Friday 2 June 2023

[Review] Spider-Man Across The Spider-Verse: Ketika Miles Morales Berusaha Melawan Takdir Yang Seharusnya Terjadi!




#Description:
Title: Spider-Man Across The Spider-Verse (2023)
Casts: Shameik Moore, Hailee Steinfeld, Brian Tyree Henry, Luna Lauren, Jake Johnson, Jason Schwartzman, Issa Rae, Karan Soni, Daniel Kaluuya, Oscar Isaac, Shea Whigham, Greta Lee, Mahershala Ali, Amandla Stenberg, Rachel Dratch, Jorma Taccone
Director: Joaquim Dos Santos, Kemp Powers, Justin K. Thompson
Studio: Columbia Pictures, Sony Animation, Marvel Entertainment, Sony Pictures


#Synopsis:
Setelah berhasil menggagalkan rencana perusahaan Alchemax yang dipimpin oleh Kingpin (Liev Schreiber), Miles Morales (Shameik Moore) dan Gwen Stacy (Hailee Steinfeld) kembali melanjutkan hidup di dunia mereka masing-masing. Miles tumbuh menjadi remaja yang terus beradaptasi dengan kekuatan barunya sebagai Spider-Man di Brooklyn. Selain itu, Miles juga dituntut menjadi siswa yang berprestasi oleh kedua orang tuanya agar bisa masuk ke universitas terbaik disana. 


Permasalahan muncul disaat Miles Morales mendeteksi adanya ancaman baru disekitarnya. Ancaman tersebut datang dari sosok misterius bernama The Spot (Jason Schwartzman) yang bisa melakukan teleportasi melalui lubang hitam yang ia ciptakan. Miles pun berusaha menghentikan aksi The Spot yang kehadirannya mengganggu banyak orang. Aksi kejar-kejaran pun tak terhindarkan. The Spot kemudian membawa Miles Morales ke lokasi reruntuhan laboratorium Alchemax dan disanalah ia menemukan fakta tentang sosok The Spot yang sebenarnya. Selain itu, The Spot juga mengungkapkan jika kekuatan Spider-Man yang saat ini dimiliki Miles Morales berasal dari seekor laba-laba tapi dari dimensi dunia lain yang tak sengaja masuk saat peristiwa ledakan di Alchemax.


Sementara itu, Gwen Stacy berusaha menutupi dirinya sebagai Spider-Woman dari ayahnya. Hal tersebut terpaksa ia lakukan lantaran Spider-Woman dianggap sebagai penyebab kematian dari sahabatnya, Peter Parker yang berubah menjadi Lizard demi mendapatkan kekuatan super. Suatu ketika, Gwen harus menghadapi musuh baru yaitu Vulture (Jorma Taccone) yang datang dari dimensi dunia Renaissance-Italian. Hal tersebut membuat Miguel O'Hara (Oscar Isaac) dan Jessica Drew (Issa Rae) yang datang dari dimensi lain datang ke dunia Gwen Stacy untuk membantu menghentikan Vulture. Setelah kejadian itu, identitas Gwen sebagai Spider-Woman pun akhirnya diketahui oleh ayahnya. Gwen terpaksa melarikan diri dari dunianya dan pergi mengikuti Miguel dan Jessica untuk bergabung menjadi anggota Spider Society. 


Waktu terus berjalan. Gwen yang kini sudah menjadi bagian Spider Society, diam-diam memanfaatkan kekuatan berpindah dimensi dunia untuk menemui Miles Morales sekaligus membantu Miles menangkap The Spot. Namun sayang, rencana tersebut diketahui oleh Jessica. Ia pun meminta Gwen untuk segera pergi meninggalkan Miles dan berfokus menangkap The Spot. Keadaan menjadi kacau disaat The Spot berhasil pindah ke dimensi dunia lain. Jessica dan Gwen kemudian pergi menuju dimensi dunia di Mumbattan, India. Disana mereka bertemu dengan Spider-Man lainnya yaitu Pavitr Prabhakar (Karan Soni) dan Hobie Brown (Daniel Kaluuya). Empat Spider-Man ini kemudian bersatu untuk menghentikan The Spot agar tidak terjadi kekacauan yang lebih besar lagi. Permasalahan baru kembali muncul disaat Miles ternyata ikut masuk ke Mumbattan. Ia pun ikut serta membantu keempat rekannya itu untuk menghentikan The Spot yang kekuatannya semakin kuat.
Disaat para Spider-Man berjuang mengalahkan The Spot, tiba-tiba saja Miles Morales melihat banyak pengelihatan masa depan tentang kematian ayahnya ditangan The Spot serta kehancuran Mumbattan dan kematian dari seorang polisi yang tak lain adalah ayah dari pacarnya Pavitr Prabhakar. Tak tinggal diam, Miles Morales langsung menyelamatkan orang tersebut meskipun mendapat larangan dari Jessica dan Gwen. Apa yang dilakukan Miles tersebut nantinya berdampak untuk semesta Spider-Verse secara keseluruhan karena Miles telah mengubah sebuah takdir yang seharusnya terjadi.



Miguel pun memanggil Miles Morales, Gwen Stacy, Jessica Drew dan Hobie Brown ke markas Spider Society untuk dimintai keterangan sekaligus pertanggungjawaban jika kedepannya semesta Spider-Verse mengalami anomali. Miles kemudian tersadar jika takdir semua Spider-Man memang harus kehilangan orang-orang dicintainya. Miguel O'Hara selaku pimpinan Spider Society yang telah lama menjaga keutuhan semesta Spider-Verse dan sudah mencoba mengubah takdir pun meminta Miles Morales menjalani hidup sesuai dengan takdir. Miles masih percaya pada keyakinan dirinya jika mengubah takdir dalam hidupnya itu tidak akan berdampak besar pada semesta Spider-Verse. Miguel semakin marah saat Miles kabur dari Spider Society. Aksi kejar-kejaran pun tak terhindarkan dengan melibatkan para Spider-Man disana.


Sebuah fakta mengejutkan tentang Miles Morales akhirnya terkuak dari Miguel O'Hara. Fakta tersebutlah yang membuat Miguel sangat percaya jika Miles Morales tidak menjalani hidupnya sesuai dengan takdir, maka kekacauan di semesta Spider-Verse akan lebih besar lagi. Apa yang sebenarnya terjadi pada Miles Morales?


#Review:
Sony Animation Pictures akhirnya merilis sekuel film Spider-Man versi Miles Morales di bioskop Indonesia mulai 31 Mei lalu. Film animasi yang berjudul SPIDER-MAN ACROSS THE SPIDER-VERSE (2023) ini menjadi salah satu film yang paling ditunggu kehadirannya lantaran pencapaian luar biasa film pertamanya yaitu SPIDER-MAN INTO THE SPIDER-VERSE (2018) yang berhasil menyabet Piala Oscars dan Piala Golden Globes untuk kategori Best Animated Feature.


Di sekuelnya kali ini, Trio sutradara Joaquim Dos Santos, Kemp Powers dan Justin K. Thompson menghadirkan kelanjutan cerita Miles Morales more bigger than the first. Alur cerita tidak lagi berpusat pada sosok Miles Morales. Semua Spider-Man dan Villan The Spot yang muncul di film animasi ini mendapatkan porsi cerita yang seimbang dan memiliki keterkaitan satu sama lain. Meskipun plot cerita terasa lebih panjang, padat dan Complicated, film ACROSS THE SPIDER-VERSE (2023) juga memiliki serangkaian Plot Twist dan Easter Egg melimpah yang Unpredictable. Aku jadi penasaran, apakah Spider Society nantinya bisa saja terkoneksi dengan TVA yang ada di serial LOKI (2021)? Hahaha.


Yang lebih gilanya lagi, film ACROSS THE SPIDER-VERSE (2023) benar-benar mendefinisikan Multiverse of Madness yang sesungguhnya! Bagi penggemar setia superhero Marvel Spider-Man, film ini serasa seperti kado ulang tahun paling spesial dalam hidup. Definisi Spider-Verse bisa digambarkan dengan sangat mencengangkan lewat grafik animasinya yang makin menggila. Yang paling aku suka tentunya transisi dan ciri khas setiap Universe nya tampil sangat memanjakan mata. Kegilaan visualnya semakin dipercantik dengan Scoring dan musiknya yang selalu tepat sasaran. Beberapa kali aku bisa mengikuti hentakan dan irama lagu-lagu yang muncul dalam film ini. Keren banget!


Untuk jajaran pengisi suara, film ACROSS THE SPIDER-VERSE (2023) juga tak kalah bagusnya. Shameik Moore dan Hailee Steinfeld semakin gemilang menghidupkan karakter Miles dan Gwen. Kehadiran karakter baru yang melimpah juga semakin meramaikan film ini. Oscar Isaac sebagai Miguel O'Hara totalitas banget! Suaranya tegas dan aura intimidatif nya ituloh ngeri! Selain itu, penampilan karakter Spider-Woman yang naik motor, Spider-Punk, Spider-India dan yang lainnya juga sangat mencuri perhatian karena setiap karakter memiliki visual animasi yang beraneka ragam. Mungkin kekurangan dari film ini cuma satu sih, yaitu saat filmnya selesai dan berlanjut di babak BEYOND THE SPIDER-VERSE (2024) yang tayang tahun depan.
Tanpa basa-basi lagi, film SPIDER-MAN ACROSS THE SPIDER-VERSE (2023) auto jadi Best Animated Feature of the year!


[9.5/10Bintang]

0 comments:

Post a Comment