Friday 21 June 2019

[Review] Toy Story 4: Babak Awal Woody Melihat Dunia


#Description:
Title: Toy Story 4 (2019)
Casts: Tom Hanks, Tim Allen, Annie Potts, Tony Hale, Keanu Reeves, Keegan Michael Key, Jordan Peele, Christina Hendricks, Madelaine McGraw, Ally Maki, Joan Cusack, Bonnie Hunt, Kristen Schaal, Wallace Shawn, John Ratzenberger, Blake Clark, Don Rickle, Estelle Harris
Director: Josh Cooley
Studio: Walt Disney Pictures, Pixar Animation Studios

#Synopsis:
Usai menyelamatkan mainan mobil-mobilan yang terjebak aliran air hujan didepan rumah, Woody (Tom Hanks), Buzz Lightyear (Tim Allen), Jessie (Joan Cusack), Dolly (Bonnie Hunt), Trixie (Kristen Schaal), Rex (Wallace Shawn), Slinky (Blake Clark), Hamm (John Ratzenberger), Mr & Mrs Potato (Don Rickles & Estelle Harris) harus menerima kenyataan Bo Peep (Annie Potts) beserta dengan ketiga kambingnya (Emily Davis) akan dibawa keluar dari rumah Andy (Jack McGraw) karena sudah tidak pernah dimainkan lagi oleh adiknya.


Tujuh tahun berlalu, kini Woody, Buzz Lightyear dan kawan-kawan tinggal bersama dengan pemilik barunya Bonnie (Madeleine McGraw) setelah Andy tumbuh dewasa dan duduk di bangku kuliah. Woody dan kawan-kawan merasa sangat bahagia bisa kembali menjadi mainan anak-anak dan tidak berakhir menjadi sampah. Saat ini Bonnie akan memasuki sekolah taman kanak-kanak dan memulai orientasinya disana. Bonnie malas dan selalu ketakutan karena diharuskan berinteraksi dengan orang baru. Melihat kondisi Bonnie yang ketakutan itu membuat Woody mempunyai ide untuk menemani Bonnie ke sekolah, meskipun beresiko mainan yang dibawa murid ke sekolah akan disita oleh guru.
Tiba di sekolah, Bonnie kebingungan dan masih malu untuk berinteraksi dengan sesama murid. Ia lebih memilih menyendiri dan mencoba fokus membuat prakarya yang ditugaskan gurunya. Didalam tas, Woody lalu berinisiatif keluar dan membantu memberikan benda-benda di tempat sampah untuk bisa dirakit oleh Bonnie. Berkat bantuan Woody, Bonnie berhasil merakit sebuah prakarya mainan dari sebuah sendok-garpu plastik dengan ditempeli dua bola mata, perekat untuk menempelkan dua sendok eskrim, sikat pembersih pipa dan lem. Prakarya pertama Bonnie itu lalu diberi nama Forky (Tony Hale). Bonnie sangat menyukai dan menyayangi mainan barunya itu. Tapi tidak dengan Forky, ia selalu merasa dirinya hanya sampah bukan mainan yang layak dimiliki oleh anak-anak. Forky selalu berusaha kabur dari tangan Bonnie, bersembunyi di tong sampah hingga parahnya lagi ia melarikan diri saat Bonnie dan ayah-ibunya dalam perjalanan untuk berliburan dengan menyewa mobil RV.


Melihat Forky kabur, membuat Woody terpaksa keluar dari mobil untuk mencari Forky. Ia tak ingin melihat Bonnie sedih kehilangan mainan yang paling ia sukai. Woody berjanji pada teman-temannya untuk segera menemukan Forky dan menyusul mereka ke tempat liburan secepatnya. Beruntung, Forky bisa ditemukan dengan cepat oleh Woody. Disepanjang jalan menuju tempat liburan, Woody terus menasehati dan meyakinkan Forky bahwa dirinya adalah sumber kebahagiaan Bonnie.


Ketika tiba di tempat liburan, Bonnie panik melihat Forky yang tidak ada di kasurnya. Ibu dan ayahnya lantas langsung mencari keberadaan Forky. Sementara itu Buzz, Jessie dan yang lainnya juga ikut panik karena Woody dan Forky belum juga sampai ke mobil. Bonnie terus menangis karena kehilangan mainan kesayangannya. Sementara itu, saat Woody dan Forky tinggal satu langkah lagi ke mobil Bonnie, ia melihat lampu meja disebuah toko barang antik bernama Second Chance Antique Store. Woody merasa lampu meja itu adalah milik Bo Peep dan ketiga kambingnya yang dulu ada dikamar adiknya Andy. Ia lalu mengajak Forky sebentar masuk ke toko barang antik itu untuk memastikan apakah Bo Peep ada disana atau tidak.



Ketika berada didalam sana, Woody dan Forky bertemu dengan Gabby Gabby (Christina Hendricks) boneka perempuan yang dikawal oleh boneka The Benson's. Gabby langsung tertarik melihat Woody yang masih mempunyai speaker suara normal dan mempersilahkan mereka berdua untuk masuk ke dalam sebuah lemari pajangan. Setibanya disana, Woody dan Forky malah dikurung karena Gabby berencana akan mengambil secara paksa speaker yang ada didalam tubuh Woody. Dilanda kepanikan, Woody kemudian berusaha untuk bisa lolos dari tangan Gabby dan juga The Benson's.




Akhirnya Woody berhasil kabur dari toko barang antik tersebut dan pergi mencari mobil Bonnie untuk meminta pertolongan karena Forky gagal kabur dari tangan The Benson's. Di perjalanan itu Woody tak sengaja bertemu kembali dengan Bo Peep yang kini terlihat seperti boneka yang tangguh dan kuat. Rupanya setelah Bo Peep pergi dari keluarga Andy, ia ditempatkan di toko barang antik itu. Bo Peep memutuskan untuk kabur dan lebih memilih hidup bebas tanpa harus dimiliki oleh anak-anak karena selama di toko barang antik itu juga ia terabaikan dan berdebu. Selama tujuh tahun itu juga Bo Peep bertahan hidup menjadi boneka tangguh diluaran sana dan mendapatkan pengalaman-pengalaman luar biasa yang mampu mengubah sudut pandangnya selama ini. Bo Peep berteman dengan Giggle McDimples (Ally Maki) dan kenal dengan hampir semua mainan di toko barang antik. Woody lalu meminta bantuan pada Bo Peep untuk menyelamatkan Forky dari tangan Gabby Gabby.
Sementara itu, Buzz Lightyear memutuskan untuk keluar dari mobil dan mencari keberadaan Woody dan Forky. Diperjalanan itu Buzz bertemu dengan Bunny (Jordan Peele) dan Ducky (Keegan Michael-Key) yang terjebak sebagai mainan hadiah. Tak lama kemudian, Buzz Lightyear berhasil menemukan Woody dan juga kembali bertemu dengan Bo Peep. Mereka lalu berencana untuk masuk kembali ke toko barang antik itu. Bo Peep juga disana meminta bantuan Duke Caboom (Keanu Reeves) untuk bisa menyelematkan Forky dari tangan Gabby Gabby.
Akankah Woody, Bo Peep, Buzz Lightyear, Giggle McDimples, Ducky, Bunny, The Sheeps dan Duke Caboom berhasil menyelamatkan Forky?


Review:
Berjarak 9 tahun dari jilid ketiganya tak membuat Disney•Pixar kehilangan semangat dan ide untuk menghadirkan kelanjutan cerita dari Woody, Buzz Lightyear dan kawan-kawan. Awalnya aku pribadi agak worried dengan keputusan Disney•Pixar ini kembali melanjutkan kisah Toy Story ini karena menurutku, ending dari jilid ketiganya sudah sangat sempurna sebagai penutup dari Saga ini. Tapi keraguanku itu terpatahkan sudah usai menonton film TOY STORY 4 (2019) di bioskop pada 21 Juni 2019 kemarin.


Jilid keempatnya ini masih sama seperti tiga judul lainnya yaitu berfokus pada sebuah petualangan dan penyelamatan. Namun hal itu sama sekali tak membuatku bosan. Aksi Woody dan kawan-kawan selalu menghibur dengan segala kelakuan dan gesture mereka masing-masing. Cukup mengejutkan juga jokes-jokes simple di jilid keempatnya ini sangat berhasil memancing tawa penonton. Porsi komedi muncul dari kepolosan Forky yang selalu menganggap dirinya sampah, Buttercup, Trixie, Rex dan mainan lama Andy yang selalu bertingkah dan berdialog konyol, duo Bunny Ducky yang aku kira bakal annoying tapi ternyata menampilkan performa yang gila banget. Tak cuma itu saja, di jilid keempatnya ini sang sutradara Josh Cooley juga memberikan sensasi horror jumpscared yang kadarnya disesuaikan untuk semua umur lewat karakter Gabby Gabby dan pengawalnya si The Benson's yang sekilas mirip perpaduan antara boneka Annabelle, Chucky dan boneka seram di film DEAD SILENCE (2007) nya James Wan.


Seperti yang sudah-sudah, film Toy Story dan film-film Disney•Pixar lainnya selalu mempunyai signaturenya yaitu beberapa golden moments yang menguras emosi, air mata dan perasaan penonton di dalam filmnya. Di TOY STORY (2019) ini moment emas yang menguras emosi muncul lewat keputusan yang diambil oleh Woody dan juga musuhnya yaitu Gabby Gabby. Dua karakter tersebut berhasil menyajikan plot dan motif yang sangat powerful. Moral value dari mereka sangat menyentuh dan mengharukan. Keputusan Woody mengubah rencana hidupnya ini smooth banget dan sesuai dengan apa yang ia rasakan selama berpetualang bersama Bo Peep dan menyelamatkan Forky. Begitu juga dengan Gabby Gabby, meskipun terlihat menyeramkan tapi ternyata motif yang ia tampilkan sangatlah mulia dan mengharukan. Menurutku ini adalah salah satu villain film terbaik yang pernah ada.


SELURUH karakter mainan dalam film ini dimanfaatkan sebaik mungkin oleh penulis skenario dan sang sutradara. Kehadiran mereka tidak ada yang useless, semuanya bahu membahu dengan baik menghadirkan cerita yang bagus, semakin luas dan tetap terkendali. Para pengisi suara film TOY STORY 4 (2019) juga memberikan performa yang tidak mengecewakan. Visual dan musik yang dihadirkan juga memuaskan! Kelar nonton dibikin kepengen untuk mempunyai merchandise dan action figure Toy Story!
Overall, film TOY STORY 4 (2019) is one of the best animated movie all the time. To infinity and beyond! Welcome to real-life Woody! Let's get wild!


[9.9/10Bintang]

0 comments:

Post a Comment