Sunday 18 August 2024

[Review] Kang Mak From Pee Mak: Remake Yang Tetap Lucu & Menghibur Dari Versi Aslinya!

 


#Description:
Title: Kang Mak From Pee Mak (2024)
Casts: Vino G. Bastian, Marsha Timothy, Indra Jegel, Rigen Rakelna, Tora Sudiro, Indro Warkop, Andre Taulany, Aming, TJ Ruth, Tarzan, Ananta Rispo, Jirayut Alfisan
Director: Herwin Novianto
Studio: Falcon Pictures


#Synopsis:
Demi kemerdekaan bangsa, Makmur (Vino G. Bastian) terpaksa meninggalkan sang istri, Sari (Marsha Timothy) yang sedang hamil tua untuk berperang. Makmur tak sendirian, ia satu grup bersama dengan Fajrul (Indra Jegel), Solah (Rigen Rakelna), Jaka (Tora Sudiro) dan Supra (Indro Warkop). Selama berada di medan perang, lima tentara ini berjuang untuk kemerdekaan bangsa dan juga bertahan hidup agar tidak menjadi korban. Mereka berlima menyusn strategi untuk saling melindungi satu sama lain sambil menyerang para musuh. Usaha mereka tak sia-sia. Makmur dan keempat rekannya berhasil mengalahkan musuh dan selamat dari peperangan tersebut.
Setelah menyelesaikan perang, Makmur, Fajrul, Solah, Jaka dan Supra berencana pulang ke kampung halaman mereka masing-masing dengan menggunakan perahu. Makmur yang rumahnya terdekat dari lokasi perang tak sabar untuk segera bertemu dengan Sari. Makmur juga mempersilahkan keempat rekannya untuk berkunjung sebentar ke rumahnya dan menikmati hidangan yang nanti disiapkan Sari. Saat mereka masuk ke wilayah kampungnya Makmur, situasi terlihat sepi dan tak banyak aktivitas warga. Setibanya di rumah, Makmur disambut dengan hangat oleh Sari yang sudah melahirkan anak mereka yang berjenis kelamin laki-laki. Makmur sangat senang akhirnya ia bisa berkumpul dengan Sari dan anak pertama mereka. Sari pun langsung bergegas mempersiapkan masakan untuk sang suami dan rekan-rekannya.
Setelah itu, Fajrul, Solah, Jaka dan Supra dipersilahkan untuk menginap di sebrang rumah sampai besok sambil menunggu perahu datang ke dekat rumah Makmur. Ketika tengah malam, mereka berempat mengalami mimpi buruk dan melihat sosok misterius berwujud perempuan. Pagi harinya, Makmur mengajak teman-temannya untuk belanja ke pasar. Saat mereka tiba disana, para warga dibuat ketakutan saat melihat Makmur. Mereka yakin jika Makmur belum menyadari tentang kondisi sebenarnya Sari yang ternyata sudah meninggal. Mendengar hal tersebut membuat Fajrul, Solah, Jaka dan Supra terkejut. Untuk membuktikannya, mereka harus melihat Sari lewat selangkangan. Jika Sari terlihat pucat dan tidak menapak, tandanya arwah Sari lah yang ada di rumah Makmur.
Seiring berjalannya waktu, Sari berusaha untuk berkata jujur akan kematiannya. Namun disisi lain, Makmur sangat yakin jika Sari masih hidup dan tidak mempercayai omongan warga. Makmur berusaha menjadi suami dan ayah yang baik bagi istri dan anaknya. Fajrul, Solah, Jaka dan Supra semakin khawatir dengan nasib Makmur. Mereka kemudian menyusun rencana untuk membuktikan jika Sari sudah berubah wujud menjadi arwah gentayangan dengan bantuan dua dukun bersaudara yaitu Mak Supi (TJ Ruth) dan Kang Put (Andre Taulany). Akankah Makmur menerima kenyataan pahit tersebut?


#Review:
Rumah produksi Falcon Pictures kembali hadir dengan film remake terbaru mereka yang berasal dari film horror komedi box office Thailand PEE MAK (2013) berjudul KANG MAK (2024). Sutradara Herwin Novianto dan penulis naskah Alim Sudio terpilih untuk berkolaborasi menggarap PEE MAK (2013) versi Indonesia.


Secara garis besar memang tidak ada perubahan drastis yang dilakukan oleh Alim Sudio pada plot dan skenario film KANG MAK (2024). Meskipun demikian, Alim Sudio dan Herwin Novianto memberikan sentuhan culture Indonesia di beberapa bagian. Salah satunya yaitu budaya Sunda yang menjadikan Makmur punya sebutan Kang Mak, sehingga masih mirip dengan versi Thailand nya, Pee Mak. Tektokan jokes, serta dialog-dialog yang dilontarkan antara Indra Jegel dengan Rigen Rakelna selalu sukses menciptakan suasana lucu disepanjang film. Chemistry keduanya yang sudah sering terlibat dalam berbagai program dan project film bersama memang tak perlu diragukan lagi. Jegel dan Rigen bisa dibilang sebagai salah dua komedian Indonesia paling lucu di era modern saat ini. Kehadiran para komedian senior seperti Indro Warkop, Tora Sudiro, TJ Ruth dan Andre Taulany cukup menghibur meskipun sesekali jokes mereka ada yang hit and miss. Salah satu jokes yang menurutku kriiikkk banget yaitu tukang paket. Cukup disayangkan sih karena jika mengikuti logika dan pikiran rasional, setting waktu film KANG MAK (2024) ini kan jaman baheula di era kemerdekaan, kok tiba-tiba terpikirkan muncul tukang paket?? Hahaha. Untuk urusan drama, duet maut pasutri Vino G. Bastian dan Marsha Timothy memang tak perlu diragukan lagi penampilan mereka. Definisi mencintai pasangan apa adanya dan sampai maut memisahkan bisa penonton rasakan di film ini. Scene di pasar malam sangat manis!


Untuk urusan visual dan set design produksi, Falcon Pictures berhasil menciptakan suasana perang dan perkampungan pinggir sungai yang memuaskan. Tone warna film KANG MAK (2024) juga dibuat lebih cerah ketimbang versi Thailand yang lebih menonjolkan suasana suram. Wardrobe untuk Marsha Timothy yang menjadi setan pun masih terlihat cantik dan memang sayang juga jika kecantikannya harus ditutupi oleh make-up seram hehehe.
Overall, film KANG MAK FROM PEE MAK (2024) menjadi sajian remake yang memuaskan dari Falcon Pictures. Congratulations atas pencapaian lebih dari satu juta penontonnya!


[7.5/10Bintang]

0 comments:

Post a Comment