Wednesday 7 June 2023

[Review] The Boogeyman: Sosok Misterius Yang Sering Menyerang Dalam Gelap!



#Description:
Title: The Boogeyman (2023)
Casts: Sophie Thatcher, Vivien Lyra Blair, Chris Messina, David Dastmalchian, Marin Ireland, Madison Hu, LisaGay Hamilton
Director: Rob Savage
Studio: 20th Century Studios, 21 Laps Entertainment


#Synopsis:
Setelah satu bulan berkabung atas kematian sang ibu, Sadie Harper (Sophie Thatcher) mulai bangkit dan kembali melanjutkan hidup bersama adiknya, Sawyer Harper (Vivien Lyra Blair) dan sang ayah, Will Harper (Chris Messina). Sadie kembali bersekolah dan berusaha untuk tidak lagi mengingat kecelakaan yang menimpa ibunya itu. Disisi lain, Will juga mulai disibukkan kembali dengan pekerjaan sebagai Psikiater untuk beberapa pasien langganannya.
Suatu hari, Will kedatangan seorang pria bernama Lester Billings (David Dastmalchian) yang ingin berkonsultasi. Lester mengaku sudah angkat tangan dan tidak tahu lagi kepada siapa untuk menceritakan semua pengalaman buruk yang menimpa keluarganya. Lester sudah ditetapkan sebagai tersangka kasus kematian ketiga anaknya. Namun Lester sama sekali tidak mengakui perbuatannya itu. Lester menyesal karena telat mempercayai tentang sosok misterius yang selama ini mengganggu anak-anaknya itu. Lester hanya ingin membuktikan jika dirinya sama sekali tidak bersalah dan meminta bantuan pada Will. Mendengar semua yang diucapkan Lester membuat Will terkejut sekaligus panik. Ia berusaha bersikap tenang agar tak menyinggung perasaan Lester.
Sementara itu, Sadie yang kembali ke sekolah merasa tidak nyaman dengan sikap empati yang diberikan oleh teman-temannya. Sadie menganggap jika mereka semua palsu dan berkedok saja saat berbelasungkawa akan kematian ibunya itu. Gara-gara salah paham itulah, Sadie memutuskan secepatnya pulang ke rumah. Setibanya di rumah, Sadie mendengar suara-suara aneh dari kamar ganti milik ibunya di ujung rumah. Sadie dan Will kemudian terkejut saat melihat Lester ditemukan tewas tergantung di balik pintu kamar tersebut. Kematian Lester membuat Sadie dan Sawyer ketakutan. Untungnya sang ayah berusaha menenangkan kedua anaknya itu dan berjanji semuanya akan baik-baik saja. 
Waktu terus bergulir. Setiap malam, Sawyer tidak bisa tidur dengan keadaan gelap. Meskipun ditemani dengan banyak lampu, namun Sawyer sering merasakan gangguan aneh yang muncul dari pintu kamar gantinya. Beberapa kali ia sering melihat sorot mata misterius dalam kegelapan dan berusaha menyerangnya. Kejadian itu akhirnya menimbulkan trauma yang semakin parah dalam diri Sawyer. Ia semakin histeris jika sedang dalam kondisi minim cahaya. Will kemudian mengajak anaknya itu untuk bertemu Psikolog anak dan mengatasi trauma berat dalam menghadapi situasi gelap. Selama menjalani terapi, Sawyer selalu gagal menghadapi ketakutannya itu.
Sementara itu, Sadie diam-diam menyelidiki tentang Lester Billings. Pencarian informasi tentang keluarga Lester menuntun Sadie mengunjungi rumahnya yang sudah lama tak berpenghuni. Setelah masuk, Sadie menemukan sebuah fakta tak terduga tentang keluarga Lester dan sosok yang selama ini menghantui dirinya dan juga sang adik. Apa yang sebenarnya terjadi? 


#Review:
Rumah produksi 20th Century Fox siap memeriahkan Summer Movies tahun ini dengan film bergenre horror berjudul THE BOOGEYMAN (2023). Film ini merupakan adaptasi dari cerpen karya Stephen King dan disutradarai oleh Rob Savage. Sekedar informasi, saat awal pandemi CoVid-19 dan Lockdown melanda dunia di tahun 2020 lalu, Rob Savage sukses menggemparkan para pecinta film horror lewat karyanya yang berjudul HOST (2020). Film bertema screenlife horror yang mengandalkan User Interface aplikasi Zoom Meeting ini tampil sangat related sekaligus mencekam dengan alur cerita dan ide jump scared yang brilian. Bahkan di situs Rotten Tomatoes, film HOST (2020) mendapat predikat Certified Fresh dengan rating mencapai 99%. Akupun langsung optimis jika suatu saat nanti, rumah produksi besar Hollywood pasti bakal melirik Rob Savage untuk mengerjakan sebuah project film layar lebar.
Dan harapanku pun terwujud di tahun ini. Rob Savage dipercaya untuk menggarap film THE BOOGEYMAN (2023), salah satu cerita populer yang ditulis oleh Stephen King. Aku berkesempatan hadir pada acara Premiere film THE BOOGEYMAN (2023) yang diselenggarakan pada 31 Mei lalu di Cinema XXI Senayan City, Jakarta Pusat. Terima kasih @HabisNontonFilm atas undangan tiketnyaa!
Untuk segi cerita, cerita pendek THE BOOGEYMAN (2023) cukup berhasil dikembangkan menjadi lebih luas oleh Rob Savage dan tim penulis naskah yaitu Scott Beck, Bryan Woods dan Mark Heyman. Kisah keluarga Will Harper yang tiba-tiba diganggu oleh sosok misterius itu berjalan dengan Pace yang lumayan lambat. Ditambah lagi, moment-moment kemunculan The Boogeyman juga dibuat secara perlahan sehingga bikin penonton makin penasaran. Di kesempatan ini, sang sutradara berhasil memaksimalkan sensasi horrornya. Pemanfaatan cahaya terang dan gelap jadi wahana untuk Jump Scared benar-benar maksimal. Ada satu adegan horror dieksekusi dengan sangat singkat dan bikin penonton berteriak! Gokil sih. Namun disaat film ini melakukan reveal misteri yang sudah terjadi, sensasi horror yang sudah tercipta maksimal itu berpindah haluan menjadi terror fantasi khas cerita-cerita dari Stephen King. Aku sih termasuk yang kurang suka dengan Third-Act dari film ini yang malah jadinya seperti film-film monster dan alien gitu.


Untuk jajaran pemain, performance dari Sophie Thatcher, Vivien Lyra Blair dan Chris Messina tidaklah mengecewakan. Ekspresi, gesture dan rasa ketakutan mereka bisa terpancar kuat. Tektokan Family Chemistry diantara mereka berdua juga cukup meyakinkan. Overall, film THE BOOGEYMAN (2023) tampil cukup memuaskan dan jadi salah satu film adaptasi cerita Stephen King yang tidak buruk. Tayang di bioskop Indonesia mulai 9 Juni 2023. Jangan sampai terlewatkan ya!


[7.5/10Bintang]

0 comments:

Post a Comment