Wednesday 12 February 2020

[Review] Toko Barang Mantan: Ketika Cewek Butuh Kepastian


#Description:
Title: Toko Barang Mantan (2020)
Casts: Reza Rahadian, Marsha Timothy, Dea Panendra, Iedil Putra, Roy Marten, Widi Mulia, Syifa Hadju, Brigitta Cynthia, Cemen, Fendy Chow, Stella Cornelia, Ligwina Hananto, Mpok Atiek, Laura Theux, Shareefa Daanish, Gading Marten, Valentino Peter
Director: Viva Westi
Studio: MNC Pictures


#Synopsis:
Tristan (Reza Rahadian) bersama dengan kedua temannya yaitu Amel (Dea Panendra) dan Rio (Iedil Putra) membuka toko yang menerima dan menjual barang-barang mantan dari para customernya. Toko Barang Mantan yang dikelola Tristan ini mempunyai kelebihan dibandingkan toko penjual barang lainnya. Tristan, Amel dan Rio selalu meminta kisah disetiap barang dari para customer. 


Setiap harinya Toko Barang Mantan selalu ada saja yang ingin menjual barang ke toko mereka. Namun suatu hari, Toko Barang Mantan kedatangan mantan dari Tristan yaitu Laras (Marsha Timothy) yang membawa undangan pernikahan dengan sang kekasih yaitu Rio (Valentino Peter). Seketika perasaan Tristan hancur mendengar pujaan hatinya itu akan segera menikah dengan pria lain. Tristan sebetulnya masih mencintai Laras, namun karena Laras adalah seorang perempuan yang membutuhkan kepastian untuk masa depan, akhirnya hubungan keduanya berakhir.



Melihat calon suami Laras yang mempunyai pendidikan tinggi dan pekerjaan yang mapan membuat Tristan kini mulai berfikir untuk bisa memperbaiki hidupnya dan berusaha keluar dari zona nyamannya. Tristan mulai kembali mencoba menjalin komunikasi dengan Sang Ayah (Roy Marten) yang kini sudah hidup bahagia dengan istri barunya (Widi Mulia). Tak hanya itu saja, Tristan pun kini mencoba menaikkan penjualan Toko Barang Mantan namun tak sesuai dengan visi dan misi yang selama ini ia dan Amel dan Rio terapkan. Tristan bahkan berencana untuk melanjutkan kuliah dan skripsinya yang telah lama terbengkalai gara-gara fokus pada membangun usaha Toko Barang Mantan.



Namun segala upaya yang dilakukan Tristan itu membuat orang-orang disekitarnya menjadi kecewa dan sakit hati. Hidup Tristan berubah drastis demi mengejar cinta lamanya tanpa memperdulikan perasaan orang lain, termasuk Laras sendiri. Apakah usaha yang Tristan lakukan selama ini akan sia-sia?


#Review:
Di bulan Februari ini, MNC Pictures siap menghadirkan film Indonesia terbarunya berjudl TOKO BARANG MANTAN (2020) yang akan tayang di bioskop mulai 20 Februari 2020 mendatang. Kemarin, (11/2) Gala Premiere Film TOKO BARANG MANTAN (2020) sukses digelar di Cinema XXI Epicentrum Jakarta.


Dekorasi Gala Premiere Film TOKO BARANG MANTAN (2020)
di Cinema XXI Epicentrum Jakarta
(Photo by: Instagram Cinemaylo Movie Review)

Dijumpai pada saat sesi Press Conference usai pemutaran film di Media Screening, Lukman Sardi selaku Creative Producer MNC Pictures mengungkapkan, original story film TOKO BARANG MANTAN (2020) ini berawal dari ide tim kreatif MNC Pictures ketika sedang membahas soal masalah percintaan. Ide sederhana soal barang-barang pemberian mantan ini kemudian ceritanya dikembangkan oleh sang penulis skenario yaitu Titien Wattimena. Proses pengembangan cerita ini, Tinut mengungkapkan sangat didukung oleh sang sutradara yaitu Viva Westi. Keduanya saling berkolaborasi untuk membangun drama kisah cinta romantis komedi dalam film ini.


Booth Toko Barang Mantan disediakan oleh MNC Pictures di area lobby luar untuk Tamu Undangan Gala Premiere yang ingin menyumbangkan barang-barang pemberian dari mantan.
(Photo by: Cinemaylo Movie Review)

Aktor Reza Rahadian juga mengungkapkan ia sangat tertarik dan menyukai ide dan konsep cerita film ini. Tak hanya itu saja, ia merasa sangat bahagia akhirnya salah satu impiannya bisa beradu akting dengan aktris papan atas Indonesia yaitu Marsha Timothy diwujudkan oleh MNC Pictures lewat film TOKO BARANG MANTAN (2020). Film ini juga menjadi film kolaborasi pertama antara Reza Rahadian dan Marsha Timothy dalam satu judul film. Reza juga menambahkan, referensi dirinya untuk membangun karakter Tristan yang berambut gondrong, ia melakukan pengamatan pada salah satu rekannya yang berambut gondrong. Reza juga selalu memberikan referensi sekaligus berdiskusi soal penampilan dan gaya busana karakter Tristan dengan sang sutradara.


Sesi foto pada Press Conference film TOKO BARANG MANTAN (2020) yang dihadiri para produser, sutrdara, penulis skenario dan para pemain
(Photo by: Cinemaylo Movie Review)

Untuk segi cerita, film TOKO BARANG MANTAN (2020) ini rupanya tidak seringan dan seunik judulnya. Titien Wattimena mengemas kisah cinta antara Tristan dan Laras dengan perspektif soal pemahaman dan pandangan arti cinta dari keduanya yang sangat bersebrangan. Penonton diajak untuk mengenal secara personal masing-masing karakter dengan cukup baik dan meyakinkan. Karakter Tristan menjelma sebagai sosok yang keras kepala, gengsian dan mempunyai pendirian kukuh terhadap satu hal. Sementara itu, karakter Laras muncul sebagai seorang perempuan yang selalu meminta kepastian. Konflik percintaan mereka yang tarik ulur sukses membuat emosi penonton diaduk-aduk. Dialog-dialog penuh emosi dari keduanya ditampilkan sangat luar biasa. Moment manis hingga pertengkaran keduanya sangat realistis. Tak cuma itu saja, Reza Rahadian juga sukses menampilkan Tristan dengan pesona playboy namun dengan kadar yang sangat pas. Timing gombalannya selalu tepat sasaran. Yang cukup membuat kami kecewa terhadap film ini mengenai babak akhir film yang terasa sangat dipaksakan untuk berakhir bahagia. Plot soal hubungan asmara antara Laras dan Rio pun sama sekali tidak ditampilkan lebih jelas, hanya berdasarkan dari dialog Laras saja.


Chemistry Reza Rahadian dengan para pegawainya juga surprisingly selalu membuat kami tertawa. Moment komedi yang dihadirkan Reza dengan Dea Panendra dan Iedil Putra juga tampil natural tak berlebihan. Deretan pemeran pendukung lainnya yang berperan sebagai customer Toko Barang Mantan selalu berhasil menjadi moment komedi yang bagus dan memecah tawa. Kapan lagi coba sebuah toko menerima barang berupa sobekan tiket bioskop! Haha.


Sesi foto usai Press Conference film TOKO BARANG MANTAN (2020) di Lounge Cinema XXI Epicentrum Jakarta
(Photo by: MNC Pictures)

Overall, film TOKO BARANG MANTAN (2020) menjadi salah satu film drama romantis komedi Indonesia paling memukau di awal tahun ini. Kolaborasi Viva Westi, Titien Wattimena, Reza Rahadian dan Marsha Timothy ini sangat tidak boleh untuk dilewatkan begitu saja! Siap tayang di bioskop Indonesia mulai 20 Februari 2020 mendatang. Don't miss it!



[8/10Bintang]

0 comments:

Post a Comment