Monday 27 January 2020

[Review] Temen Kondangan: Kekacauan Pesta Pernikahan Akibat Hadirnya Mantan


#Description:
Title: Temen Kondangan (2020)
Casts: Prisia Nasution, Gading Marten, Samuel Rizal, Olivia Jensen, Reza Nangin, Kevin Julio, Diah Permatasari, Pierre Gruno, Feby Febiola, Iszur Muchtar, Chika Waode, Sahira Anjani, Ovi Dian, Yeslin Wang, Oline Mendeng, Imelda Therinne, Melissa Karim
Director: Iip Sariful Hanan
Studio: MNC Pictures

#Synopsis:
Ditengah-tengah rutinitasnya sebagai pekerja kantoran sekaligus seleb Instagram populer, Putri (Prisia Nasution) mendapatkan sebuah undangan pernikahan dari Dheni (Samuel Rizal), mantan kekasihnya yang kini akan segera menikah dengan pacarnya, Fitri (Olivia Jensen), anak bos perusahaan media terkenal di Jakarta. Pernikahan Dheni dan Fitri ini menjadi pusat perhatian karena Dheni merupakan anak dari keluarga sukses di Jakarta.


Gara-gara didesak oleh para netizen, Putri yang sebenarnya sudah move-on, terpaksa harus menerima tantangan untuk hadir ke pesta pernikahan Dheni dan Fitri. Dengan dibantu oleh asistennya yaitu Sari (Chika Waode), Putri lalu mencari calon pendamping untuk menghadiri undangan itu. Kandidat pertama, Sari memberi referensi sepupunya yaitu Juna (Kevin Julio) yang sudah berpengalaman melayani jasa pendamping ke acara pernikahan. Namun Juna tidak pernah merespon disaat Putri membutuhkannya. Pilihan kedua, Putri langsung teringat pada bossnya yaitu Pak Galih (Gading Marten). Namun Putri tak yakin juga bisa mengajak bossnya itu untuk menemaninya ke undangan pernikahan. Kebingungan pun melanda Putri. Ia tak mungkin datang ke undangan pernikahan mantannya seorang diri. Putri mempunyai prinsif pantang untuk datang sendirian ke acara mantan, ditambah lagi ia tak ingin menjadi bahan gosip dari sesama seleb Instagram yang selalu memberikan gosip-gosip tak jelas yaitu Mawar (Oline Mendeng).



Keesokan harinya, Putri tak sengaja bertemu dengan Yusuf (Reza Nangin), teman semasa SMA di Bandung yang kini berprofesi sebagai vokalis band. Pertemuan itu membuat Yusuf senang karena pujaan hatinya selama masa sekolah itu meminta dirinya untuk menemani ke pesta pernikahan. Hari pernikahan pun tiba. Putri akhirnya datang ke pesta pernikahan Dheni dan Fitri bersama dengan Yusuf. Reaksi dari para teman-temannya yaitu Lulu (Ovi Dian), Olive (Sahira Anjani) dan Gaby (Yeslin Wang) bahagia akhirnya Putri bisa move-on dari sang mantan.



Hal tak terduga pun terjadi. Pak Galih tiba-tiba menghubungi Putri bahwa ia telah tiba di lokasi undangan. Tak hanya itu saja, Juna pun hadir di acara pernikahan dan menganggap dirinya partner undangannya Putri. Melihat ketiga pria yang tak diharapkan untuk menjadi partner undangannya membuat Putri panik dan kebingungan. Keadaan semakin kacau disaat Pak Galih mempunyai misi tersendiri saat datang ke pesta pernikahan Dheni dan Fitri. Begitu juga dengan Juna yang rupanya adalah seorang Wedding Crasher yang telah dipantau oleh para Wedding Organizer, termasuk Supervisor Wedding Organizer yang menghandle acara pernikahan Dheni dan Fitri yaitu Bu Angel (Imelda Therinne). Kepanikan juga turut menghampiri Juna. Tak disangka, band yang mengisi acara pernikahan itu ternyata grup band dirinya sendiri. Juna pun akhirnya harus menerima jika ia didepak dari grup band karena sang vokalis utamanya kini sudah pulang dari Eropa.


Kekacauan demi kekacauan terus terjadi. Kedua mempelai pernikahan ribut. Begitu juga dengan kedua orangtua mereka yang mengalami adu mulut hingga konflik terus melebar kemana-mana. Moment pernikahan Dheni dan Fitri menjadi kacau balau. Fitri kecewa karena Dheni masih saja mengundang Putri, padahal sudah dilarang oleh Fitri.


#Review:
Salah satu rumah produksi film Indonesia yang paling produktif menghadirkan film-film dengan original storynya yaitu MNC Pictures pada penghujung bulan Januari 2020 ini siap menghadirkan sebuah film bergenre komedi terbaru berjudul TEMEN KONDANGAN (2020).
Dijumpai pada saat sesi Media Screening hari Sabtu, 25 Januari 2020 lalu di CGV Grand Indonesia, Lukman Sardi selaku Creative & Associate Producer MNC Picture mengungkapkan, awal ide film ini berasal dari apa yang dirasakan dan kegelisahan para netizen diluar sana seputar mendapat undangan pernikahan dari mantan. Ide menggelitik ini kemudian dikembangkan menjadi sebuah naskah film yang ditulis oleh Priesnanda Dwisatria dan Fauzan Indra. MNC Pictures kemudian menunjuk sutradara Iip Sariful Hanan untuk menahkodai film TEMEN KONDANGAN (2020) ini. Nama Kang Iip memang terbilang baru di industri perfilman Indonesia, pasalnya film ini menjadi debut pertama baginya dalam menggarap sebuah film layar lebar. Tapi hal tersebut tak membuat Kang Iip kesulitan, pasalnya sebelum menggarap film ini, Kang Iip sudah sukses sebagai sutradara sinetron stripping populer di RCTI yaitu TUKANG OJEK PENGKOLAN dan DUNIA TERBALIK.




Suasana Press Conference Film TEMEN KONDANGAN (2020) yang dihadiri para pemain, produser dan juga sutradara setelah pemutaran film.

Pada saat sesi Press Conference yang dihadiri para produser, sutradara dan juga casts, aktris Prisia Nasution, Olivia Jensen dan aktor Samuel Rizal dan Reza Nangin mengungkapkan bahwa selama proses shooting film TEMEN KONDANGAN (2020) ini banyak sekali kejadian-kejadian lucu. Tak cuma itu saja, karena sering bertemu di lokasi selama berminggu-minggu membuat seluruh casts yang mayoritas aktor-aktris papan atas Indonesia ini cukup mudah dalam membangun chemistry dan keseruan dalam film. Reza Nangin pun menambahkan, kegilaan yang diciptakan di lokasi shooting selalu berhasil memancing tawa seluruh team produksi film.
Ada hal menarik yang diungkapkan oleh Lukman Sardi dan Kang Iip. Plot cerita film ini berkisah dalam satu hari saja pada saat acara pernikahan. Tapi kenyataannya, proses shooting untuk adegan di acara pernikahan itu saja memakan hingga 12 hari. Mereka menyewa gedung dan mendekorasinya menjadi set pernikahan untuk keperluan proses shooting film. Alhasil tim produksi dan editing film ini harus jeli dan konsisten dalam melakukan pengeditan agar terlihat meyakinkan bahwa kekacauan acara pernikahan itu terjadi satu hari.
Untuk segi cerita, film ini memang cukup berhasil menghadirkan tawa penonton disaat terjadi kekacauan di pesta pernikahan. Konflik yang dihadirkan pun bagaikan bola salju yang terus menggelinding, melebar dan membesar hingga ke akhir cerita. Paruh awal film menurutku cukup sukses menampilkan background karakter Putri yang berprofesi sebagai wanita karier sekaligus selebgram. Logat sunda yang ditampilkan Prisia Nasution surprisingly bagus dan memancing tawa penonton. Konflik pun dimulai disaat karakter Putri tiba di lokasi acara pernikahan. Kegilaan para penulis naskah dalam menghadirkan hal-hal komedi dalam film ini awalnya sangat menghibur, tapi lama kelamaan membuat kami lelah. Alhasil beberapa subplot konflik lewat karakter selain Putri, Dheni, Fitri dan Galih terasa sangat dipaksakan untuk ada.


Untuk jajaran pemain, film TEMEN KONDANGAN (2020) memang harus diakui mempunyai ensemble casts yang cukup menggiurkan. Aktris Prisia Nasution yang lebih dikenal sebagai aktris spesialis drama dan action tampil menghibur sebagai seorang wanita sunda. Logat sundanya terasa pas, konsisten dan tidak maksa. Karakter Galih yang diperankan Gading Marten menurut kami terasa annoying disaat berkomedi. Reza Nangin kali ini mengeluarkan kemampuan aktingnya dalam memerankan karakter Yusuf. Hadirnya aktris cantik Olivia Jensen dalam film ini sukses mengobati kerinduan kami akan aktingnya di film layar lebar, namun sayang porsi karakter Fitri tidak terlalu dieksplor lebih banyak lagi.
Untuk segi visual, tata musik dan editing, film ini bermain di level yang aman, khas film-film MNC Pictures sebelumnya. Teknik editing dialog khas film PREMAN PENSIUN (2019) tiba-tiba dimunculkan di paruh akhir film. Namun sayang, menurut kami kejutan ini tidak terlalu menghibur seperti film dibintangi Epy Kusnandar itu.
Overall, film TEMEN KONDANGAN (2020) merupakan sebuah film komedi yang cukup menghibur dan penuh kegilaan disaat datang ke pesta pernikahan mantan!


[6.5/10Bintang]

0 comments:

Post a Comment