Wednesday 19 September 2018

[Opini] Mencari Smartphone Impian Untuk Mid-Class


Dari tahun ke tahun, para produsen ponsel pintar terus berlomba menghadirkan smartphone yang semakin canggih dan luar biasa. Apple misalnya, 12 September 2018 kemarin secara resmi merilis tiga varian iPhone terbaru yakni iPhone XS, iPhone XS Max dan iPhone XR. Ketiganya merupakan generasi penerus dan paling baru dari iPhone X yang dirilis setahun silam.
Semua orang di dunia sudah tahu, bahwa Apple Product adalah product yang premium. Meskipun harganya selangit, tapi hal tersebut sangat worth-it dengan kualitas dan segala keunggulan yang dimiliki oleh Apple Product. Ketahanan Apple Product juga sudah tidak bisa diragukan lagi. Mana ada coba smartphone selain iPhone yang dirilis pada 5-10 tahun silam (Seperti 4S, 5S, 5C, 6) hingga detik ini masih bisa dengan mudah ditemukan, dipakai dan harganya pun masih cukup mahal.



Karena Apple Product terasa seperti dibuat hanya untuk kalangan menegah keatas atau orang berduit tebal saja, maka hadirlah sistem operasi Android dan ponsel-ponsel pintar yang mampu setara bahkan sedikit melampaui performa dari iPhone nya Apple. Produsen ponsel pintar yang menggunakan sistem operasi Android, dari tahun ke tahun tak mau kalah dengan Apple. Mereka terus berinovasi dan menawarkan sesuatu yang baru di tiap ponsel pintar yang mereka launching. Salah satunya adalah Samsung, raksasa produsen ponsel pintar Android asal korea tak mau kalah dengan Apple. Persaingan dua brand ini hingga saat ini masih berlangsung. Tak cuma Samsung saja, banyak sekali ponsel pintar Android lainnya muncul dan sukses mencuri perhatian para pecinta gadget seperti Xiaomi, Huawei, Oppo, Vivo, Motorola, Nokia, LG dan yang lainnya. Mereka bahkan dengan berani menghadirkan sebuah smartphone dengan kualitas selangit tapi dengan harga yang masuk akal.



Salah satu inovasi smartphone yang cukup mencuri perhatian belakangan ini adalah smartphone Nova 3i milik produsen Huawei. Produsen smartphone ini sebetulnya sudah mempunyai reputasi dan popularitas yang sangat besar di China. Bahkan pada kuartal pertama tahun 2018 ini, Huawei berhasil masuk TOP 3 di dunia bersama dengan Samsung dan Apple sebagai ponsel yang paling banyak digunakan.



Aku sendiri sebagai pengguna iPhone sejak 6 tahun yang lalu, kadang suka dibuat penasaran dengan segala kecanggihan smartphone yang menggunakan sistem operasi Android. Dari segi spesifikasi, mayoritas smartphone Android kini mempunyai battery life, RAM dan internal storage yang jumbo. Hal inilah yang sedikit membuatku cemburu lantaran iPhone nya Apple sudah sangat terkenal dengan battery yang boros, RAM serta internal storage yang kecil. Tak cuma itu saja, smartphone Android juga memiliki banyak sekali variannya baik itu dari satu pabrikan ataupun bukan. Huawei Nova 3i adalah salah satu smartphone Android yang menurutku mampu memenuhi selera dan keinginan pasar. Pasalnya, smartphone ini memiliki varian warna yang variatif. Salah satunya adalah warna Iris Purple yang begitu catching dan elegan. Kecanggihan teknologi dual-lens yang semakin populer belakangan ini tak membuat Huawei tinggal diam. Di Nova 3i ini dibekali four-lens sekaligus. Kecanggihan empat lensa ini mampu menampilkan gambar, video serta teknologi artifical intelligence yang keren dan memukau. Yang sering menjadi problem untuk smartphone adalah internal storage-nya. Beberapa internal storage smartphone android mayoritas masih menggunakan dikisaran 16-64GB. Tapi tidak dengan Huawei Nova 3i. Smartphone ini memiliki internal storage sebesar 128GB. Hal ini membuat si pengguna leluasa dalam menyimpan foto, video, aplikasi dan data di smartphonenya. Tak perlu lagi was-was atau dikit-dikit hapus file.
Overall, menurutku smartphone Huawei Nova 3i bisa menjadi pilihan dijadikan sebagai smartphone idaman karena memiliki segudang keunggulan dibandingkan smartphone android lainnya.

”Urbandigital”

0 comments:

Post a Comment