Tuesday 23 July 2024

[Review] Catatan Harian Menantu Sinting: Drama Pasutri Muda Yang Direcoki Mamak Mertua!

 


#Description:
Title: Catatan Harian Menantu Sinting (2024)
Casts: Ariel Tatum, Raditya Dika, Lina Marpaung, Robby Purba, Rizma Simbolon, Ruth Riani Pasaribu, Dicky Pardosi, Simon Parulian Girsang, Raline Shah
Director: Sunil Soraya
Studio: Soraya Intercine Films 


#Synopsis:
Setelah bertemu di reunian alumni kampus, Minar (Ariel Tatum) dan Sahat (Raditya Dika) menjalani hubungan asmara dan berlanjut ke pelaminan. Setelah resmi menikah, Minar dan Sahat berencana untuk hidup mandiri. Namun sayang, karena belum memiliki tabungan yang cukup, terpaksa mereka tinggal di rumah Sahat bersama Ibunya (Lina Marpaung).
Tinggal bersama mertua meskipun sudah menikah menjadi cobaan pertama untuk rumah tangga Minar dan Sahat. Ibu mertua selalu ikut campur dalam banyak hal, termasuk urusan ranjang dan hubungan intim. Minar dan Sahat diharuskan menempati kamar dengan ranjang turun temurun keluarga Sahat yang konon bisa memberikan momongan lebih cepat jika berhubungan intim diatas ranjang tersebut.
Keinginan sang ibu mertua akan hadirnya cucu pertama berbanding terbalik dengan keinginan Minar dan Sahat. Mereka memutuskan menunda untuk memiliki anak karena ingin fokus mengembangkan karier mereka masing-masing. Sahat yang bekerja di perusahaan minyak berusaha mengejar jabatan demi hidup mapan bersama keluarganya di masa depan. Sementara itu, Minar makin sibuk sebagai translator berbagai buku dari banyak client.
Saat ibu mertua sedang membersihkan rumah, ia terkejut melihat bungkus kondom di tempat sampah kamar anaknya. Ia langsung menginterogasi Minar perihal tal tersebut. Adu argumen pun tak terhindarkan. Minar masih berpegang teguh pada pendiriannya untuk tidak buru-buru punya anak. Ibu mertua justru sebaliknya, ia menuntut Minar agar bisa segera mendapatkan momongan, khususnya anak laki-laki agar Sahat bisa mewariskan marga keluarganya. Ibu mertua tak ingin ketika ia meninggal belum bisa menggendong cucu. Ditambah lagi, kakak kandung dari Sahat yaitu Monang (Robby Purba) juga selalu gagal dalam urusan asmara sehingga sampai saat ini belum menikah.
Seiring berjalannya waktu, kondisi ekonomi Sahat dan Minar semakin bertambah. Demi membahagiakan sang istri, Sahat pun memutuskan untuk hidup mandiri dengan membeli rumah dan tidak lagi tinggal bersama ibunya. Tinggal di rumah baru, Sahat dan Minar makin rutin berhubungan suami istri dengan leluasa. Meskipun sudah banyak cara dilakukan, Minar tak kunjung hamil. Karena penasaran, mereka berdua pergi ke dokter kandungan untuk mengecek apa yang sebenarnya terjadi pada Minar dan juga Sahat. Setelah mendapat penjelasan tentang kualitas sperma dari Sahat yang tidak terlalu bagus, Sahat jadi merasa bersalah dan minder. Ia memutuskan untuk menghindar sejenak dari Minar.
Di sisi lain, Minar juga makin sibuk dengan pekerjaan barunya di kantor periklanan. Keadaan semakin memusingkan disaat ibu mertua yang selalu ikut campur dalam segala situasi tak terduga. Bagaimana nasib Minar dan Sahat selanjutnya? Akankah mereka mendapat kepercayaan untuk memiliki momongan?


#Review:
Rumah produksi Soraya Intercine Films kembali hadir dengan film drama terbarunya yang berjudul unik yaitu CATATAN HARIAN MENANTU SINTING (2024). Film ini diadaptasi dari novel drama komedi karya novelist asal Batak yaitu Rosi L. Simamora. Tak tanggung-tanggung, come back Soraya Films di genre drama berbarengan dengan Sunil Soraya yang duduk sebagai sutradara setelah film masterpiece terakhirnya yaitu TENGGELAMNYA KAPAL VAN DER WIJCK (2013) yang dirilis 11 tahun silam.


Untuk segi cerita, film CHMS (2024) ini memang sengaja dikemas drama komedi dari rumah tangga pasutri muda yang selalu direcokin ibu mertua. Premis tersebut sudah sering kita temukan baik di film layar lebar, series maupun sinetron televisi. Meskipun sudah predictable, konklusi relationship antara suami istri dan istri dengan ibu mertua bisa terselesaikan dengan manis di penghujung film. Selain konflik rumah tangga, film CHMS (2024) ini dibungkus dengan budaya Batak yang bergelimang kemewahan. Hal tersebut bisa dirasakan oleh penonton lewat serangkaian acara adat budaya Batak yang tersaji disepanjang durasi film. Sinematografi grande khas Soraya Films juga konsisten terasa dari awal sampai film selesai. Moment pesta pernikahan adat Batak sudah seperti pertunjukan atraksi pariwisata yang memuaskan di film ini. Segala aspek dan perintilannya dibuat sangat well prepared.
Untuk jajaran pemain, sudah jelas tektokan maut Ariel Tatum dan Linda Marpaung menjadi yang paling bersinar dari film ini. Keduanya mampu menciptakan love hate relationship sebagai menantu dan mertua yang menghibur serta jadi saling melengkapi satu sama lain. Chemistry bareng Raditya Dika pun effort nya terlihat banget. Agak sedikit pangling melihat Raditya Dika yang kali ini bisa tampil lebih mature dan serius, meskipun sesekali image komedi nya suka muncul tiba-tiba di situasi yang tidak terduga hahaha.
Eksekusi jokes "Lampu Senter" di film ini benar-benar pecah! Bikin satu teater kemarin tertawa lepas. Gokil sih! Wkwkwk
Overall, film CATATAN HARIAN MENANTU SINTING (2024) cukup menghibur dan ringan sebagai sajian film produksi Soraya Films yang selama ini identik dengan branding mewahnya!


[7/10Bintang]

0 comments:

Post a Comment