Wednesday 8 August 2018

[Review] The Meg: Ganasnya Megalodon, Hiu Zaman Prasejarah


#Description:
Title: The Meg (2018)
Casts: Jason Statham, Li BingBing, Rainn Wilson, Cliff Curtis, Winston Chao, Shuya Sophia Cai, Ruby Rose, Page Kennedy, Robert Taylor, Jessica McNamee, Masi Oka
Director: Jon Turteltaub
Studio: Warner Bros Pictures, China Gravity Pictures


#Synopsis:
Jonas Taylor (Jason Statham) kini hidup sendiri di Thailand usai dirinya memutuskan untuk berhenti menjadi regu penyelamat kapal selam. Keputusan yang Jonas ambil itu lantaran ia merasa sangat bersalah dan disalahkan juga oleh sebagian belah pihak usai dirinya tak mampu menyelamatkan beberapa awak kapal selam yang diserang oleh sosok misterius di dasar palung laut terdalam di bumi. Tak cuma itu saja, beberapa pihak juga menganggap Jonas gila mengenai serangan sosok misterius itu. 
Lima tahun berlalu. Sebuah laboratorium penelitian biologi dasar laut yang berada dibangun didasar laut bernama Mana One - Zhang Ocean tengah mencoba untuk kembali menelusuri dasar palung laut terdalam di bumi untuk meneliti apakah batas antar laut dengan dasar palung laut itu terdapat kehidupan bawah laut yang selama ini belum pernah diketahui oleh umat manusia. Kedalaman dasar palung laut terdalam di bumi itu berada di kawasan laut Shanghai China. Diperkirakan mempunyai kedalaman mencapai kurang lebih 11.000 meter dibawah permukaan laut. Sepanjang sejarah penyelaman kapal selam, belum pernah ada yang menjangkau sampai sejauh itu.
Pemilik Mana One - Zhang Ocean yakni Zhang (Winster Chao) meminta bantuan investor Morris (Rainn Wilson) untuk menginvestasikan sahamnya di Mana One - Zheng Ocean. Sang owner yakin jika penemuan ini berhasil akan menjadi berita yang sangat besar dan bisa melihat spesies biota laut yang tak pernah tercatat oleh sejarah. Zheng dalam mengelola laboratoriumnya dibantu oleh anaknya, Suyin (Li BingBing) yang merupakan single parent dari Meiying (Shuya Sophia Cai), lalu ada Jaxx (Ruby Rose), DJ (Page Kennedy), Mac (Cliff Curtis) dan Heller (Robert Taylor).


Penelitian perdana pun dimulai. Kapal selam itu diisi oleh tiga petugas. Salah satu diantaranya adalah mantan istri Jonas yakni Lori (Jessica McNamee). Kapal selam perdana yang mereka luncurkan berhasil menginjakkan di dasar palung laut itu. Ketika Lori dan kedua awak kapal selam lainnya sedang menjelajah, tiba-tiba mendapat serangan yang cukup besar dan brutal. Dari kamera yang terpantau, terlihat sesosok hiu raksasa zaman prasejarah yang dikenal dengan nama Megalodon. Kapal selam yang diawaki Lori nyaris hancur. 
Mendengar kru kapal selamnya dalam bahaya, Mac kemudian mencoba meminta bantuan pada Jonas. Ia dan Zhang kemudian terbang ke Thailand untuk menemuinya. Meskipun awalnya ia menolak, tapi akhirnya Jonas memutuskan untuk menolong kru kapal selam milik Zhang Ocean. Jonas langsung merasakan flashback ketika kembali ke dasar laut. Jonas berhasil menyelamatkan awak kapal selam itu tapi salah satunya yakni Toshi (Masi Oka) rela untuk terjebak didalam kapal selam demi menyelamatkan dua awak kapal lainnya. Usai insiden tersebut yang mengakibatkan Toshi tewas, ternyata hiu raksasa prasejarah Megalodon itu berhasil keluar dari pembatas antara dasar palung laut. Megalodon kini berkeliaran di laut dan memangsa apapun yang ada dihadapannya.
Kru Zhang Ocean dan Jonas harus berpacu dengan waktu untuk menghentikan Megalodon yang sedang berkeliaran di laut lepas menuju sebuah bibir pantai yang tengah padat oleh manusia yang sedang berliburan.



#Review:
Aksi hewan raksasa dan buas kembali memeriahkan industri perfilman Hollywood tahun ini. Usai kemarin lewat RAMPAGE (2018) yang dibintangi Dwayne Johnson, kini giliran rekannya di Fast & Furious 8 yaitu Jason Statham yang harus melawan hiu raksasa jaman prasejarah bernama Megalodon. Untuk segi materi promosi dan trailer yang ditebar selama ini, film THE MEG (2018) ini tampak seperti sesuatu yang menjanjikan. Film-film ikan buas memangsa manusia sebut saja JAWS, PIRANHA, DEEP BLUE SEA dan yang kemarin THE SHALLOWS (2016) menurutku menjadi deretan film ikan buas yang bagus dan memuaskan. Akankah THE MEG (2018) ini mampu seperti tiga judul diatas?
Untuk segi cerita, film THE MEG (2018) ini dimulai dengan cukup baik dengan kengerian serangan hiu raksasa yang disembunyikan. Namun ketika menuju pertengahan film, intens thriller sepanjang si Megalodon beraksi malah menurutku semakin biasa saja. Padahal penggambaran Megalodon nya sudah cukup bikin berdecak kagum. Konflik yang dihadirkan juga terlalu banyak cabangnya yang akhirnya ketika menuju penyelesaian konflik, cara eksekusinya juga biasa saja. Beberapa hal juga terlalu dibuat serba cepat dan instan.
Jason Statham tampil tak terlalu mengesankan. Masih seperti dirinya sendiri di film-film sebelum ini. Yang cukup mencuri perhatian adalah karakter yang diperankan oleh Li BingBing dan anaknya. Chemistry keduanya terasa pas dan Shuya Sophia Cai tampil menggemaskan banget.
Untuk segi visual dan CGI, kualitas film THE MEG (2018) ini memuaskan layaknya film-film blockbuster pada umumnya. Terutama visual laboratorium Mana One - Zhang Ocean nya cukup berhasil membuatku takjub.
Overall, THE MEG (2018) is another popcorn-blockbuster movie of the year. Just sit and relax at your seat.


[7/10Bintang]

0 comments:

Post a Comment