Wednesday 18 December 2019

[Review] Knives Out: Mengungkap Teka Teki Tersangka Pembunuhan Seorang Konglomerat


#Description:
Title: Knives Out (2019)
Casts: Daniel Craig, Chris Evans, Ana De Harmas, Jamie Lee Curtis, Michael Shannon, Don Johnson, Toni Collette, Christopher Plummer, Katherine Langford, Jaeden Martell, Riki Lindhome, Edi Patterson, K Callan, Lakeith Standfield, Noah Segan, Marlene Forte
Director: Rian Johnson
Studio: Lionsgate, Media Rights Capital, T-Street

#Synopsis:
Fran (Edi Patterson), seorang asisten rumah tangga di istana kediaman Harlan Thrombey (Christopher Plummer) dikejutkan dengan kematian Harlan di ruangannya dengan kondisi leher penuh darah akibat luka di leher yang disayat menggunakan pisau. Kematian Harlan membuat keluarga besar Thrombey Family berduka. 


Seminggu setelah kematian Harlan, pihak kepolisian yaitu Letnan Elliot (Lakeith Standfield) dan rekannya yaitu Tropper Wagner (Noah Segan) datang ke kediaman keluarga Thrombey untuk menyelidiki lebih lanjut soal kematian Harlan. Elliot dan Wagner tidak sendiri, mereka ditemani seorang detektif swasta yaitu Benoit Blanc (Daniel Craig). Blanc mendapat sebuah surat untuk menyelidiki kasus bunuh diri Harlan. Mereka lalu mencoba mengumpulkan semua anggota keluarga Thrombey yang hadir pada saat pesta merayakan ulang tahun Thrombey yang ke-85. 



Pesta tersebut dihadiri oleh Linda (Jamie Lee Curtis) dan suaminya, Richard (Don Johnson). Lalu disana hadir Walt Thrombey (Michael Shannon) yang datang bersama dengan keluarga kecilnya yaitu, Jacob (Jaeden Martell) dan Donna Thrombey (Riki Lindhome). Selain mereka, menantu dari Harlan yaitu Joni Thrombey (Toni Collette) juga datang bersama dengan anaknya Meg (Katherine Langford). Hadir pula Ransom (Chris Evans) yang ikut hadir di pesta itu. Hingga perawat pribadi dari Harlan yakni Marta Cabrera (Ana De Harmas) juga diundang ke pesta ulang tahun Harlan.




Satu persatu anggota keluarga Harlan diwawancara oleh pihak kepolisian dan juga Blanc. Dari sesi wawancara itu Blanc menemukan sebuah kejanggalan. Dirinya yakin bahwa Harlan tidaklah bunuh diri, melainkan ia dibunuh oleh seseorang dari salah satu anggota keluarganya. Namun semua dugaan Blanc itu menumui jalan buntu karena semua orang yang ada di pesta ulang tahun itu masing-masing mempunyai alibi yang kuat.



Blanc terus mencari bukti-bukti sekecil mungkin dari setiap ucapan pada sesi wawancara hingga mencari barang bukti untuk meyakinkan dugaannya. Benarkah kematian Harlan merupakan aksi pembunuhan yang dilakukan oleh salah satu anggota keluarga Thrombey?


#Review:
Film bertema detektif, dibintangi aktor-aktris papan atas, original screenplay dan disutradarai oleh sutradara film Star Wars The Last Jedi yakni Rian Johnson menjadikan film KNIVES OUT (2019) sangat ditunggu kehadirannya. Setelah mengalami penundaan, akhirnya film yang dibintangi Captain America ini tayang secara reguler mulai awal Desember 2019 lalu di Indonesia. Aku sendiri sangat menyesal karena baru menyempatkan untuk menonton film ini tadi malam (17/12). Karena hype film ini sudah kalah pamor oleh film FROZEN 2 (2019) dan JUMANJI: THE NEXT LEVEL (2019). Dan setelah menyaksikan film ini di bioskop, aku benar-benar dibuat takjub dan terpukau dengan keseluruhan film ini.


Untuk segi cerita, sang sutradara dan penulis naskahnya menyajikan film KNIVES OUT (2019) ini penuh dengan teka-teki kasus kematian seorang konglomerat yang dieksekusi sangat santai, fun dan asyik untuk diikuti. Aksi detektif yang menyusun setiap kepingan misterinya tidak dibuat berat dan membosankan. Selipan-selipan humor dari para karakternya disaat rebutan harta warisan sungguh sangat menyentil sekaligus menghibur. Twist berlayer yang dihadirkan di tengah hingga akhir film sukses membuatku terpukau! Clue yang ditebar disepanjang film sukses membuat penonton terkecoh akan si tersangka dalam film ini.
Jajaran pemain yang diisi bintang-bintang kelas A Hollywood pun masing-masing mempunyai karakterisasi yang sangat kuat. Tidak ada satupun karakter yang mubazir dalam film ini. Penampilan James Bond dan Captain America di film KNIVES OUT (2019) ini sukses menyajikan something new and fresh dari mereka berdua. Ana De Harmas suprisingly is really good! Toni Collette yang kemarin gemilang lewat film HEREDITARY (2018) kali ini tampil menghibur dan genit.


Untuk segi visual, artistik dan sinematografi, film KNIVES OUT (2019) ini tampil sangat apik. Atmosfer film ini terasa kuat memadukan antara klasik dan modern disetiap adegannya. Tata artistik, musik dan sinematografinya pun dibuat sedetail mungkin sehingga membuat penonton serasa menjadi bagian dari keluarga Thrombey itu sendiri.
Overall, film KNIVES OUT (2019) adalah salah satu film Hollywood TERBAIK dan MENGHIBUR di tahun ini. Sangat ikhlas jika film ini panen piala di ajang penghargaan film bergengsi yang diselenggarakan awal tahun depan!


[9.9/10Bintang]

0 comments:

Post a Comment