Thursday 5 December 2019

[Review] Dark Waters: Kisah Pengacara Membongkar Kasus Pencemaran Lingkungan Yang Mengejutkan


#Description:
Title: Dark Waters (2019)
Casts: Mark Ruffalo, Anne Hathaway, Bill Camp, William Jackson Harper, Tim Robbins, Bill Camp, Victor Garber, Bill Pullman, Mare Winningham, Louisa Krause
Director: Todd Haynes
Studio: Participant Films, Killer Films, CBI Pictures

#Synopsis:
Di akhir 1985an, Robert Bilott (Mark Ruffalo), seorang pengacara spesialis perusahaan yang bergerak di bidang industri bahan kimia, menemui titik balik disaat dirinya didatangi tamu tak diundang dari Virginia Barat bernama Willbur Earl Tennant (Bill Camp). Ia mencari keadilan atas tercemarnya tempat tinggal mereka disana akibat bersebelahan dengan Tempat Pembuangan Akhir Limbah dari pabrik industri DuPont Company yang memproduksi bahan-bahan kimia. Bukan cuma itu saja, keluarga Tennant dan warga di wilayah Virginia Barat lainnya mengalami kerugian materi berupa kematian ratusan sapi ternak, pepohonan mati dan sungai menjadi hitam pekat.


Alasan Tennant mendatangi Rob lantaran ia mendapatkan referensi dari nenek Rob. Tennant sangat memohon pada Rob untuk bisa mendapatkan keadilan, karena selama bertahun-tahun ia menuntut keadilan pada DuPont tidak pernah membuahkan hasil. Bukan hanya itu saja, kasus Tennant pun banyak pengacara lain menolaknya lantaran mereka ketakutan harus menghadapi perusahaan raksasa sebesar DuPont.


Usai melihat secara langsung ke wilayah Virginia Barat, Rob terkejut melihat apa yang terjadi disana. Komplek wilayah Tennant berubah seperti kota mati. Banyak para penduduk asli disana menjual rumah dan tempat tinggalnya karena lingkungan mereka sudah tercemar. Pepohonan benar-benar kering tak berdaun, sungai menghitam dan tanah begitu tandus. Ia juga melihat seekor sapi yang telah tercemar limbah pabrik dan bahkan nyaris menyerangnya karena mata sapi tersebut mengalami buta. 



Melihat apa yang telah terjadi dan merasakannya sendiri, membuat Rob memutuskan untuk membantu Tennant menggugat DuPont Company. Rob lalu kembali ke kantor dan perusahaannya untuk menyelidiki lebih jauh soal kasus ini. Dengan bantuan arsip di kantornya serta dibantu oleh rekan-rekannya, Rob mulai mengumpulkan data-data soal DuPont Company.


Tahun demi tahun berlalu, Rob terus mengumpulkan bukti yang kuat untuk menggugat DuPont. Hingga pada akhirnya Rob menemukan sebuah fakta yang sangat mengejutkan soal penggunaan senyawa PFOA-C8 yang dipakai DuPont Company dalam alat masak Teflon. Kandungan senyawa yang ada di Teflon itu jika digunakan terus menerus akan berbahaya bagi tubuh manusia dan bahkan menyebabkan kanker hingga kematian.


#Review:
Menonton film yang diadaptasi dari kejadian nyata memang sangat ampuh memberikan pengetahuan baru pada penontonnya. Hal ini yang aku rasakan usai menonton film terbaru dari Hulk atau Mark Ruffalo berjudul DARK WATERS (2019) yang dirilis di Indonesia pada akhir November 2019 lalu. Kali ini Ruffalo tidak menjadi Hulk. Film ini juga tidak ada kaitannya dengan Marvel Cinematic Universe sama sekali. Penonton diajak untuk berkenalan dengan seorang pengacara yang menelusuri kasus pencemaran lingkungan yang telah terjadi selama belasan tahun oleh perusahaan raksasa bernama DuPont Company.


Kisah film ini setelah aku google ternyata emang betulan terjadi di Amerika Serikat dan bahkan kasusnya hingga detik ini belum terselesaikan. Kasus ini juga masuk ke New York Times dan menjadi highlight disana selama beberapa tahun. Sutradara Todd Haynes beserta ketiga penulis naskahnya untuk film DARK WATERS (2019) ini memadatkan kisah Rob Billot yang berjuang hingga belasan tahun lamanya menjadi durasi 125 menit tayang di bioskop. Penonton diajak untuk melihat dan mengikuti perjalanan Rob dalam memecahkan kasus ini. Bagi penonton yang kurang suka film yang banyak dialog mungkin film ini akan membosankan, tapi untungnya cara Haynes menampilkan ceritanya menurutku makin lama makin intense dan elemen haunting nya pun ikut muncul. Kejutan demi kejutan perlahan ditampilkan film ini disaat Rob berjuang mengalahkan DuPont. Pimpinan DuPont secara gamblang menampilkan sosok yang layak banget untuk dibenci. Karena ia dan perusahaannya sangat cerdik dan pintar dalam memanipulasi fakta selama kasus ini bergulir. Film ini juga memperlihatkan soal powerful sebuah brand besar akan sulit disentil oleh hukum sekalipun karena mempunyai benang merah yang sulit untuk diputus.


Bukan hanya sekadar menggambarkan masalah hukum yang dihadapi Rob, film ini juga menampilkan masalah kemanusiaan dan kritik sosial yang lebih mendalam, yaitu saat perusahaan kapitalis secara terang-terangan mengeruk keuntungan dengan menggadaikan hidup dan lingkungan manusia. Naasnya, masyarakat dibuat tak berdaya, tak bisa melawan janji-janji manis untuk hidup menjadi lebih mudah di berbagai iklan media massa. Pihak tergugat paham betul masyarakat akan tenang dan diam jika kebutuhan hidup, kesehatan dan pendidikannya terpenuhi. Dengan begitu, masyarakat tidak akan komplain dan protes meski perusahaan tersebut telah meracuni mereka tanpa disadari.
Menurutku cukup mengejutkan sih fakta yang dijabarkan film DARK WATERS (2019) ini. Haynes dan Ruffalo yang bertindak juga sebagai produser sangat berani mengungkap hal ini tanpa menyensor product dan brand raksasa itu. Film bertema investigasi seperti ini langsung mengingatkanku pada film SPOTLIGHT (2015) yang berhasil memenangkan Best Picture Oscars 2016 lalu.
Untuk jajaran pemain, film DARK WATERS (2019) tampil gemilang. Mark Ruffalo berhasil menghidupkan Robert Billot dengan baik. Gesture dan rasa penasaran yang tinggi akan kasusnya sukses memberikan rasa simpati kepada penonton. Victor Garber yang memerankan sebagai pemilik dari DuPont Company berhasil membangun image layak dibenci oleh para penonton. Aktris cantik Anne Hathaway pun sukses memberikan nyawa tersendiri untuk film ini meskipun dalam kapasitas yang terbatas karena film ini tidak terlalu membahas lebih jauh soal keluarga Rob.
Overall, film DARK WATERS (2019) ini menurutku memuaskan! Tak sabar melihat film ini bertarung di Awarding Season yang sebentar lagi akan segera dimulai.


[8.5/10Bintang]

0 comments:

Post a Comment