Saturday 22 February 2020

[Trivia] 10 Film Indonesia Paling Berkesan Dalam 20 Tahun Terakhir



Dua dekade terakhir, industri perfilman Indonesia semakin mengalami peningkatan baik dari segi kualitas film, produksi film, maupun pendapatan jumlah penonton yang diraih selama penayangan di bioskop.
Diantara ribuan judul film Indonesia yang sudah dirilis dari tahun 2000 hingga 2020, kami berhasil merangkum Top 10 Film Indonesia yang menurut kami cukup mengesankan dan juga sukses menyita perhatian penonton ketika tayang di bioskop.

1. Petualangan Sherina

Film Petualangan Sherina merupakan film anak-anak bergenre drama musikal yang dirilis pada 7 Juni 2000 lalu. Film PETUALANGAN SHERINA menjadi salah satu film pionir kebangkitan Film Indonesia setelah mati suri di era tahun 90an. Film PETUALANGAN SHERINA berkisah tentang dua orang anak yaitu Sherina (Sherina Munaf) dan Saddam (Derby Romero) yang awalnya bermusuhan terpaksa bekerja sama untuk bisa terbebas dari kejaran penculik ketika mereka sedang berliburan. Deretan lagu-lagu musikal yang ada di film ini juga sukses mencetak hits dan menjadi salah satu album lagu anak-anak terbaik sepanjang masa. Dua dekade berlalu, Miles Films memberikan sebuah petunjuk kecil bahwa akan menggarap sekuel film ini.


Official Trailer Film PETUALANGAN SHERINA (2000)
Directed by: Riri Riza
Casts: Sherina Munaf, Derby Romero, Mathias Muchus, Uci Nurul, Didi Petet, Ratna Riantiarno
Produced by: Miles Films

2. Laskar Pelangi

Novel mega best seller karya Andrea Hirata yaitu LASKAR PELANGI diangkat ke layar lebar dan dirilis di bioskop pada 26 September 2008 lalu. Film ini memecahkan rekor sebagai Film Indonesia pertama sepanjang sejarah yang sukses menembus empat juta lebih penonton ketika penayangan di bioskop, sebelum akhirnya rekor tersebut dipatahkan delapan tahun kemudian oleh film WARKOP DKI REBORN dan juga dua film DILAN. Film yang disutradarai oleh Riri Riza ini sukses menghadirkan film inspiratif tentang dunia pendidikan di Bangka Belitung. Tak hanya itu saja, film ini sukses menjadikan Pulau Bangka Belitung menjadi tujuan wisata populer di Indonesia.


Official Trailer Film LASKAR PELANGI (2008)
Directed by: Riri Riza
Casts: Cut Mini, Ikranagara, Zulfanny, Ferdian, Verrys Yamarno, Slamet Rahardjo
Produced by: Miles Films

3. Keramat

Film horror karya sutradara Monty Tiwa berjudul KERAMAT yang dirilis pada 3 September 2009 silam ini boleh dibilang sebagai salah satu film horror Indonesia terbaik sepanjang masa. Dengan mengusung tema mockumentary, film ini sukses menampilkan serangkaian terror mencekam lewat kisah sebuah produksi film yang mengalami kejadian supranatural disaat mereka sedang shooting di Jogjakarta. Moment-moment jumpscare otentik yang dihadirkan oleh Monty Tiwa tampil begitu menyeramkan dan membekas dibenak para penonton. Unsur budaya jawa serta mitos-mitos yang ditampilkan dalam film ini juga sangat kuat sehingga semakin meningkatkan ketegangan film ini.


Official Trailer Film Keramat (2009)
Directed by: Monty Tiwa
Casts: Poppy Sovia, Migi Parahita, Sadha Triyuda, Diaz Ardiawan, Monty Tiwa
Produced by: Starvision Plus & Moviesta Pictures

4. Tanda Tanya (?)

Film karya Hanung Bramantyo yang dirilis pada 7 April 2011 sukses menyita perhatian seluruh warga Indonesia. Pasalnya, tema film yang diangkat film ini tentang konsep pluralisme agama di Indonesia. Sebagian ormas agama yang ada di Indonesia saat itu mengecam film ini tayang di bioskop karena mereka menganggap film ini tak sesuai dengan agama yang mereka yakini. Aksi protes film yang dibintangi Revalina S. Temat, Reza Rahadian, Agus Kuncoro, Endhita, Rio Dewanto dan Hengky Solaiman ini semakin besar dan terjadi dimana-mana. Namun aksi protes dari masyarakat luas ini berbanding terbalik dengan prestasi film ini, dimana film TANDA TANYA sukses masuk nominasi Film Terbaik, Skenario Terbaik dan Cerita Asli Terbaik di Festival Film Indonesia tahun 2011.



Official Trailer Film Tanda Tanya (2011)
Directed by: Hanung Bramantyo
Casts: Revalina S. Temat, Reza Rahadian, Endhita, Rio Dewanto
Produced by: Mahaka Pictures

5. 5cm

Film adaptasi dari novel best seller semakin memeriahkan industri film layar lebar Indonesia. Tahun 2012 silam, tepatnya pada tanggal 12 Desember 2012, masyarakat Indonesia dihebohkan oleh sebuah film adaptasi novel best seller karya Donny Dhirgantoro berjudul 5CM. Film ini mengisahkan perjalanan lima orang sahabat mendaki puncak Gunung tertinggi di Pulau Jawa yaitu Gunung Mahameru. Film produksi Soraya Intercine Films ini sukses meraih lebih dari dua juta penonton selama penayangan di bioskop. Tak hanya itu saja, film 5CM juga berhasil meraih gelar Film Terpuji di ajang Festival Film Bandung 2013. Film yang disutradarai oleh Rizal Mantovani ini sukses menyajikan visual spektakuler puncak Gunung Mahameru dengan menambahkan unsur nasionalisme dan persahabatan dalam filmnya.


Official Trailer Film 5cm (2012)
Directed by: Rizal Mantovani
Casts: Fedi Nuril, Herjunot Ali, Raline Shah, Denny Sumargo, Igor Saykoji, Pevita Pearce
Produced by: Soraya Intercine Films


6. Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck

Salah satu karya sastra legendaris dari Buya Hamka yaitu TENGGELAMNYA KAPAL VAN DER WIJCK diangkat ke layar lebar oleh Soraya Intercine Films. Dengan mengambil setting waktu pada era tahun 1930an, Sunil Soraya selaku sutradara dan produser film ini menyajikan kisah cinta dramatis antara Zainuddin dan Hayati yang terhalang oleh adat dan budaya bugis. Film ini juga sukses menjadi Box Office Indonesia No.1 pada tahun 2013 lalu dan banyak mendapat nominasi bergengsi diajang penghargaan perfilman tingkat nasional.


Official Trailer Film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck (2013)
Directed by: Sunil Soraya
Casts: Herjunot Ali, Pevita Pearce, Reza Rahadian, Randy Danistha, Arzetti Bilbinna
Produced by: Soraya Intercine Films


7. Cahaya Dari Timur: Beta Maluku

Rumah produksi Visinema Pictures, pada 19 Juni 2014 menghadirkan sebuah film drama yang mengisahkan kehidupan seorang pelatih sepak bola asal Ambon yaitu Sani Tawainella semasa tinggal di Ambon, Maluku. Film yang disutradarai oleh Angga Dwimas Sasongko ini sukses menyajikan kisah tak hanya perjalanan hidup Sani Tawainella, tapi turut menampilkan budaya dan kondisi sosial masyarakat Ambon yang sangat kuat. Film CAHAYA DARI TIMUR: BETA MALUKU ini juga sukses menampilkan kualitas terbaik dari aktor Chicco Jerikho dan mendapatkan penghargaan sebagai Best Leading Actor di Festival Film Indonesia 2014.


Official Trailer Film Cahaya Dari Timur: Beta Maluku (2014)
Directed by: Angga Dwimas Sasongko
Casts: Chicco Jerikho, Shafira Umm, Abdurrahman Arif, Bebeto Leutually, Aufa Assegaf
Produced by: Visinema Pictures


8. The Raid 2: Berandal

Salah satu film aksi paling bombastis di sepanjang sejarah perfilman Indonesia tentu adalah dua film produksi Merantau Films yaitu THE RAID dan sekuelnya, THE RAID 2: BERANDAL. Film ini memberikan standar paling tinggi untuk film aksi dan laga yang ada di Indonesia. Tak hanya itu saja, berkat film inilah tiga aktor utamanya yaitu Iko Uwais, Joe Taslim dan Yayan Ruhiyan sukses menapaki karier di industri perfilman Hollywood. Dua film THE RAID ini berkisah tentang pemberantasan mafia kejahatan dengan cara menyamar masuk ke dunia kejahatan. Film ini dirilis pada 28 Maret 2014 lalu dan sukses mencetak Box Office di Indonesia maupun di Amerika Serikat.



Official Trailer Film The Raid 2: Berandal (2014)
Directed by: Gareth Evans
Casts: Iko Uwais, Joe Taslim, Yayan Ruhiyan, Arifin Putra, Julie Estelle, Donny Alamsyah
Produced by: Merantau Films, XYZ Films


9. Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak

Film terbaru karya sutradara Mouly Surya berjudul MARLINA SI PEMBUNUH DALAM EMPAT BABAK yang dirilis di bioskop Indonesia pada 16 November 2017 lalu ini sukses mencuri perhatian pecinta film disaat film ini tayang perdana di Cannes Film Festival dan Toronto International Film Festival 2017. Tak hanya itu saja, film yang dibintangi Marsha Timothy ini juga sukses menyabet sepuluh Piala Citra Festival Film Indonesia 2018.




Official Trailer Film Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak (2017)
Directed by: Mouly Surya
Casts: Marsha Timothy, Dea Panendra, Egy Fedly, Yoga Pratama
Produced by: Cinesurya Pictures, Kaninga Pictures


10. Dua Garis Biru

Penulis skenario Gina S. Noer akhirnya keluar dari zona nyamannya dengan menggarap sebuah film drama terbaru produksi Starvision Plus dan Wahana Kreator berjudul DUA GARIS BIRU yang dirilis pada 11 Juli 2019 lalu. Film yang dibintangi Angga Yunanda dan Adhisty Zara ini sukses menyajikan sebuah film drama yang menampilkan tentang pendidikan seks sejak dini beserta dampaknya bagi masa depan. Film DUA GARIS BIRU ini sukses menjadi Film Indonesia No.3 Terlaris di tahun 2019. Tak hanya itu saja, berkat film ini juga nama aktor Angga Yunanda dan Adhisty Zara semakin bersinar dan diperhitungkan di industri perfilman Indonesia. Prestasi terbaru dari film DUA GARIS BIRU ini yaitu sukses menyabet dua Piala Citra Festival Film Indonesia 2019 untuk Best Original Screenplay & Best Supporting Actress serta mendapat gelar Film Terpuji di Festival Film Bandung 2019.




Official Trailer Film DUA GARIS BIRU (2019)
Directed by: Gina S. Noer
Casts: Angga Yunanda, Adhisty Zara, Cut Mini, Arswendi Beningswara, Lulu Tobing, Dwi Sasono
Produced by: Starvision Plus, Wahana Kreator


Top 10 honorable mentions:

1. Pengabdi Setan directed by Joko Anwar
2. Imperfect directed by Ernest Prakasa
3. Ada Apa Dengan Cinta 2 directed by Riri Riza
4. Badoet directed by Awi Suryadi
5. Habibie & Ainun directed by Faozan Rizal
6. Keluarga Cemara directed by Yandy Laurens
7. Ayat-Ayat Cinta directed by Hanung Bramantyo
8. Selamat Pagi, Malam directed by Lucky Koeswandi
9. Suzzanna: Bernapas Dalam Kubur directed by Rocky Soraya
10. Sultan Agung directed by Hanung Bramantyo

Kaleidoskop Film Indonesia Paling Berkesan click here.

0 comments:

Post a Comment