Thursday 14 November 2013

[Review] Noah Awal Semula: Rockumentary Band Terbesar di Indonesia



#Description:
Title: Noah: Awal Semula (2013)
Casts:  Nazril Irham, Mohammad Kautsar Hikmat, Ilsyah Ryan Reza, Loekman Hakim, David Kurnia Albert
Director: Putrama Tuta
Studio: 700 Pictures, Berlian Entertainment, Musica Studios



#Trailer:



#Synopsis:
Peterpan, adalah sebuah Band asal Kota Bandung yang memulai karier nya diawal tahun 2000-an. Semua album dan lagu yang mereka buat sukses dipasaran. Ariel, Uki, Lukman, Reza, Indra & Andhika banyak dikagumi seluruh maysarakat Indonesia. Akan tetapi kesuskesan mereka mulai diuji ketika kedua personel mereka yaitu Indra dan Andhika terpaksa harus keluar dari Peterpan, kemudian berlanjut kepada kasus video sang vokalis yaitu Ariel yang cukup menggemparkan dikala itu yang membuat nama Peterpan semakin redup. Mereka kemudian terjatuh disaat karier Band Peterpan tengah berada dipuncak kejayaan.
Seluruh Team Band Peterpan kemudian berusaha keras mengembalikan kejayaan Peterpan dengan membuat sebuah Album dan Konser Instrumental untuk mengingatkan bahwa Peterpan itu masih ada, kemudian merekrut keyboardist baru yaitu David, lalu mereka mengganti nama band mereka dari Peterpan menjadi Noah dan puncaknya saat rangkaian tour konser Band Noah di 2 Benua 5 Negara dalam 1 Hari (September 2012), tour “Born to Make History” di delapan kota Indonesia (September - Oktober 2012) dan Konser Tunggal mereka di MEIS Ancol bertajuk “The Greatest Session of the History” 2 November 2012 lalu yang menjadi semacam pembuktian apakah Noah ini diterima atau ditolak.

#Review:
Kesuksesan Band Noah rupanya membuat Putrama Tuta (Catatan Si Boy) tertarik membuat sebuah Film bergenre Rockumentary. Beruntung hasil nya cukup memuaskan dan berada dijalur yang benar. Film Noah: Awal Semula ini digarap benar-benar bergaya Rockumentary. Diawal film kita diajak mengenal semua personel Peterpan (Sekarang Noah) lewat beberapa cuplikan cuplikan found footage, aksi fanatik para Sahabat Peterpan yang dihadang petugas keamanan, pembuatan album-album, hingga crowded konser konser Peterpan dan Noah dibeberapa kota dan negara yang sukses membuat saya merinding!
Film Noah: Awal Semula ini tak hanya bercerita tentang yang manis nya saja, kisah pahit pun ikut diperlihatkan dalam film ini. seperti Kasus yang menimpa Ariel, David yang mengidap penyakit serius, serta konflik konflik kecil khas anak band. Moment lucu dan menghibur juga tak lupa diselipkan seperti aktivitas sehari-hari para personel dan aksi Reza dan Lukman yang selalu menghibur setiap mereka muncul dilayar.
Film Noah: Awal Semula ini juga memberikan beberapa fakta baru dan sebuah lagu berjudul "Awal Semula" yang belum pernah dipublikasikan dimedia manapun. Inilah kelebihan dari sebuah Film bergenre Rockumentary, kita bisa mendapatkan sebuah informasi eksklusif dan bisa lebih dekat dengan semua Team dari Band Noah yang nyata tanpa dramatisasi.
Untuk segi visualisasi, mungkin Noah: Awal Semula ini tidak semegah dan seapik Rockumentary musisi luar negeri seperti Coldplay, Metalicca, Katy Perry atau Justin Bieber akan tetapi dari segi kualitas cerita Noah: Awal Semula ini sudah berada dijalur yang benar sebagai sebuah Film Rockumentary musisi. Kekurangan nya mungkin sepanjang foundfootage konser tidak ada keterangan waktu yang jelas dan ada di beberapa scene terlalu cepat dalam berpindah ke scene selanjutnya.
Film Noah: Awal Semula ini mempunyai pesan yang cukup sederhana yaitu memberikan motivasi semangat untuk terus berusaha bangkit dari keterpurukan dan untuk mencapai sebuah kesuksesan yang tidak sesaat tidak dengan cara instant melainkan hasil dari sebuah perjuangan dan kerja keras 
Overall, bagi Sahabat Noah ataupun penonton awam sangat disayangkan jika melewatkan Film Noah: Awal Semula ini di Bioskop.


[7.5/10 Bintang]

0 comments:

Post a Comment