Sunday 8 September 2024

[Review] Afgan Sonder Asia Tour Jakarta 2024 at M Bloc Live House



Bulan Juni lalu tepatnya tanggal 21 Juni 2024, Afgan merilis EP Album terbarunya yang berjudul SONDER. EP ini menjadi produksi kedua yang semua tracklist nya menggunakan full berbahasa Inggris, setelah album internasional WALLFLOWER. Afgan semakin konsisten dengan karier nya sebagai soloist pria Indonesia yang ingin melebarkan sayap di industri musik internasional lewat dua album terbarunya ini.
EP Album SONDER memiliki lima lagu dan dua diantaranya berkolaborasi dengan dua musisi asal Korea Selatan yaitu Jessi dan Thuy, asal Vietnam. Berikut adalah tracklist nya:

1. Shallow Water
2. Lonely Night
3. Escape (feat. Jessi)
4. Criminal Over You (feat. Thuy)
5. Missing The Old Days

Setelah EP Album SONDER rilis, Afgan dan Trinity Optima Production langsung menggelar mini tour yang bertajuk Afgan Sonder Asia Tour. Negara pertama yang dipilih yaitu Korea Selatan pada tanggal 29 Juni 2024, tepatnya di Assa Performing Art Hall, Seoul. Pada kesempatan ini, Afgan mengundang Dita Karang personel dari grup K-Pop Secret Number untuk berduet menyanyikan lagu Escape.


Sukses di Seoul, Afgan Sonder Asia Tour berlanjut menuju negara kedua yaitu Malaysia pada tanggal 11 Agustus 2024, tepatnya di The Bee Publika, Kuala Lumpur.
Setelah selesai di Kuala Lumpur, tour selanjutnya diselenggarakan di Indonesia. Tiket Afgan Sonder Asia Tour resmi diumumkan pada 9 Agustus kemarin dan akan digelar satu bulan kemudian, tepatnya di M Bloc Space Live House, Jakarta Selatan.
Harga tiket yang ditawarkan untuk Afgan Sonder Asia Tour Jakarta relatif cukup terjangkau jika dibandingkan dengan konser skala besar yang pernah diselenggarakan oleh Afgan sebelumnya. Untuk reguler Rp.250.000 dan VIP Rp.450.000. Khusus untuk VIP mendapat benefit freebies berisikan photo card dan sticker. Selain itu, penonton VIP juga mendapat akses untuk menyaksikan soundcheck dan foto bareng Afgan secara bergantian.


Penukaran tiket Afgan Sonder Asia Tour Jakarta sudah dibuka sejak Sabtu siang di M Bloc Space, Jakarta Selatan. 50 orang pertama yang menukarkan VIP mendapatkan freebies tadi. Booth merchandise yang menyediakan t-shirt SONDER seharga Rp.215.000 juga diberikan bonus freebies dengan jumlah terbatas. Sambil menunggu open gate M Bloc Live House, para penonton dan Afganisme bisa berfoto di photobooth edisi Afgan Sonder Asia Tour dengan dua template yang cukup menarik. Harganya Rp.75.000 untuk sekali foto dan mendapatkan satu cetakan foto dengan 3 angle berbeda.


Menurutku, pemilihan venue di wilayah Blok M, Jakarta Selatan memiliki poin plus tersendiri dibandingkan venue-venue mini konser lain. Meskipun kapasitas M Bloc Live House terbilang kecil, tapi untungnya akses menuju venue sangat mudah dijangkau oleh transportasi publik. Penonton bisa turun di Halte Jaksa Agung, Halte Blok M dan Stasiun MRT Blok M BCA. Selain itu, kawasan M Bloc Space juga memiliki banyak tenant kuliner, atau kita juga bisa explore kuliner di sekitaran Taman Literasi Blok M, Melawai Blok M Square dan Blok M Plaza.



Open gate Afgan Sonder Asia Tour Jakarta akhirnya dibuka pada pukul 18:30 WIB. Suasana di dalam area M Bloc Live House cukup dingin dan dibatasi dengan pagar besi untuk membedakan penonton VIP dan regular. Setelah kurang lebih 30 menit menunggu, Afgan Sonder Asia Tour dibuka dengan opening act dari musisi pendatang baru Hanif Andarevi yang membawakan single populernya berjudul Juli dan beberapa lagu terbaru di EP yang akan segera dirilis akhir September nanti.
Setelah opening act selesai, Afgan Sonder Asia Tour Jakarta akhirnya resmi dimulai sekitar pukul 20:20 WIB. Afgan muncul dengan outfit warna white yang memadukan antara kaos dan knit vest dari Christian Dior serta celana jeans berwarna light grey. Berikut adalah setlist Afgan Sonder Asia Tour Jakarta:

1. Lonely Night
2. Criminal (Over You)
3. Shallow Water
4. Missing The Old Days
5. Escape
6. M.I.A
7. Say I'm Sorry
8. Touch Me
9. Wajahmu Mengalihkan Duniaku
10. Knock Me Out
11. Pendam
12. Pulih
13. Bawalah Cintaku
14. Lenggang Puspita
15. Panah Asmara

Total 15 lagu dibawakan dengan energi yang powerful oleh Afgan. Penonton dan para Afganisme yang sudah hafal dengan lagu-lagu terbaru dari EP Sonder maupun album Wallflower ikut sing a long bersama dengan Afgan. Setiap membawakan lagu-lagu dari EP Sonder, Afgan menjelaskan cerita proses pembuatan serta ide untuk lagu-lagu tersebut. Salah satu yang mencuri perhatianku yaitu ketika Afgan menjelaskan bagaimana lagu Escape yang akhirnya bisa berkolaborasi dengan musisi rapper perempuan asal Korea Selatan yaitu Jessi.
Afgan mengungkapkan, pertemuan pertama dengan Jessi saat keduanya menghadiri acara yang sama di Korea Selatan beberapa tahun lalu. Sejak saat itu, mereka menjalin persahabatan dan rutin berdiskusi tentang musik. Di sisi lain, Afgan menyimpan rasa sungkan kepada Jessi gara-gara jauh sebelum pertemuan pertama mereka, Jessi sudah sempat menghubungi Afgan melalui Direct Message di Instagram, namun Afgan tak membalasnya sama sekali. Untungnya, Jessi tidak mempermasalahkan hal tersebut dan terbukti, keduanya berteman baik dan Jessi dilibatkan di lagu Escape.



Jika di Afgan Sonder Asia Tour Seoul Korea Selatan kehadiran bintang tamu Dita Karang, maka jangan sedih, di Jakarta malam minggu kemarin, Afgan mengundang seleb TikTok yang akrab dipanggil Kak Kev yaitu @luqmanrv. Saat selesai menyanyikan lagu Touch Me, Afgan izin untuk ganti outfit dan sambil menunggu Afgan, lagu Wajahmu Mengalihkan Duniaku dinyanyikan oleh Luqman sambil diiringi oleh dua dancer bodor. Hal tersebut membuat penonton dan para Afganisme histeris melihat kelucuan mereka bertiga. Tak lama, Afgan kembali ke atas panggung dengan outfit hoodie berwarna gelap yang masih dari Christian Dior. Ia pun ikut bernyanyi dengan Luqman beserta dua dancernya.
Seperti biasa, tak lengkap rasanya jika setiap penampilan off air Afgan tidak membawakan lagu-lagu pop nya. Di Afgan Sonder Asia Tour Jakarta kali ini, Afgan membawakan lagu Knock Me Out, Pendam, Pulih dan Bawalah Cintaku.


See you next time di acara selanjutnya teman-teman Afganisme!

Setelah selesai dengan lagu-lagu ballad, Afgan menutup mini tournya dengan dua lagu andalannya yaitu Lenggang Puspita dan juga Panah Asmara. Encore setiap konser Afgan dengan memilih lagu Panah Asmara merupakan keputusan yang sangat tepat. Suasana heboh, sing a long dan berjoget bersama nya terasa maksimal. Keren abis!
Overall, congratulations Afgan atas peluncuran EP Sonder dan mini tour Afgan Sonder Asia Tour nya! Next stop Singapura nih guys tanggal 13 September 2024 di The Star Gallery Singapore. 

0 comments:

Post a Comment