Friday 19 October 2018

[Review] Dear Nathan Hello Salma: Perjalanan Cinta Nathan Salma Semakin Rumit


#Description:
Title: Dear Nathan: Hello Salma (2018)
Casts: Jefri Nichol, Amanda Rawles, Susan Sameh, Devano Danendra, Surya Saputra, Karina Suwandi, Gito Gilas, Diandra Agatha, Sonia Alexa, Rendi John, Ozan Arkania
Director: Indra Gunawan
Studio: Rapi Films

#Synopsis:
Kini, hubungan asmara Nathan (Jefri Nichol) dan Salma (Amanda Rawles) berjalan dengan baik seperti orang pacaran pada umumnya. Nathan juga kini sudah tinggal bersama dengan ayahnya (Surya Saputra) beserta dengan ibu dan adik tirinya. Sementara itu di sekolah, Nathan menjadi siswa yang terus berusaha menjadi lebih baik. Salma berhasil melakukan progres perubahan untuk kekasihnya itu. Kebahagiaan terus mewarnai kehidupan Nathan dan Salma.


Suatu hari, mendengar temannya merendahkan Salma, Nathan terpancing emosi. Ia berkelahi dengan temannya itu. Nathan pun lebih memutuskan untuk pindah sekolah daripada harus meminta maaf pada sekolah dan temannya. Akibat perkelahian tersebut Salma dibuat kesal dan emosi pada Nathan. Salma menganggap bahwa Nathan ternyata sikapnya tidak bisa berubah. Salma juga semakin membenci Nathan usai mengetahui ia memutuskan untuk pindah sekolah. Tanpa mendengarkan penjelasan dari kekasihnya itu, Salma memutuskan untuk mengakhiri hubungannya dengan Nathan. 
Disekolah barunya Nathan berusaha menjadi siswa yang lebih baik lagi. Disana ia kembali bertemu dengan teman lamanya yakni Beni (Rendi John). Tak membutuhkan waktu lama, Nathan cepat beradaptasi dengan lingkungan sekolahnya. Nathan yang tampan serta masih mempunyai fisat usil cepat dikenal banyak orang terutama para siswi disekolah.



Rasa sedikit penyesalan dan kerinduan yang dirasakan Salma pada Nathan membuat teman Salma yakni Rahma (Diandra Agatha) memberi inisiatif untuk temannya agar membuka kembali komunikasi antara Salma dan Nathan. Tapi hal itu malah membuat Salma baper dan sakit hati. Di sisi lainnya, Nathan tak sengaja bertemu dengan Rebecca (Susan Sameh) yang kerap murung, dianggap "sampah" oleh para siswa disekolah gara-gara berasal dari keluarga broken home. Melihat kondisi Rebecca membuat Nathan serasa waktu dirinya sebelum bertemu dengan Salma. Nathan lantas mau membantu Rebecca untuk bangkit dari keterpurukannya serta membangkitkan semangat hidupnya. Nathan ingin menjadi seperti Salma yang bisa membangkitkan semangat hidup seseorang. 
Seiring berjalannya waktu, Rebecca perlahan mulai bisa bangkit dari keterpurukannya. Kebersamaan dengan Nathan membuat Rebecca malah baper. Ia ingin memiliki hubungan lebih serius dengan Nathan. Tapi sayang, Nathan tidak jatuh cinta pada Rebecca. Nathan hanya murni sebatas teman yang ingin menolong saja. Disatu sisi lainnya, Ayahnya Salma (Gito Gilas) akhirnya pulang kerumah setelah dinas di luar negeri selama tiga tahun. Melihat foto-foto kebersamaan anaknya dengan Nathan, membuat sang ayah khawatir. Ia kemudian memerintahkan Salma untuk lebih fokus pada pendidikan dan melanjutkan studi ke perguruan tinggi negeri.



Dilanda rindu, Nathan akhirnya nekat datang ke rumah Salma. Disana ia bertemu dengan ayahnya. Tanpa basa basi, sang ayah sangat keberatan anaknya mempunyai hubungan dengan Nathan. Ia memaksa Nathan untuk menjauhi Salma. Nathan yang awalnya merasa keberatan akhirnya menerima keputusan itu. Ia tak ingin orang yang dicintainya itu harus memilih antara dirinya atau orang tuanya. Salma merasa semakin tertekan dengan kondisi yang ia rasakan sekarang. Ayahnya sangat melarang dirinya untuk bersama dengan Nathan, ditambah Salma dijodohkan dengan Ridho (Devano Danendra) yang sama sekali tak ia cintai serta paksaan masuk fakultas kedokteran yang ayahnya suruh juga apalagi. Salma hanya bisa menceritakan keluh kesahnya di perkumpulan persaudaraan Love Your Self yang diprakarsai oleh Rebecca. Usai bertemu dengan Rebecca, Salma merasa sedikit lebih lega. Disana juga Salma bertemu kembali dengan Nathan. Akankah hubungan mereka kembali bersatu?


#Review:
Meskipun tidak menyentuh angka jutaan penonton tapi film DEAR NATHAN (2017) surprisingly memberikan kualitas serta performa para pemain yang cukup memuaskan. Tak cuma itu saja respon para pecinta film Indonesia terhadap film ini cukup positif. Hal tersebut membuat sang sutradara dan produser film ini langsung membuatkan kelanjutan cerita Nathan dan Salma lewat DEAR NATHAN: HELLO SALMA (2018) yang akan tayang di bioskop Indonesia mulai 25 Oktober 2018 mendatang.
Press Conference dan Gala Premiere DEAR NATHAN: HELLO SALMA (2018) berlangsung pada tadi malam, 18 Oktober 2018 di Cinema XXI Epicentrum Jakarta. Dijumpai pada saat Press Conference, sang penulis skenario, produser dan sutradara film menceritakan perjalanan proses shooting dan pembuatan naskah skenario. Proses shooting film ini berlangsung ketika bulan ramadan kemarin. Hampir 90% cerita versi film setia mengikuti versi novelnya. Namun Indra Gunawan selaku sutradara mengutarakan hanya sedikit cerita yang ia modifikasi dan menambahkan beberapa karakter agar konflik dan cerita dalam filmnya semakin kompleks.



Untuk segi cerita, sekuel film ini tampil cukup baik dalam melanjutkan kisah cinta antara Nathan dan Salma. Di sekuelnya ini tak hanya membahas drama cinta remaja SMA semata, mereka menambahkan drama keluarga hingga pergolakan emosi, batin dan mental seorang remaja SMA dalam menghadapi sebuah cobaan hidup.
Semua karakter dalam film ini terasa cukup berkaitan satu sama lain. Problematika film ini semakin seru diikuti ketika muncul karakter-karakter baru. Sosok Rebecca yang diperankan Susah Sameh jika dibahas lebih jauh lagi dan tidak terlalu dibuat cepat berubah mungkin akan jauh lebih mengesankan karena karakter Rebecca mungkin akan sangat related dengan siswa-siswi yang mempunyai permasalahan serupa. Hadirnya sosok Ridho menurutku pribadi terasa cukup dipaksakan untuk muncul dalam film ini. Ia muncul hanya untuk memperkeruh suasana antara Nathan-Salma tanpa adanya pendalaman karakter lebih dalam. Poin plus untuk film ini kembali diberikan pada duet Nichol-Amanda yang menampilkan performa chemistry semakin manis, kuat dan terasa melengkapi satu sama lain.



Nichol semakin apik menghadirkan Nathan yang kali ini jauh bisa dikontrol namun semakin gombal haha. Amanda surprisingly mampu menampilkan progres Salma dari film pertamanya. Sosok masing-masing orangtua dari Nathan dan Amanda juga semakin menguatkan film ini. Surya Saputra tampil berhasil menjadi sosok ayah yang selalu mendewasakan anaknya. Gito Gilas dan Karina Suwandi juga tampil melengkapi sebagai ayah-ibu dari Salma yang punya sikap otoriter tinggi namun mempunyai alasan yang sangat jelas dan masuk akal. Sisi komedi-romantis yang ditampilkan Nathan semakin sweet dan sukses membuat penonton tersenyum juga tertawa disepanjang film.
Dari semua film duet antara Jefri Nichol dan Amanda Rawles film DEAR NATHAN (2017) dan DEAR NATHAN: HELLO SALMA (2018) merupakan film terbaik dari mereka berdua!


[8/10Bintang]

0 comments:

Post a Comment