Sunday 26 August 2018

[Review] Searching: Menelusuri Hilangnya Remaja Melalui Dunia Maya


#Description:
Title: Searching (2018)
Casts: John Cho, Megan Liu, Sara Sohn, Debra Messing, Connor McRaith, Ric Sarabia.
Director: Aneesh Chaganty
Studio: Sony Pictures

#Synopsis:
Keluarga Kim adalah salah satu keluarga dari generasi modern yang sangat mencintai sebuah moment. Sang ayah yakni David Kim (John Cho) dan istrinya, Pamela Kim (Sara Sohn) selalu merekam setiap aktivitas sehari-hari mereka. Tujuannya sederhana, agar mereka selalu mengingat dan menghargai setiap moment kebersamaan mereka. David dan Pamela dikaruniai seorang anak perempuan bernama Margot Kim (Megan Liu). Keluarga Kim tumbuh menjadi keluarga kecil yang hangat dan penuh kasih sayang.


Waktu terus berlalu, sang ibu jatuh sakit. Kondisinya semakin melemah dan akhirnya meninggal dunia. David dan Margot sangat kehilangan orang yang mereka cintai. Hanya lewat berbagai foto dan cuplikan rekaman video lah yang bisa membuat mereka mengingat Pamela. Kehidupan David dan Margot terus berlanjut. Komunikasi diantara mereka berdua tak pernah putus. Telepon, FaceTime, Skype dan VideoCall menjadi alat komunikasi mereka jika mereka sedang tak bersama. 
Rutinitas keduanya berjalan seperti biasanya. Namun pada suatu malam, dering panggilan tak terjawab muncul di notifikasi laptop dan ponsel David. Panggilan tersebut berasal dari Margot. Ketika David mencoba untuk memanggil kembali Margot, teleponnya sudah tidak aktif. David mulai khawatir akan anaknya itu. Ia lalu mencoba menghubungi salah satu orangtua temannya untuk mencari tahu keberadaan Margot. Usai menelepon, David sedikit bisa tenang, ia yakin Margot sedang berkemah dengan teman sekolahnya.


Keesokan harinya, salah satu temannya Margot memberitahu David bahwa Margot ternyata absen tidak ikut acara kemah. David makin panik dan khawatir. Sudah seharian ini anaknya hilang tanpa kabar. Ia lalu melaporkan hilangnya Margot ke pihak kepolisian. David pun mendapat bantuan dari Detective Vick (Debra Messing) untuk menyelidiki kemana perginya Margot. Detective Vick mempunyai reputasi yang cukup baik dalam memecahkan sebuah kasus. David tidak tinggal diam, ia berusaha mencari jejak Margot lewat laptop anaknya. Disana David mencoba berinteraksi dengan beberapa teman Margot di sosial media Facebook, Instagram, Tumblr hingga YouCast. Perlahan tapi pasti baik Detective Vick maupun David mulai menemukan titik terang soal hilangnya Margot. 
Hasil penelusuran yang dilakukan David rupanya lebih cepat. Ia berhasil menemukan titik terakhir Margot terlihat sebelum hilang. Tempat tersebut menuju sebuah perbukitan dan danau di wilayah San Jose, California. Detective Vick pun bergegas untuk melacak lebih jauh tentang hasil penelusuran David. Berhasilkah David menemukan Margot?



#Review:
Film yang fokus pada interface gadget atau sosial media mempunyai daya tarik tersendiri khususnya buatku. Kapanlagi bisa melihat interface sebuah layar laptop berukuran raksasa di layar lebar bioskop. Makanya, ketika Sony Pictures merilis film SEARCHING (2018) di bioskop, aku semangat banget buat nonton. Pasalnya, dulu ketika UNFRIENDED (2014) dan sekuelnya UNFRIENDED 2: DARK WEB (2018) serta OPEN WINDOWS (2014) rilis, tidak tayang di bioskop Indonesia. 
Untuk segi cerita, film SEARCHING (2018) ini mempunyai plot yang kuat dan berhasil membuat penontonnya seperti ikut terlibat untuk mencari tahu hilangnya Margot. Moment paruh awal film disuguhi cuplikan-cuplikan video yang lumayan touching tentang keluarga David Kim. Lanjut menuju paruh tengah film, misteri mulai ditebar. Melacak keberadaan Margot lewat laptop dan sosial media dirinya yang dilakukan oleh David Kim cukup sukses membuat penonton fokus terhadap setiap hint yang ditebar. Tak lupa juga sang sutradara dan penulis skenario menyelipkan sedikit humor ketika David yang tidak terlalu kekinian ketika moment Tumblr dan YouCast. 


Twist yang dihadirkan juga terasa sangat rapi dan rasionable. Aku sendiri cukup kaget karena disepanjang film, penonton digiring untuk menuduh satu persatu pelaku tapi ternyata dugaan itu meleset. Yang paling aku suka adalah interface dalam film ini sangat interaktif. Kita bisa melihat ekspresi kuat dengan baik yang dihadirkan John Cho sebagai David Kim lewat beberapa tampilan webcam, facetime, videocall hingga tampilan liputan berita. Poin plus berikutnya terletak pada penggunaan gadget dalam film ini terasa sangat real. Kan biasanya kalau Sony Pictures rilis sebuah film, biasanya selalu menggunakan product mereka sendiri dalam filmnya, tapi di film SEARCHING (2018) ini tidak dibuat seperti itu. Apple Product sangat mendominasi dalam film ini haha. Oia dalam film ini juga penggunaan sosial media yang sesungguhnya sangat terasa. Aku gak bisa bayangin sih kalau misalnya Margot adalah seleb-internet baik itu Instagram, Twitter, Facebook maupun YouCast. Bisa pusing setengah mati sang ayah ketika melacaknya haha.
Overall film ini memuaskan banget! Yang sedikit aku kurang suka dari film ini cuma satu sih, endingnya kenapa happy ending? hehehe.


[8/10Bintang]

0 comments:

Post a Comment