Friday 23 August 2024

[Review] Oddity: Mengungkap Misteri Kematian Saudara Kembaran!



#Description:
Title: Oddity (2024)
Casts: Carolyn Bracken, Gwilym Lee, Jonathan French, Steve Wall, Joe Rooney, Tadgh Murphy, Caroline Menton, Ivan de Wergifosse, Shane Whisker
Director: Damian Mc Carthy
Studio: Keeper Pictures, Shudder, Wildcard Distribution


#Synopsis:
Sambil menunggu suaminya pulang dari rumah sakit, Dani (Carolyn Bracken) memasang tenda untuk berkemah di rumah yang baru mereka beli. Rumah yang berbentuk seperti kastil tersebut terbilang besar bagi mereka berdua. Saat malam hari, Dani keluar dari rumah untuk mencari barang yang tertinggal di mobilnya. Ketika kembali ke dalam rumah, Dani mendengar suara langkah kaki mendekati pintu rumah. Saat jendela pintu dibuka, muncul seorang pria berambut panjang yang meminta Dani untuk segera pergi dari rumah. Dani tentunya tidak mengikuti perintah pria tersebut dan memilih menunggu suaminya pulang. Pria itu kemudian meminta masuk ke dalam rumah karena ia melihat secara langsung sosok misterius masuk ke dalam rumah tanpa sepengetahuan Dani ketika tadi keluar rumah.


Hal tersebut membuat Dani panik. Ia kemudian menanyakan identitas pria yang ada di luar rumahnya itu. Si pria bernama Olin (Tadgh Murphy) dan mengaku sebagai pasien dari rumah sakit tempat suaminya Dani yaitu Dr. Ted Timmis (Gwilym Lee). Dani mengambil langkah untuk tetap di dalam rumah tanpa mengizinkan Olin masuk ke rumahnya. Dani meminta Olin segera kembali saja ke rumah sakit sebelum ia laporkan kepada suaminya.
Keesokan harinya, Olin ditemukan tewas di kamar rumah sakit dengan cara yang tragis. Olin Boole pun resmi ditetapkan sebagai tersangka kasus pembunuhan Dani karena terbukti sempat berada di lokasi kejadian dan di malam yang sama saat jasad Dani ditemukan bersimbah darah di dalam tenda.
Satu tahun berlalu, Dr. Ted mengunjungi saudara kembar dari mendiang istrinya yaitu Darcy (Caroline Bracken) yang merupakan kolektor benda-benda antik di rumahnya. Dr. Ted membawa sebuah benda berupa kontak lensa dari jasad Olin Boole untuk diberikan pada Darcy. Dr. Ted yang tidak mempercayai hal-hal supranatural yakin jika Darcy lebih membutuhkan benda tersebut, meskipun memiliki keterbatasan pengelihatan, Darcy diberi kelebihan pada indera keenamnya.


Beberapa hari kemudian, Darcy tiba-tiba saja datang ke rumah Dr. Ted sambil membawa satu kotak berukuran besar yang isinya manequinn kayu pemberian dari mendiang ibunya. Di rumah tersebut Darcy disambut oleh kekasih baru dari Dr. Ted yaitu Yana (Caroline Menton). Kedatangan Darcy membuat Yana terkejut karena Dr. Ted tak memberitahunya sama sekali. Darcy meminta izin untuk tinggal sementara di rumah mereka. Dr. Ted yang akan berangkat kerja malam hari terpaksa mengizinkan Darcy dan meminta Yana untuk menemaninya.
Setelah Dr. Ted pergi dari rumah, Yana berencana untuk ikut keluar juga dengan alasan ada acara dengan teman-temannya. Namun sayang, ia tak dapat menemukan kunci mobilnya. Yana pun terpaksa tidak jadi keluar dari rumah. Disaat yang bersamaan, Yana terkejut saat melihat manequinn kayu yang dibawa Darcy tiba-tiba sudah duduk di kursi meja makan. Mau tak mau Yana pun akhirnya berbincang dengan Darcy. Selama mereka mengobrol, Darcy menanyakan tentang hubungan Yana dengan Dr. Ted. Selain itu, ia juga menceritakan masa lalu dari Dani dan juga Dr. Ted. Waktu menunjukkan tengah malam. Yana yang memutuskan tidur lebih dahulu, diam-diam keluar dari kamarnya dan mendekati manequinn kayu tadi. Yana melihat Darcy sedang terlelap tidur di kursi ruang tamu. Saat melihat lebih dekat manequinn kayu tersebut, Yana menemukan dua foto, gulungan rambut dan vial darah di dalam isi kepala manequinn. Setelah itu, Yana kembali masuk ke kamarnya setelah Darcy terbangun dan memarahinya.


Malam semakin larut, Yana tak bisa lagi tidur dengan nyenyak. Ia kemudian mengambil sebuah kamera DSLR milik Dani yang ditemukan di gudang rumah. Saat Yana memutar video yang dibuat Dani dan Dr. Ted, ia terkejut karena melihat penampakan misterius dari rekaman. Tak hanya itu saja, Yana juga melihat arwah Dani di kamarnya yang meminta untuk segera pergi. Yana histeris ketakutan dan berlari ke bawah. Ia melihat Darcy sedang duduk di satu meja yang sama dengan manequinn kayu. Yana akhirnya menemukan kunci mobilnya dan langsung pergi dari rumah.
Tak lama setelah itu, Dr. Ted pulang dari rumah sakit. Saat ia masuk ke dalam rumah, kondisinya gelap gulita. Dr. Ted kemudian melihat Darcy yang sedang duduk di lantai atas. Darcy akhirnya berhasil mengungkap misteri kematian saudaranya yang selama ini tersembunyi serta memiliki keterkaitan dengan rumah sakit tempat Dr. Ted bekerja.


#Review:
Film horror asal Irlandia kembali mencuri perhatian para pecinta film secara global. Kali ini datang dari film ODDITY (2024) karya kedua dari sutradara Damian Mc Carthy, setelah debutnya di film CAVEAT (2020) yang sempat mengejutkan para penonton di era Pandemi CoVid-19 lalu.


Untuk segi cerita, film ODDITY (2024) menampilkan teka-teki misterius tentang kematian tragis seorang istri dari dokter yang tinggal di rumah bagaikan istana. Harus diakui, atmosfer horror berhasil diciptakan dengan maksimal oleh sang sutradara sejak menit pertama dimulai. Suasana rumah bak istana berbentuk segi empat dengan area lapang yang lega ditengahnya ini dan kemudian suasana serba hening menjadi terror mencekam yang efektif untuk penonton. Teka-teki misteri dan plot twist yang harus dipecahkan pun dibuat lebih ringan dan tidak seribet film horror LONGLEGS (2024). Kesamaan dari kedua film ini yaitu sama-sama memiliki karakter yang minimalis, sehingga development dari masing-masing karakter terasa lebih maksimal. Meskipun demikian, motivasi dan narasi film ODDITY (2024) terlalu bermain aman. Damian Mc Carthy menyelipkan issue tentang drama rumah tangga yang menurutku serba nanggung. Andai saja di beberapa bagian dibuat dramatis, seperti menampilkan adegan masa lalu dari Dani yang sangat bucin terhadap suaminya pasti impact terhadap ending cerita dari saudara kembarnya, Darcy pun bisa lebih emosional lagi. Hubungan batin yang terjalin antara karakter Dani dan Darcy menjadi daya tarik tersendiri di film ini. Meskipun keduanya sudah berbeda alam, ternyata masih bisa saling terkoneksi satu sama lain, asalkan salah satu dari mereka memiliki indera keenam. Hahaha. Yang sedikit disayangkan yaitu mannequin kayu di film ini tidak dimanfaatkan dengan maksimal oleh sang sutradara. Background story dari mannequin tersebut juga penuh dengan tanda tanya. Padahal kemunculan perdana di awal-awal film sudah intimidatif banget loh. Ditambah lagi bentukan mukanya yang sangar dan sangat menyeramkan.


Untuk jajaran pemain, penampilan Carolyn Bracken yang ternyata memerankan Dani dan Darcy sekaligus sukses membuatku pangling. Transformasi perubahan fisik dan sifatnya beneran beda banget. Saat ia memerankan Darcy, aku langsung teringat dengan aktris Michelle Williams di film THE FABELMANS (2022) hahaha. Penampilan Dr. Ted yang diperankan Gwilym Lee juga kalem-kalem tapi menyimpan rahasia tak terduga yang menjadi plot twist di film ini. Yang cukup mencuri perhatian datang dari Caroline Menton pemeran Yana. Meskipun terlihat menyebalkan, aura so asik dan rasa kepo disepanjang filmnya terdeliver dengan sempurna ke penonton. Hahaha.
Overall, film ODDITY (2024) tampil cukup memuaskan berkat atmosfer horror yang konsisten mencekam serta pengembangan cerita yang tak disangka mengarah pada drama rumah tangga.


[8/10Bintang]

0 comments:

Post a Comment