Sunday 19 March 2023

[Review] Cocaine Bear: Kisah Beruang Mabok Yang Menggemparkan Hutan Di Georgia



#Description:
Title: Cocaine Bear / Crazy Bear (2023)
Casts: Keri Russell, Brooklynn Prince, Christian Convery, Alden Ehrenreich, O'Shea Jackson Jr, Ray Liotta, Isiah Whitlook, Margo Martindale, Matthew Rhys, Jesse Tyler Ferguson, Kristofer Hivju, Hannah Hoekstra, Aaron Holiday, JB Moore, Scott Seiss
Director: Elizabeth Banks
Studio: Lord Miller Productions, Brownstone, Jurassic Party, Universal Pictures


#Synopsis:
Di tahun 1985, aksi berbahaya dan diluar nalar dilakukan oleh Andrew Thornton (Matthew Rhys). Ia menjatuhkan kiriman paket narkoba kokain dari pesawat yang dinaikinya. Setelah sengaja membuang paket narkoba kokain itu, Andrew melakukan terjun bebas dengan mengandalkan parasut sambil membawa tas ransel berisikan paket kokain lainnya. Namun sayang, aksi yang dilakukan tersebut malah merenggut nyawanya. Ia seketika tewas dan tubuhnya mendarat di wilayah Tenneesse, Amerika Serikat. Jasad tubuh Andrew kemudian ditangani oleh pihak kepolisian yang dipimpin oleh Detektif Bob (Isaiah Whitlook).


Keesokan harinya, dua pendaki yang sedang menjelajah pegunungan dan hutan lindung di wilayah Chattahoochee Oconee tak sengaja melihat seekor beruang hitam yang berperilaku aneh. Keduanya yang berusaha tetap tenang malah diserang secara brutal oleh beruang tersebut hingga menyebabkan salah satu dari mereka tewas.
Disisi lain, dua anak kecil yaitu Deedee (Brooklynn Prince) dan Henry (Christian Convery) sengaja bolos sekolah dan ingin pergi ke hutan untuk mencari air terjun tersembunyi. Jika keduanya berhasil menemukan air terjun tersebut, Deedee ingin segera mengabadikan pemandangan indah tersebut dengan cara melukisnya. Mereka pun bergegas pergi ke hutan saat ibunya Deedee yaitu Sari (Keri Russell) sedang bekerja sebagai perawat di rumah sakit.



Waktu terus berlalu, Sari yang baru tiba di rumah terkejut saat mengetahui kabar dari guru jika Deedee dan temannya, Henry bolos sekolah. Sari kemudian melihat tas milik Henry yang tertinggal di halaman rumahnya dan menemukan sebuah peta yang mengarah pada air terjun tersembunyi. Sari pun bergegas pergi ke tempat pengawas hutan untuk mencari informasi tentang anaknya itu.
Sementara itu, disaat Deedee dan Henry sedang berjalan menyusuri hutan, mereka tak sengaja menemukan sebuah paket yang terbungkus lakban di semak-semak. Setelah dibuka, paket tersebut berisi narkoba kokain. Keduanya langsung membuang paket itu karena rasanya sangat tidak enak. Rupanya aroma narkoba kokain yang ditemukan oleh Deedee dan Henry itu mengundang seekor beruang hitam menghampiri mereka. Aksi kejar-kejaran pun tak terhindarkan. Henry langsung memanjat pohon untuk berlindung. Sementara itu, Deedee dibawa pergi oleh beruang tersebut.
Sari akhirnya masuk ke hutan bersama dengan petugas keamanan bernama Liz (Margo Martindale) dan aktivis satwa liar yaitu Peter (Jesse Tyler Ferguson). Dalam perjalanan itu, Sari menemukan beberapa jejak dari Deedee dan Henry yang terjatuh di tanah. Ketiganya langsung mengikuti jejak tersebut dengan harapan mereka bisa segera menemukan Deedee dan Henry.



Di sisi hutan yang lain, anak buah dari Andrew Thornton yaitu Daveed (O'Shea Jackson) dan Eddie (Alden Ehrenreich) mendapat tugas dari bos mereka, Syd (Ray Liotta) untuk secepatnya menemukan paket narkoba kokain yang sengaja dibuang oleh Andrew di hutan. Mereka ditemani oleh seorang remaja berandal bernama Vest (JB Moore) yang mengaku sudah menemukan salah satu tas berisikan paket narkoba kokain tersebut.
Orang-orang yang masuk ke dalam hutan ternyata tidak menyadari jika ada bahaya mengancam keselamatan mereka semua. Seekor beruang hitam yang kecanduan narkoba kokain siap memangsa mereka satu persatu. Akankah ada yang berhasil keluar dengan selamat dari hutan tersebut?


#Review:
Akhir Februari lalu, rumah produksi Universal Pictures merilis sebuah film thriller komedi baru yang terinspirasi dari kejadian unik tentang seekor beruang hitam yang kecanduan narkoba kokain berjudul COCAINE BEAR (2023). Dari premis tersebut, aku sudah sangat yakin jika film ini akan penuh dengan jokes receh khas film-film komedi Hollywood. Yang tak kalah mengejutkan, film COCAINE BEAR (2023) ternyata disutradarai oleh aktris cantik Elizabeth Banks. Seperti yang sudah kita ketahui, Elizabeth Banks dikenal sebagai aktris yang mempunyai ciri khas dalam urusan berkomedi. Sudah banyak film yang ia bintangi mayoritas pasti bergenre drama dan komedi. Sebelum menyutradarai film ini, Elizabeth Banks sudah mendapat kepercayaan untuk menggarap film PITCH PERFECT 2 (2015) dan CHARLIE'S ANGELS (2019).


Untuk segi cerita, Elizabeth Banks dan Jimmy Warden menyajikan kisah tentang insiden COCAINE BEAR yang menghebohkan wilayah Georgia, Amerika Serikat di tahun 80an itu penuh dengan jokes receh dari setiap karakternya. Mungkin untuk sebagian penonton, jokes khas Elizabeth Banks tersebut bisa saja terasa cringe banget. Namun bagi penonton yang sudah terbiasa dengan jokes tersebut, pasti akan tertawa melihatnya. Selain dibuat ngakak, film ini juga menampilkan serangkaian adegan sadis yang eksekusinya lumayan bikin ngilu penonton. Aksi kejar-kejaran beruang dengan beberapa karakter tampil gila sekaligus menghibur. Adegan di kantor petugas hutan dan Ambulance menjadi part yang paling klimaks banget di film ini. Sensasi kocak, menegangkan, greget dan bikin takut benar-benar menyatu dengan sangat baik. Semua karakter yang tidak sengaja pada masuk ke hutan pun masing-masing mendapatkan porsi petualangan yang menarik. Khususnya perjalanan karakter Sari dan juga Deedee. Ending dari film COCAINE BEAR (2023) pun selain membuka sisi keberanian dari para karakter, Elizabeth Banks juga menyuarakan tentang hak-hak dari satwa liar yang seharusnya tidak perlu diganggu dan disakiti oleh manusia. Mereka tidak akan menyerang manusia jika manusia nya memancing terlebih dahulu, meskipun beruang di film ini sedang mabok narkoba kokain haha.
Terlepas dari segala kelucuan dan kesadisan aksi beruang mabok, film COCAINE BEAR (2023) ini masih ada beberapa hal yang mengganjal bagiku. Treatment nuansa tahun 80an nya kurang banget. Hampir disepanjang durasi film, suasana kehidupan dari para karakternya tidak berbeda jauh dengan era modern. Selain itu, ada satu pertanyaan tentang mengapa karakter Deedee masih bisa selamat, padahal dia juga sempat memakan narkoba kokain tersebut dan dibawa ke sarang beruang? Gejala mabok yang dialami oleh beruang juga menurutku tidak dibuat konsisten tingkat keseramannya. Beberapa visual efek yang dihadirkan pun masih ada yang terlihat kurang smooth.
Overall, film COCAINE BEAR (2023) cukup berhasil menyajikan kegilaan beruang mabok dan menyerang siapapun yang ada dihadapannya. Banks, you're madness!



[7.5/10Bintang]

0 comments:

Post a Comment