Tuesday 30 May 2023

[Review] Hati Suhita: Drama Rumah Tangga & Cinta Segitiga Pengurus Pesantren!




#Description:
Title: Hati Suhita (2023)
Casts: Nadya Arina, Omar Daniel, Anggika Bolsterli, Ibrahim Risyad, Devina Aureel, Desy Ratnasari, David Chalik, Widyawati, Slamet Rahardjo, Wafda Saifan, Tanta Ginting, Tutus Thomson, Joshua Suherman, Ariyo Wahab, Eksanti
Director: Archie Hekagery
Studio: Starvision Plus


#Synopsis:
Sejak kecil, Alina Suhita (Nadya Arina) dititipkan oleh kedua orangtuanya ke Pesantren di Kediri, Jawa Timur. Pesantren tersebut dipimpin oleh Kyai Hannan (David Chalik) dan Ummi (Desy Ratnasari). Keduanya sangat yakin jika Alina bisa menjadi sosok santriwati panutan selama tinggal disana. Selain itu, Kyai Hannan juga telah mempersiapkan Alina sebagai calon pemimpin untuk mengelola Pesantren nantinya. Berkat kecerdasan serta kemandiriannya itu, Alina tumbuh menjadi sosok yang sangat dikagumi para santri disana. Sebelum memimpin Pesantren, Alina tidak boleh sendirian. Ia diharuskan menikah dengan anak dari Kyai Hannan yaitu Abu Rayyan Albirruni atau yang lebih akrab dipanggil Gus Birru (Omar Daniel). Kedua orangtua Alina dan Gus Birru memang sudah memiliki rencana untuk menjodohkan anak mereka saat sudah dewasa.


Namun sayang, perjodohan tersebut menjadi masalah bagi Alina dan juga Gus Birru. Keduanya hanya sebatas rekan semasa menjadi santri di Pesantren dan Gus Birru juga sudah memiliki pacar yaitu Ratna Rengganis (Anggika Bolsterli). Perasaan suka dan cinta sama sekali tidak ada dalam diri mereka berdua. Tapi mau tak mau Alina dan Gus Birru harus segera menggelar pernikahan demi kebahagiaan Kyai Hannan dan Ummi.
Pernikahan pun akhirnya digelar. Alina dan Gus Birru resmi menikah atas dasar kepentingan kedua orang tua mereka. Meskipun tanpa cinta, Alina tetap berusaha menjadi istri yang baik bagi Gus Birru. Setelah acara resepsi selesai, tak disangka Gus Birru mengatakan jika ia terpaksa menikah dan tidak mencintai Alina. Gus Birru juga tidak akan menyentuh Alina karena dirinya hanya ingin menikah dengan pacarnya yaitu Rengganis. Mendengar pekataan tersebut membuat Alina sakit hati. Namun ia berusaha untuk tetap terlihat bahagia dihadapan Kyai Hannan, Ummi dan orang-orang disekitarnya.


Seiring berjalannya waktu, hubungan Alina dan Gus Birru semakin merenggang. Gus Birru masih saja berusaha untuk mengejar cinta Rengganis meskipun pacarnya itu sudah berada di fase menerima kenyataan. Alina tetap berusaha menjadi istri yang baik meskipun harus dibayang-bayangi oleh hubungan masa lalu Gus Birru dengan Rengganis. Berbagai cara dilakukan oleh Alina agar sang suami bisa menerima dirinya. Namun sayang, semua usaha Alina sia-sia.


Permasalahan baru muncul disaat Kyai Hannan dan Ummi menggoda Alina dan Gus Birru untuk segera mempunyai anak. Alina semakin stres karena sudah berbulan-bulan menikah tapi sikap Gus Birru tidak ada perubahan sama sekali. Atas saran dari sahabatnya yaitu Aruna (Devina Aureel), Alina pun mengubah sikapnya menjadi lebih cuek terhadap sang suami. Disaat Alina berusaha berdamai dengan keadaan, muncul sosok pria lain yaitu Dharma (Ibrahim Risyad) yang sudah mengagumi perjuangan hidup Alina. Kehadiran Dharma lumayan mengobati rasa sakit hati Alina dari Gus Birru.



Suatu hari, Gus Birru kedatangan tamu teman-teman kerjanya yaitu Rizal (Tanta Ginting), Zaki (Tutus Thomson) dan juga Rengganis ke rumah. Alina dibuat terkejut saat melihat wanita pujaan suaminya itu ada dihadapan dirinya. Suasana pun menjadi serba canggung. Alina berusaha berbaur dan mencairkan suasana dengan berinisiatif menawarkan bantuan tentang project film dokumenter yang sedang dikerjakan oleh suami dan timnya itu. Disisi lain, Rengganis yang awalnya belum bisa menerima tentang pernikahan Gus Birru, akhirnya ikhlas setelah bertemu dengan Alina. Akankah Alina Suhita bisa mendapatkan kebahagiaan yang seutuhnya?


#Review:
Rumah produksi Starvision Plus kembali hadir dengan film bertema drama rumah tangga terbarunya yang berjudul HATI SUHITA (2023). Film ini diadaptasi dari Novel Best Seller karya Khilma Anis dan disutradarai oleh Archie Hekagery, kreator film dan serial WEDDING AGREEMENT.


Untuk segi cerita, film HATI SUHITA (2023) memang terasa serupa namun tak sama dengan film yang dibintangi Indah Permatasari dan Refal Hady itu. Premisnya sekilas mirip tentang drama cinta segitiga, perjodohan dan si lelakinya terpaksa menikah demi membahagiakan orang tua. Yang membedakannya, film HATI SUHITA (2023) turut menghadirkan potensi konflik yang complicated karena membawa amanah besar sebagai calon pemimpin pesantren. Entah perasaanku saja, naskah skenario film ini terasa setia banget terhadap materi aslinya. Sebetulnya tidak menjadi masalah sih, namun setidaknya harus ada beberapa penyesuaian juga khususnya untuk para penonton general yang bukan penggemar dari novel ataupun penulisnya. Salah satu yang paling menonjol yaitu culture pesantren keluarga Alina dan Gus Birru serta kebiasaan Healing dengan ziarah ke makam-makam Kyai ini yang tidak bisa related dengan penonton general. Sehingga Target Audience dari film HATI SUHITA (2023) ini makin segmented dan terbatas di wilayah Jawa Timuran saja. Terlepas dari hal tersebut film ini masih sangat Enjoyable untuk ditonton kok. Drama cinta segitiganya hadir tidak dramatis dan lebay. Semuanya masih Reasonable. Effort yang dilakukan oleh ketiga karakter utama juga pasti bisa related bagi penonton yang pernah berada di posisi seperti mereka.



Untuk jajaran pemain, sudah jelas ketiga pemain utama yaitu Nadya Arina, Omar Daniel dan Anggika Bolsterli sukses menghidupkan karakter Alina, Gus Birru dan Rengganis dengan maksimal. Semua perilaku dan Gesture dari ketiganya terasa real, gak maksain harus selalu berperilaku sholeh-sholehah setiap saat. Archie Hekagery dan Alim Sudio benar-benar memanusiakan setiap karakternya. Penampilan Desy Ratnasari, David Chalik, Devina Aureel hingga Tanta Ginting selalu berhasil membuat penonton terhibur.



Untuk urusan visual, film HATI SUHITA (2023) sejak menit pertama sukses memanjakan mata penonton lewat adegan pernikahan Alina dan Gus Birru yang apik dan dramatis. Beberapa Shoot pengambilan gambar juga jauh lebih sinematik dibandingkan film WEDDING AGREEMENT. Scoring musik juga selalu berhasil mendukung suasana sendu dan penuh haru biru di beberapa bagian.
Overall, film HATI SUHITA (2023) tampil gemilang berkat tiga pemain utamanya yang sangat maksimal, meskipun untuk alur ceritanya masih bisa jauh lebih oke lagi.



[7.5/10Bintang]

0 comments:

Post a Comment