Tuesday 18 August 2020

[Review] Host: Ketika Meeting Zoom Berubah Menjadi Sajian Horror


#Description:
Title: Host (2020)
Casts: Haley Bishop, Jemma Moore, Emma Louis Webb, Radina Drandova, Caroline Ward, Alan Emrys, Seylan Baxter, Patrick Ward, Edward Linard
Director: Rob Savage
Studio: Shudder, ShadowHouse Films


#Synopsis:
Ditengah situasi Pandemi Corona Virus dan Lockdown, enam orang sahabat yaitu Haley, Jemma, Emma, Radina, Caroline dan Alan mengadakan meeting Zoom untuk mengatasi kebosanan. Di sesi virtual meeting tersebut Haley mempunyai ide untuk bermain kuis. Tapi, setelah selang beberapa menit, Jemma dan yang lainnya merasa bosan. Bahkan Alan beserta dengan pacarnya left dari virtual meeting tersebut.
Jemma kemudian sedikit bercerita tentang temannya di sekolah yang tewas dengan cara gantung diri. Ia lalu berinisiatif mengundang seorang cenayang bernama Seylan untuk membantunya bisa berkomunikasi dengan roh temannya itu. Haley dan Emma yang awalnya merasa khawatir dengan ide dari Jemma ini akhirnya sepakat untuk mengikuti semua arahan yang diberikan oleh Seylan. Mereka kemudian melakukan ritual pemanggilan roh secara virtual.
Setelah berjalan selama beberapa menit, Seylan meminta kepada siapapun untuk berbicara jika merasakan hal yang berbeda di sekitar mereka. Satu demi satu mulai merasakan hal itu. Namun disaat ketegangan mulai menghampiri, Jemma malah bercanda dan membuat prank seolah-olah ia diganggu oleh roh temannya itu. Haley, Emma, Radina dan Caroline merasa kesal dengan sikap Jemma yang berhasil prank dan membuat mereka ketakutan. Namun disaat yang bersamaan pula, Seylan left dari virtual meeting karena koneksi internetnya tiba-tiba terputus.


Jemma lalu mencoba untuk menenangkan teman-temannya yang masih panik dan kaget. Namun diluar dugaan, satu persatu teman-temannya malah mengalami hal-hal aneh. Lampu meja disamping Emma tiba-tiba pecah. Begitu juga dengan Caroline yang mendengar suara-suara ganjil dari atas kamarnya. Kepanikan pun kembali menghampiri mereka semua. Haley yang tengah duduk pun ditarik kemudian diseret dan terjatuh. Apakah yang sebenarnya terjadi?


#Review:
Ritual pemanggilan setan dengan menggunakan metode Ouija atau Jelangkung sudah biasa dan banyak ditemukan dalam film-film horror mainsteream. Namun bagaimana jadinya jika hal menyeramkan tersebut dilakukan secara online melalui aplikasi virtual meeting Zoom?


Sebuah film horror terbaru karya sutradara Rob Savage (@dirrobsavage) ini menjadi buah bibir di kalangan pecinta film horror di sosial media terutama Twitter belakangan ini. Film yang baru saja dirilis secara digital di platform Shudder pada akhir Juli lalu berhasil menyajikan sensasi terror mengerikan dari sebuah virtual meeting aplikasi Zoom. Premis ceritanya sendiri sangatlah sederhana tentang enam orang sahabat yang mengadakan virtual meeting ditengah situasi Pandemi CoVid-19. Mereka kemudian melakukan ritual pemanggilan arwah dengan dibantu seorang cenayang. Kejadian dan kisah berikutnya mungkin sudah bisa ditebak akan seperti apa.
Ditangan Rob, film ini berhasil menyajikan intens horror yang mengerikan dari awal hingga akhir film. Durasi yang tidak melar hanya 57 menit ini dimanfaatkan dengan amat baik untuk menyajikan storyline dan jumpscare yang tidak terprediksi. Jajaran pemainnya juga memberikan performa sangat baik dan tidak se-annoying yang dibayangkan. Yang cukup membuatku terkejut adalah nama karakter yang ada dalam film ini semuanya adalah nama para aktor aktris itu sendiri. Jika kamu menyukai film-film semacam UNFRIENDED (2014), franchise PARANORMAL ACTIVITY dan #Searching maka kamu akan sangat menyukai film ini. Karena level kengeriannya sudah melampaui tiga film diatas! Best horror of the year so far.


[9/10Bintang]

0 comments:

Post a Comment