Thursday 5 December 2019

[Review] Eggnoid: Munculnya Telur Raksasa Berisi Pria Tampan!


#Description: 
Title: Eggnoid: Cinta & Portal Waktu (2019)
Casts: Morgan Oey, Sheila Dara Aisha, Luna Maya, Kevin Julio, Anggika Bolsterli, Reza Nangin, Martin Anugrah, Fatih Unru, Reuben Elishama, Marissa Anita
Director: Naya Anindita
Studio: Visinema Pictures


#Synopsis:
Kirana atau yang lebih sering dipanggil Ran (Sheila Dara Aisha) adalah seorang gadis remaja yang jarang bersosialisasi, sering menyendiri dan pendiam. Sikapnya yang tertutup itu akibat kesedihan yang mendalam usai ditinggal pergi selama-lamanya oleh kedua orang tua Ran karena kecelakaan. Kini Ran tinggal bersama dengan tantenya yaitu Diani (Luna Maya).


Suatu malam, Ran terbangun dari tidurnya dan mendapati sebuah telur raksasa jatuh di balkon rumahnya. Ran lalu mendekati telur raksasa tersebut dan telur itu pun terbuka. Disaat telur terbuka, muncul sosok seorang pria tampan dengan kondisi seperti ayam yang baru menetas dari telurnya. Pria tersebut rupanya adalah Eggnoid yang datang dari masa depan. Eggnoid tersebut dikirim oleh sang kreator untuk menemani dan menjaga Master-nya yang merasa kesepian di hidupnya.



Dua tahun berlalu semenjak penemuan Eggnoid itu, pria tampan itu diberi nama Eggy (Morgan Oey) oleh Ran. Eggy pun memutuskan untuk bekerja di kedai ice cream milik temannya Ran yaitu Tania (Anggika Bolsterli) dikala Ran sedang menimba ilmu di kampusnya. Keduanya kita hidup bahagia dan saling mendukung satu sama lain. Perlahan, rasa cinta dan sayang tumbuh diantara mereka. Ran merasa nyaman dan bahagia jika bersama dengan Eggy. Begitu juga dengan Eggy, sebagai Eggnoid yang baru terlahir dua tahun yang lalu, ia baru kali ini merasakan sebuah perasaan yang tak biasa didalam dirinya.



Namun sayang, rasa cinta yang muncul di dalam diri Eggy ternyata terdeteksi oleh sang kreator Eggnoid, Zuma (Fatih Unru) dan para pasukannya yang menyamar di bumi. Dua pasukan sang kreator Eggnoid yang mengawasi Eggy yaitu Zen (Reza Nangin) dan Zion (Martin Anugrah) memperingatkan Eggy untuk tidak melakukan empat dosa besar Eggnoid yaitu jatuh cinta, marah, serakah dan berbohong supaya ia tidak dikirim balik ke masa depan untuk di-reset dan diganti master-nya.


Mendengar aturan itu membuat Eggy menjadi serba salah disaat harus berhadapan dengan Ran. Disaat ia mencoba untuk menjauhi Ran selalu gagal karena rasa sayang dan cinta yang dirasakan begitu besar. Melihat sikap Eggy yang selalu tarik-ulur membuat Ran kesal. Ran mencoba untuk memilih Aji (Kevin Julio) teman kampus sebagai kekasihnya daripada harus menunggu Eggy.
Bagaimanakah sikap Eggy selanjutnya? Apakah ia menyerah dan meninggalkan Ran?


#Review:
Visinema Pictures milik Angga Dwimas Sasongko nampaknya semakin tertarik menggarap film yang diadaptasi dari Line Webtoon populer usai di awal tahun 2019 ini sukses menghadirkan film TERLALU TAMPAN (2019) yang disutradarai oleh Sabrina Rochelle Kalangie. Kali ini, dipenghujung tahun 2019, Visinema kembali merilis film terbarunya yang diadaptasi dari Line Webtoon populer berjudul EGGNOID (2019). Visinema pun menunjuk sutradara muda berbakat Naya Anindita yang sebelumnya sukses menggarap SUNDUL GAN! (2016) untuk menyutradarai film ini.


Untuk segi cerita, film EGGNOID (2019) ini memang sangat Webtoon remaja banget. Kisah seorang remaja perempuan kesepian yang tiba-tiba mendapatkan seorang laki-laki tampan yang selalu siap menemani dan membuatnya bahagia sepanjang waktu. Premis sederhana sekilas mengingatkanku pada film Visinema sebelumnya yaitu LOVE FOR SALE (2018) namun di film EGGNOID (2019) ini cara hadir si orang baru di kehidupan si karakter utama ini bukan menggunakan online dating apps, melainkan dengan sentuhan elemen fiksi-ilmiah-futuristik. Disepanjang durasi film, penonton diajak untuk melihat coming of age journey dari karakter Eggy dengan sangat baik. Kita bisa melihat perubahan secara perlahan sosok Eggy disaat ia mulai menetas hingga dewasa secara natural tak berlebihan. Aku sendiri merasakan dua karakter Eggy dan Ran ini benar-benar saling jatuh cinta satu sama lain. Ekspresi, gesture dan tatapan mata saling sayang dan cinta yang dilakukan oleh Morgan Oey dan Sheila Dara Aisha ini tampak alami, tak berlebihan dan mengesankan, sehingga Film EGGNOID (2019) ini tidak perlu mengandalkan gombalan gembel untuk membuat penontonnya baper, melihat kebersamaan serta tarik ulur hubungan Eggy dan Ran juga sudah sukses bikin baper. Bukan cuma itu saja, film EGGNOID (2019) ini mempunyai moment mengharukan. Tak disangka juga pada saat adegan time travel, eksekusinya sangat menyentuh dan tak terasa air mata ikutan terjatuh! Huhuhu..


Penampilan dua aktor utama dalam film EGGNOID (2019) ini memang berhasil menghidupkan film ini. Morgan Oey tampil apik sebagai Eggy yang begitu menggemaskan sekaligus polos dalam urusan asmara. Looknya Morgan yang awalnya agak gondrong dan terlihat dewasa, berhasil disulap seperti oppa-oppa Korea atau Jepang yang lucu dan imut. Penampilan Sheila Dara Aisha pun semakin menunjukkan kualitasnya sebagai aktris. Usai kemarin sukses menjadi sisterhood partner dengan Jessica Mila di BRIDEZILLA (2019), kali ini Sheila Dara dalam memerankan Ran tampil sama sekali tidak mengecewakan. Ekspresi bahagia, sedih, kekecewaan hingga marahnya terasa meyakinkan dan natural. Chemistry yang ia bangun dengan Morgan sukses bikin baper pokoknya! Jajaran ensemble cast lainnya pun memberikan nyawanya tersendiri disini. Luna Maya tampil mencuri perhatian sebagai Tante Diani yang periang dan selalu ada untuk keponakannya.
Untuk segi visual pun, film ini sangatlah cantik dan sedikit lebih unggul dari film TERLALU TAMPAN (2019). Warna-warna cerah dan pastel yang selalu muncul disetiap adegan film tampil begitu all-out dengan tambahan sinematografi khas Visinema yang menurutku tak pernah mengecewakan. Visual efek yang dihadirkan pun tidaklah buruk, malah sangat bagus dan jauh lebih keren daripada film superhero Indonesia yang baru saja dirilis kemarin hahaha. Peace! Original soundtrack yang diisi oleh grup band Nidji pun sangat sesuai dan masuk ke dalam inti cerita.
Overall, film EGGNOID (2019) merupakan salah satu film terfavoritku produksi Visinema Pictures. Lagi dan lagi, Visinema memang tak pernah gagal dalam menghadirkan film di bioskop!


[8/10Bintang]

0 comments:

Post a Comment