Saturday 18 March 2023

[Review] The Whale: Kisah Guru Bertubuh Besar Yang Berusaha Memperbaiki Hidupnya



#Description:
Title: The Whale (2023)
Casts: Brendan Fraser, Sadie Sink, Hong Chau, Ty Simpinks, Samantha Morton
Director: Darren Aronofsky
Studio: A24, Protozoa Pictures


#Synopsis:
Charlie (Brendan Fraser) adalah seorang guru dan instruktur Bahasa Inggris yang full memberikan pelajaran pada siswanya secara Online melalui Virtual Meeting. Selama sesi mengajar, Charlie tak pernah menghidupkan kameranya dan hanya menampilkan suara saja. Untungnya hal tersebut tak menjadi masalah bagi para murid.
Rupanya ada alasan yang mendasari Charlie tak ingin dilihat lagi oleh orang luar. Ia mengidap obesitas cukup parah hingga kesulitan untuk bergerak dan bernafas. Bahkan dalam beberapa tahun terakhir, kondisinya terus menurun dan membuat sahabatnya yang berprofresi sebagai perawat yaitu Liz (Hong Chau), selalu datang ke rumah untuk memantau kesehatan Charlie.


Suatu hari, Charlie kedatangan seorang pendakwah muda dari gereja New Life bernama Thomas (Ty Simpkins). Ia sengaja mengundang Thomas untuk beberapa hari kedepan lantaran tertarik dengan apa yang diyakini oleh Thomas tentang tuhan. Namun kehadiran Thomas itu membuat Liz kesal dan memintanya untuk segera pergi dari rumah. Liz mempunyai alasan tersendiri mengapa ia sangat membenci agama dan gereja New Life. Liz sangat yakin, yang diperlukan Charlie saat ini bukanlah ceramah dan siraman rohani, melainkan dokter dan diyakinkan untuk segera dibawa ke rumah sakit.


Suatu hari, Charlie kedatangan seorang gadis remaja bernama Ellie (Sadie Sink) yang merupakan anak kandungnya dari pernikahan terdahulu dengan Mary (Samantha Morton). Charlie sangat senang akhirnya ia bisa bertemu dengan Ellie setelah delapan tahun terpisah. Charlie berharap hubungannya dengan Ellie bisa membaik dan siap memberikan apa saja demi anaknya itu.
Disisi lain, Ellie yang awalnya datang menemui Charlie hanya untuk meminta uang perlahan mulai membuka diri untuk bisa berbicara dengan ayahnya itu. Kebersamaan yang terjalin diantara mereka berdua membuat Charlie sangat senang. Ia siap membayar berapapun asalkan Ellie selalu datang menemuinya. Selain itu, Charlie juga siap membantu mengerjakan tugas Ellie agar anaknya itu tidak dikeluarkan dari sekolah.



Hari demi hari terus berlalu. Semua rahasia yang selama ini dipendam oleh Charlie, Liz, Ellie, Mary bahkan Thomas akhirnya terkuak. Charlie berusaha semaksimal mungkin menjadi ayah yang baik bagi Ellie meskipun ia telah melakukan kesalahan besar terhadap keluarga di masa lalu. Liz yang sangat kecewa saat mengetahui sahabatnya itu masih saja memperdulikan Ellie dan Mary tanpa melihat kondisi fisiknya yang harus segera dibawa ke rumah sakit. Mary yang sudah menyerah dengan sikap Ellie gara-gara semakin diluar kendali hingga Thomas yang mempunyai hubungan buruk dengan orangtuanya setelah ketahuan mengkonsumsi narkoba. Akankah Charlie bisa memperbaiki hidup dan hubungannya menjadi lebih baik lagi dengan Ellie?


#Review:
Rumah produksi A24 secara mengejutkan bersinar terang di ajang Academy Awards ke-95 yang digelar 12 Maret lalu. Selain film EVERYTHING EVERYWHERE ALL AT ONCE (2022) yang sukses menyabet tujuh Piala Oscars, film A24 lainnya yaitu THE WHALE (2023) juga berhasil mendapat dua Piala Oscars untuk kategori Best Actor dan Best Makeup - Hairstyling.


Film THE WHALE (2023) menyajikan konflik dan development setiap karakternya sangat cemerlang. Cerita tentang kehidupan Charlie bisa memberikan dua perspektif penilaian yang berbeda pada penonton. Disatu sisi, penonton bisa merasakan empati yang luar biasa pada Charlie karena obesitasnya yang semakin parah. Harapan terakhir dirinya yang ingin memperbaiki hubungan dengan sang anak hingga rela melakukan apa saja sukses membuatku terharu dan menahan untuk tidak meneteskan air mata. Namun disisi lainnya, rahasia yang terkuak tentang masa lalu Charlie yang memilih untuk meninggalkan keluarga demi laki-laki yang dicintainya itu juga terasa sangat egois karena demi mengejar hawa nafsu semata. Pergolakan batin yang dilalui Charlie ini menurutku sangatlah luar biasa. Berkali-kali Charlie selalu mengatakan maaf kepada siapapun yang mendatangi rumahnya. Rasa penyesalan karena telah meninggalkan istri dan anaknya terpancar sangat kuat dari ekspresi hingga aura karakter Charlie disepanjang film. Selain karakter Charlie yang tampil gemilang, perhatian penonton juga sukses terpaku pada karakter Liz, Ellie dan juga Thomas dengan segala motivasi yang mereka bawa. Emosi dan kebencian yang diluapkan Liz memang terasa lebay, namun sikapnya itu mungkin bisa dimaklumi karena ia harus mengalami perceraian orang tua dan ayahnya yang memilih untuk menjalin hubungan dengan laki-laki. Meskipun mendapat respon sangat negatif dari anaknya, Charlie tetap menyayangi Ellie dan selalu mengingatkan jika sesungguhnya Ellie itu anak yang baik dan cerdas. Klimaks film THE WHALE (2023) ditutup dengan dahsyat! Narasi tentang cerita "Moby Dick" antara Charlie dengan Ellie benar-benar GONG MOMENT banget!


Untuk jajaran pemain, penampilan Brendan Fraser yang comeback main film sebagai pemeran utama setelah cukup lama vakum sangatlah mengagumkan. Range emosi yang ia tampilkan benar-benar luar biasa. Ditambah lagi dengan penggunaan prostetik obesitasnya yang ia pakai selama memerankan karakter Charlie. Duh kebayang banget sesak dan beratnyaa! Tak heran jika dua aspek ini mendapat gancaran dua Piala Oscars!
Untuk menambah kelamnya suasana, sutradara Darren Aronofsky menampilkan film THE WHALE (2023) dengan rasio gambar square serta tone film yang benar-benar gloomy disepanjang durasi. Selain itu, elemen scoring musik juga surprisingly unik banget. Intensitasnya terus meningkat hingga mencapai klimaksnya ditutup dengan keheningan yang menyesakkan dada!
Overall, film THE WHALE (2023) menjadi salah satu film drama Hollywood yang berhasil menyajikan kisah dramatis tentang penyesalan, penebusan kesalahan serta mengajak penontonnya untuk bisa hidup lebih sehat dan bijak lagi. Brendan Fraser is awesome!


[8.5/10Bintang]

0 comments:

Post a Comment