Wednesday 19 August 2020

[Review] Alive (Saraitda): Kisah Survival Ditengah Wabah Zombie


#Description:
Title: Alive (2020)
Casts: Ah-In Yoo, Shin-Hye Park, Hyun-Wook Lee, Bae-Soon Jeon, Hye-Won Oh
Director: Il Cho
Studio: ZIP Cinema, Perspective Pictures, Lotte Entertainment


#Synopsis:
Oh Joon-wo (Ah-In Yoo), terbangun dari tidur di apartmentnya seorang diri. Ibu dan adik perempuannya sedang pergi. Joon-wo tergolong anak yang pemalas dan hanya menghabiskan hari-harinya dengan bermain game. Menjelang sore, Joon-wo mendengar suara teriakan di luar apartment. Disaat ia mencoba untuk mengecek lewat balkon apartment, Joon-woo dikejutkan dengan kondisi para penghuni dan warga yang berlarian. Setelah mengamati lebih detail, warga-warga ternyata terkena wabah virus Zombie. Joon-woo terkejut dan berusaha berlindung di dalam apartment seorang diri.
Hari demi hari terus berlalu. Hampir semua penghuni apartment sudah berubah menjadi Zombie liar dan haus akan darah. Joon-woo yang masih bisa bertahan hidup perlahan mulai kehabisan supply makanan. Aliran listrik dan air pun mulai mati. Joon-woo frustasi dan mulai menyesali karena tidak ikut bersama ibu dan adiknya pergi. Hingga pada titik paling melelahkan, Joon-woo memutuskan untuk gantung diri ketimbanh harus mati oleh serangan Zombie.
Disaat Joon-woo akan mengakhiri hidupnya, tiba-tiba disebrang apartmentnya ada seorang wanita yang masih bertahan hidup. Ia adalah Kim Yu-bin (Shin-Hye Park). Mereka kemudian berkomunikasi satu sama lain dengan berbagai cara agar tidak terendus oleh kawanan Zombie. Hadirnya Yu-bin membuat Joon-woo optimis bisa keluar dari apartment dan mencari pertolongan bersama dengan Yu-bin. Akankah keduanya selamat dari wabah Zombie yang tiba-tiba menyeruak di Korea?


#Review:
Industri film Korea pada tahun 2016 lalu dihebohkan dengan sebuah film survival bertema Zombie berjudul TRAIN TO BUSAN (2016). Film tersebut sukses mencetak rekor Box Office Korea dan menjadi salah satu film Zombie paling laris dalam sejarah perfilman. Empat tahun kemudian, dua film Zombie terbaru dari Korea siap tayang di bioskop pada tahun ini. Namun sayang, akibat Pandemi Corona Virus yang hingga saat ini masih mewabah diseluruh dunia, film #ALIVE / #SARAITDA (2020) yang semula dijadwalkan tayang pada Juni 2020 kini langsung rilis melalui platform digital dan video on demand. Sementara itu sekuel TRAIN TO BUSAN: PENINSULA (2020) percaya diri tetap dirilis di bioskop sejak akhir Juli 2020 lalu.
Untuk segi cerita, film ALIVE (2020) ini memang tidak dibuat se-grande film TRAIN TO BUSAN (2016). Film ini lebih menonjolkan kisah survival secara personal dalam menghadapi wabah Zombie. Tanpa basa basi, di awal film, ALIVE (2020) langsung memberikan terror mencekam yang sangat intens. Namun, setelah terror tersebut, penonton langsung diajak melihat seorang pria pemalas bertahan hidup disebuah apartment. Moment ini sedikit membuatku bosan karena terlalu banyak hal mainstream dan adegan yang berulang tapi tak membuat simpati pada karakter Joon-woo. Penyelamat paling kuat dalam film ALIVE (2020) ini ada di tangan karakter Kim Yu-bin. Kemunculannya membuat film ini tidak terjebak dalam kebosanan sampai babak akhir film. Konflik semakin menarik disaat keduanya memutuskan untuk keluar dari apartment dan kembali terjebak dengan konflik baru yang cukup cerdik soal umpan. Meskipun tidak semegah film TRAIN TO BUSAN (2016), efek visual dan scoring musiknya masih berhasil memacu adrenalin dan ketegangan penonton.



[7.5/10Bintang]

1 comment: