Thursday 18 July 2024

[Review] Longlegs: Mengungkap Kasus Pembunuhan Berantai Yang Berkaitan Dengan Supranatural!



#Description:
Title: Longlegs (2024)
Casts: Maika Monroe, Nicolas Cage, Blair Underwood, Alicia Witt, Michelle Choi-Lee, Kiernan Shipka, Lisa Chandler, Jason Day, Dakota Daulby, Lauren Acala, Ava Kelders, Rryla McIntosh
Director: Osgood Perkins
Studio: C2 Motion Pictures, Saturn Films, Neon, Black Bear International


#Synopsis:
Selama belasan tahun terakhir, kasus pembunuhan berantai terus terjadi di wilayah Oregon, Amerika Serikat. Pihak FBI yang selama ini berusaha mengungkap kasus tersebut selalu gagal dan tak pernah berhasil menangkap pelakunya. Saat kasus tersebut terulang kembali, agen FBI yang baru saja bergabung yaitu Lee Harker (Maika Monroe) ditugaskan untuk menyelidikinya. Meskipun masih baru di FBI, Harker dikenal memiliki intuisi yang cukup kuat dalam menangani sebuah kasus.


Bersama dengan rekannya yaitu Fisk (Dakota Daulby), keduanya mencoba untuk menelusuri pelaku pembunuhan berantai berdasarkan intuisi dari Harker. Mereka mendatangi sebuah rumah yang diduga menjadi tempat persembunyian pelaku. Rumah tersebut berada di wilayah yang sama dengan tempat tinggal Harker saat masih kecil. Saat mendatangi rumah tersebut, kejadian tak terduga dialami oleh mereka berdua. Harker yang terkejut dan panik berusaha setenang mungkin untuk masuk ke dalam rumah yang ternyata kosong.



Tak lama setelah kejadian tersebut, agen FBI kembali mendapat laporan tentang kasus tewasnya satu keluarga. Anehnya, setelah uji forensik, tidak ditemukan adanya serangan invasi dari pihak luar rumah. Harker dan atasannya yaitu Carter (Blair Underwood) ditugaskan untuk menangani kasus tersebut. Saat mengecek tempat kejadian perkara, Harker menemukan sebuah surat yang sama persis dengan surat-surat yang ditemukan pada kasus pembunuhan satu keluarga sebelumnya. Surat tersebut berisikan tulisan aneh yang diakhiri dengan sebuah nama yaitu Longlegs (Nicolas Cage). Harker kemudian melakukan analisa dan penelusuran semua surat yang ditemukan oleh FBI. Hasil analisa yang dilakukan Harker menemukan beberapa kesamaan yaitu setiap keluarga yang tewas memiliki anak perempuan berusia 9 tahun dan berulang tahun setiap tanggal 14 di tiap bulannya.



Selain itu, kejadian pembunuhan tersebut selalu terjadi 6 hari sebelum atau sesudah dari tanggal 14. Harker dan Carter kemudian menelusuri salah satu rumah korban dan menemukan sebuah boneka porselen yang ukurannya menyerupai anak kecil. Di bagian kepala boneka tersebut, Carter menemukan sebuah logam berbentuk bundar dan seketika Harker mendapat pengelihatan tentang kejadian pembunuhan yang dialami oleh keluarga di rumah tersebut. Sejak kejadian itu, Harker yakin jika serangkaian kasus pembunuhan berantai yang sudah berulang kali terjadi ini memiliki kesamaan yang sama, yaitu sama-sama mendapatkan sebuah boneka porselen yang sengaja dikirim oleh Longlegs.
Karena hal tersebut, Harker langsung pulang menemui sang ibu, Ruth Harker (Alicia Witt) yang jarang ia temui karena sibuk bekerja. Tiba di rumah, Harker melihat kondisi sang ibu yang selalu berdiam dan melamun. Ia pun menanyakan perihal masa kecilnya terutama saat ia berusia 9 tahun. Atas saran sang ibu, Harker pergi ke kamar masa kecilnya dan disana ia menemukan kumpulan foto polaroid hasil jepretannya. Salah satu foto memperlihatkan sosok Longlegs yang ternyata pernah mengunjungi rumah mereka. Foto tersebut langsung ia bawa ke kantor FBI untuk segera dilakukan pelacakan.


Harker dan agen FBI lain terus melakukan investigasi terhadap Longlegs termasuk memecahkan surat-surat yang berisikan simbol misterius dengan membentuk sebuah pola segitiga terbalik. Hingga suatu ketika, Harker menemukan sebuah fakta mengerikan tentang Longlegs yang ada kaitannya dengan kejadian di masa lalu. Mampukah Harker memecahkan teka-teki misteri kasus pembunuhan berantai yang konon dilakukan oleh Longlegs tersebut?


#Review:
Pertengahan Juli ini, para pecinta film di Hollywood digemparkan dengan film horror terbaru berjudul LONGLEGS (2024). Film yang dibintangi Maika Monroe dan Nicolas Cage ini sukses mendapatkan score sempurna 100% dan certified fresh dari Rotten Tomatoes ketika minggu pertama tayang. Selain itu, film LONGLEGS (2024) juga menjadi trending topic di sosial media X (Twitter), mencetak keuntungan yang terbilang singkat dan digadang-gadang sebagai film horror Hollywood terbaik di tahun ini. Di Indonesia sendiri, film LONGLEGS (2024) baru tayang di bioskop satu minggu setelah penayangan di Amerika Serikat. Meskipun agak telat, tak menjadi masalah bagiku karena memang harus ditonton di hari pertama tayang dan di bioskop.


Untuk segi cerita, film LONGLEGS (2024) langsung dibuka dengan situasi adegan sunyi, tenang namun memberikan kejutan yang unpredictable. Plot cerita bergerak mengikuti seorang agent FBI perempuan ditugaskan untuk memecahkan kasus pembunuhan berantai yang sudah terjadi selama belasan tahun lamanya. Premis menarik tersebut sukses dikembangkan dengan unsur mistis yang sangat kuat disepanjang film. Sosok tersangka yang sengaja disembunyikan selama setengah durasi film ini membuat penonton semakin tertarik untuk ikut mengungkap apa yang sebenarnya terjadi di daerah tersebut. Osgood Perkins pun menggunakan plot yang maju mundur untuk mengungkap misteri dari sosok Longlegs. Dengan durasi sekitar 102 menit, atmosfer mencekam dan tidak nyaman konsisten bisa dirasakan oleh penonton. Teknik dan angle kamera yang menangkap ekspresi serta gerakan setiap karakter di film ini diperhitungkan dengan sangat matang, sehingga kepanikan dan perasaan was-was yang dialami Lee Harker bisa ikut terasa oleh penonton. Selain itu, hal yang tak kalah menarik lainnya yaitu film LONGLEGS (2024) memiliki jump scared yang sama sekali tidak mengandalkan iblis sama sekali. Eksekusinya pun menurutku sangat brilian dan langsung ngenaaaa banget ke penonton. Sial! Klimaks penyelesaian cerita dengan plot twist yang dihadirkan film ini terasa semakin sempurna karena tidak terduga sama sekali. Aku masih speechless dengan struktur cerita film LONGLEGS (2024) ini yang ternyata sederhana namun bisa dieksekusi menjadi ide fresh!


Untuk jajaran pemain, penampilan Maika Monroe berhasil menghidupkan karakter Lee Harker yang harus berhadapan dengan kasus pembunuhan berantai. Kekalutan, rasa takut, panik dan depresi yang ia tampilkan bisa dengan mudah dirasakan oleh penonton. Yang tak kalah gilanya, big applause untuk penampilan Nicolas Cage. Perannya sebagai Longlegs disini sungguh mengerikan dan bikin pangling bagi siapapun yang melihatnya. Ensemble casts lainnya pun tampil gemilang dengan kualitas akting yang tidak perlu diragukan lagi.
Untuk urusan audio dan visual, film LONGLEGS (2024) memang sangat direkomendasikan untuk ditonton di bioskop. Experience suasana haunting, spooky dengan visual yang kontras terasa makin maksimal jika ditonton di layar yang jernih serta audio paling terbaik yang hanya tersedia di bioskop. Aku sendiri dari awal sampai film selesai, benar-benar dibuat tidak nyaman selama menonton. Gila banget!
Overall, film LONGLEGS (2024) memang sangat layak mendapat predikat film horror terseram, terbaik, tergila dan ter-unpredictable di tahun ini. Sangat memuaskan! Highly recommended untuk ditonton di bioskop!


[9/10Bintang]

0 comments:

Post a Comment