosok Aris karena sikapnya yang baik hati, sopan, humoris dan pernah menyelamatkannya dari Yan yang berusaha untuk melecehkannya di kampus.

5. Versi TikTok: Ketika Rani ketahuan hamil, tante dari Aris memperingatkan keponakannya itu untuk segera mengakhiri hubungan terlarangnya dengan Rani. Namun sayang, mereka masih saja mempertahankannya padahal Rani dan Yusuf sudah menikah.
Versi Film: Pihak keluarga dari Aris termasuk kakak kandung perempuannya tak ikut campur dalam rumah tangga Aris setelah menikah.

6. Versi TikTok: Hubungan terlarang Aris dengan Rani ketahuan oleh Nissa setelah menemukan banyak foto dan video mesum yang mereka rekam dari ponsel Aris.
Versi Film: Aris berusaha menutupi hubungan terlarangnya dengan Rani dengan banyak alasan atas saran dari Rani itu sendiri. Mereka bahkan menyusun banyak rencana terstruktur yang memanfaatkan pekerjaan Aris sebagai dosen serta rekannya, Pak Junaedi agar tidak menimbulkan kecurigaan dari Nissa. Namun sayang, hubungan terlarang Aris dan Rani akhirnya terbongkar dengan sendirinya gara-gara keteledoran Aris yang tidak langsung menutup panggilan telepon dari Nissa. Percapakan mesra di hotel antara Aris dengan Rani secara langsung tersebut langsung Nissa rekam meskipun ia sangat terguncang dan sakit hati.

7. Versi TikTok: Rani kemudian kabur dan bercerai dari suaminya Yusuf setelah ketahuan hamil dari Aris. Nissa yang masih sakit hati terhadap Rani dan Aris kini memutuskan untuk tinggal bersama ibunya yang sedang sakit mengidap demensia. Sang ibu semakin stress karena menjadi bahan gunjingan para tetangga gara-gara kasus perselingkuhan dan perceraian kedua anaknya.
Versi Film: Nissa sakit hati, histeris dan bertengkar hebat dengan Aris di rumah. Ia tidak sudi lagi untuk tinggal di rumah tersebut karena telah menjadi tempat zinah antara Aris dengan Rani. Nissa memutuskan untuk sementara waktu tinggal di rumah sahabatnya, Manda bersama dengan anaknya. Disisi lain, Rani memilih pulang ke Salatiga.

8. Versi TikTok: Karena tekanan sosial dan stress, kondisi kesehatan ibunya Nissa dan Rani semakin menurun. Tak lama kemudian sang ibu meninggal. Setelah semuanya berakhir, Rani mendatangi Nissa untuk meminta ongkos pergi ke Jakarta setelah ia resmi bercerai dengan Yusuf. Nissa pun kini sudah bercerai dengan Aris.
Versi Film: Nissa membutuhkan ketenangan, ia menitipkan Raya kepada Manda untuk pulang ke Salatiga menemui ibunya. Tiba di rumah, Nissa hanya melihat adiknya saja. Nissa langsung melampiaskan amarahnya kepada Rani. Nissa tak menyangka balasan dari adiknya yang sudah ia tampung di rumah adalah pengkhianatan dengan cara berselingkuh dengan suaminya.
Tak lama setelah itu, ibu mereka datang dan terkejut saat mendengar apa yang diucapkan oleh Nissa. Firasat yang selama ini dikhawatirkan sang ibu terhadap Rani ternyata terbukti benar. Sang ibu kecewa dan ikut memarahi Rani.
Rani membela diri. Ia merasa kesal sekaligus sakit hati karena selama ini hanya kakaknya saja yang selalu dianggap bisa hidup mandiri. Rani kecewa karena selalu dianggap anak-anak dan manja sehingga tak diberi izin untuk tinggal sendirian selama kuliah hingga harus dititipkan segala kepada Nissa. Mendengar hal tersebut membuat Nissa dan ibunya semakin marah. Tak lama setelah itu sang ibu jatuh pingsan. Setelah diperiksa ke dokter, pembuluh darah di otak sang ibu pecah dan menyebabkan sebagian ingatan hilang.
Setelah sadar, benar saja, sang ibu sama sekali tidak bisa mengingat kejadian yang dialami oleh Nissa, Rani dan Aris. Nissa pun terpaksa harus bersikap akur dengan Rani seolah tidak ada masalah demi merawat ibunya di Salatiga. Berkali-kali Rani meminta maaf pada kakaknya itu namun tak pernah mendapat jawaban pasti. Hingga pada akhirnya, Rani ketahuan hamil dan membuat Nissa semakin sakit hati. Tak lama setelah itu, sang ibu meninggal dunia dengan berpesan kepada Nissa dan Rani untuk selalu akur.
Setelah kematian sang ibu, Nissa memutuskan untuk bangkit meskipun kini sudah resmi bercerai dengan Aris. Nissa kembali disibukkan dengan bisnis toko kue nya yang membuka cabang lagi bersama Manda dan Tante Hesti.


Suprisingly, perbedaan cerita yang ditulis oleh Oka Aurora untuk versi film IPAR ADALAH MAUT (2024) menurutku jauh lebih bagus dan rasional ketimbang versi TikTok. Keputusan untuk menghilangkan karakter Yusuf dan keluarganya serta membentuk karakter Rani yang tidak berlebihan dalam menggoda Aris disini merupakan keputusan yang sangat tepat. Maka tak heran jika penonton awam yang tidak mengikuti cerita dari Eliza Sifa ini akan lebih mudah simpatik dan terpancing emosi melihat drama perselingkuhan paling gila yang pernah terjadi ini. Good job Hanung Bramantyo, MD Pictures!

0 comments:

Post a Comment