Tuesday 30 October 2018

[Review] A Simple Favor: Menguak Misteri Hilangnya Seorang Ibu Cantik


#Description:
Title: A Simple Favor (2018)
Casts: Anna Kendrick, Blake Lively, Henry Golding, Ian Ho, Joshua Satine, Glenda Braganza, Andrew Rannells, Kelly McMormack, Dustin Milligan, Aparna Nancherla, Bashir Salahuddin, Nicole Peters, Lauren Peters, Jean Smart, Eric Johnson
Director: Paul Feig
Studio: Lionsgate 

#Synopsis:
Stephanie (Anna Kendrick) ibu satu orang anak ini cukup dikenal sebagai vlogger yang mengupas tips dan aktivitas sehari-hari untuk para ibu. Ia membesarkan Miles (Joshua Satine) seorang diri usai ditinggal pergi untuk selama-lamanya oleh sang suami, Davis (Eric Johnson) akibat kecelakaan mobil. Stephanie bertahan bisa membesarkan anaknya sendiri berkat asuransi yang ia dapatkan dari almarhum suaminya.


Suatu hari, saat akan menjemput anaknya pulang sekolah, Stephanie ia bertemu dan berkenalan dengan Emily Nelson (Blake Lively) seorang ibu muda cantik, dengan badan tinggi langsing layaknya seorang model. Anak semata wayang Emily yakni Nicky (Ian Ho) ternyata adalah teman dari Miles. Karena anak-anak mereka ingin terus bermain bareng, Emily mengajak Stephanie untuk mengunjungi ke kediamannya.


Setibanya disana, Stephanie begitu takjub dengan kekayaan dan kemewahan yang dimiliki keluarga Emily. Tak hanya itu saja, kemesraan antara Emily dan suaminya Sean (Henry Golding) membuat Stephanie cemburu lantaran mereka begitu terlihat dekat saling mencintai satu sama lain. Stephanie merasa beruntung bisa berkenalan dengan Emily.
Hari demi hari berlalu, Emily dan Stephanie saling terbuka satu sama lain. Bahkan mereka saling membicarakan rahasia yang mereka simpan selama ini. Bahkan ketika Emily sibuk dengan pekerjaannya sebagai seorang Direktur Promosi disebuah kantor fashion ternama, Stephanie bersedia membantu mengasuh dan menjaga Nicky.


Suatu ketika, Sean yang sedang menjenguk ibunya yang tengah sakit, Emily menitipkan Nicky pada Stephanie karena ada urusan kerja terbang ke Miami. Tanpa merasa keberatan, Stephanie menolong temannya itu. Usai terbang ke Miami. Emily malah hilang tanpa kabar. Teleponnya tidak aktif. Stephanie mulai khawatir akan kondisi Emily yang hilang. Bahkan Sean sendiri tidak mengetahui keberadaan sang istri.


Hilangnya Emily kemudian membuat Stephanie penasaran. Ia perlahan mulai mencari informasi terakhir keberadaan Emily. Ia mengunjungi kantornya, mencari informasi yang mungkin bisa menemukan titik terang. Namun sayang, seiring berjalannya waktu dan dibantu juga oleh pihak kepolisian, akhirnya mereka menemukan Emily dalam kondisi meninggal. Ia ditemukan tenggelam disebuah danau dan terindikasi mengkonsumsi heroin dalam tubuhnya.
Mendengar istrinya ditemukan dalam keadaan tak bernyawa, membuat Sean merasa terpukul. Ia tak menyangka Emily pergi secepat ini. Untungnya, Stephanie selalu menemani Sean dan Nicky ketika mereka dirundung duka atas kepergian Emily. Rasa perhatian yang diberikan Stephanie pada dirinya dan juga anaknya membuat Sean mulai tumbuh rasa sayang dan cinta kepada teman dari almarhum istrinya itu.
Sean pun menyatakan perasaannya pada Stephanie. Tak butuh waktu lama, keduanya tinggal bersama dirumah Sean. Suatu hari, ketika Stephanie menjemput kedua anaknya, Nicky mengatakan kalau ia melihat ibunya di taman sekolah. Sean dan Stephanie awalnya mengira anaknya itu berimajinasi saja, namun ternyata mereka salah. Keesokan harinya Nicky dan Miles kembali bertemu dengan sosok misterius yang konon itu adalah Emily. Ia menitipkan sebuah surat untuk Stephanie. Ketika membuka isi surat tersebut, Stephanie kaget. Ia diterror oleh sosok yang mengaku Emily.
Stephanie kemudian melapor kepada Sean dan pihak kepolisian atas kejadian tersebut. Ia juga tak tinggal diam, ia lalu kembali menyelidiki jejak surat serta telepon yang mengancamnya itu hingga membawa dirinya pada suatu fakta yang mengejutkan dan juga mengancam keselamatan Stephanie.

#Review:
Sebuah film drama komedi thriller kembali menghiasi industri film Hollywood. Kali ini berdasarkan novel laris, A SIMPLE FAVOR (2018) yang disutradarai oleh Paul Feig. Sebelumnya Feig sendiri sudah terkenal sebagai seorang sutradara dengan komedi khasnya. Terakhir karyanya yang aku tonton adalah THE HEAT (2013) dan SPY (2015).



Untuk film ini sang sutradara menyajikan komedinya dengan balutan misteri thriller. Sekilas ide dan konsep cerita ini mirip dengan GONE GIRL (2014) nya David Fincher yang dipadukan dengan SEARCHING (2018). Namun kemiripan ini hanya sebatas ide saja. A SIMPLE FAVOR (2018) justru menghadirkan misteri komedinya begitu asik dan enak untuk diikuti. Dialog-dialog serta gesture komedi khas Feig begitu terasa di semua karakter yang ada di film ini. Paruh pertama film kita langsung diajak berkenalan dengan Emily Nelson yang diperankan oleh salah satu bule perempuan sempurna versiku. Sosok Emily Nelson yang sangat perfeksionis serta memiliki rahasia gelap dalam dirinya dilakukan dengan anggun dan menawan oleh Lively. Anna Kendrick beruntung mampu mengimbangi moment misteri serta komedi dalam film ini lewat gesture serta dialognya yang awalnya ingin terlihat anggun dan so' cool tapi jatohnya norak hahaha. Karakter pendukung lainnya juga memberikan penampilan bagusnya. Henry Golding si Mr. Crazy Rich Asians ini tampil menawan dan selalu berhasil menggoda wanita disekelilingnya. Performance kedua bocah cilik yang diperankan Ian Ho dan Joshua Satine juga memperkuat dan meramaikan cerita.


Plot yang dihadirkan dalam film ini aku suka. Kita dibuat untuk ikut membantu Stephanie memecahkan misteri hilangnya Emily dari awal hingga akhir. Paruh awal hingga tengah film terasa asik banget. Menuju paruh akhir film, ketika konflik mulai menemukan titik terang dan twist disajikan, film ini menurutku terasa cukup dilema dalam memilih endingnya. Andai saja berujung full misteri thriller dan mengurangi intense komedinya mungkin tidak akan terasa seperti terburu-buru untuk disudahi.
Untuk segi musik scoring serta gambarnya aku sukaa banget! Terasa pas dengan seluruh adegan serta busana yang para pemain kenakan begitu fashionable dan memukau.
Overall, A SIMPLE FAVOR (2018) is another favorite comedy hollywood movie after GAME NIGHT (2018) and OCEAN'S 8 (2018)!


[8/10Bintang]

0 comments:

Post a Comment