Friday 7 August 2020

[Review] The Rental: Ketika Menyewa Rumah Untuk Liburan Berubah Menjadi Kekacauan

#Description:
Title: The Rental (2020)
Casts: Dan Stevens, Alison Brie, Sheila Vand, Jeremy Allen White, Toby Huss
Director: Dave Franco
Studio: Black Bear Pictures, IFC Films


#Synopsis:
Dua kakak beradik yaitu Charlie (Dan Stevens) dan Josh (Jeremy Allen White) mengajak pasangan mereka masing-masing untuk berliburan disebuah rumah yang terletak dipinggir pantai. Charlie bersama dengan istrinya yaitu Michelle (Alison Brie) dan Josh dengan kekasihnya, Mina (Sheila Vand). Mereka ingin menghabiskan akhir pekan dengan bersenang-senang melepaskan penat pekerjaan mereka di kota. Awalnya Mina yang pertama kali mendapatkan info soal lokasi rumah yang akan disewa itu. Tapi disaat dirinya mencoba untuk booking, ia ditolak oleh penyewa rumah yang bernama Taylor (Toby Huss), dengan alasan yang rasisme. Tapi selang beberapa jam kemudian, Josh mencoba untuk booking kembali dan berhasil. Hal itu membuat dirinya merasa tak nyaman dan kesal dengan perlakuan Taylor yang berbuat rasisme kepadanya.


Meskipun Mina tidak menyukai penyewa rumah, mereka memutuskan untuk tetap menyewa rumah tersebut karena mempunyai fasilitas dan pemandangan yang sangat indah. Setibanya disana, mereka disambut oleh Taylor. Mina yang melihat langsung Taylor masih dibuat kesal dan tak nyaman gara-gara perlakuan rasis itu. Taylor pun meminta maaf meskipun menujukkan gesture ia masih tidak suka dengan orang yang mempunyai nama atau raut berwajah arab.
Di hari pertama, mereka menghabiskan bersenang-senang di dalam rumah. Mina dan Charlie yang merupakan rekan satu pekerjaan mengkonsumsi obat-obatan dan minuman alkohol yang cukup banyak. Namun Michelle dan Josh memilih untuk tidak terlalu mabuk karena mereka ingin istirahat lebih awal setelah menempuh perjalanan jauh. Malam semakin larut. Kondisi Mina dan Charlie yang dibawah pengaruh obat-obatan dan alkohol memutuskan untuk berendam di kolam jacuzzi. Interaksi Mina dan Charlie semakin dekat. Keduanya bahkan nekat melakukan hubungan terlarang dibelakang pasangan mereka masing-masing.


Keesokan harinya, Charlie dan Mina komitmen agar tidak menceritakan apa yang mereka lakukan kepada Josh maupun Michelle. Setelah kejadian itu, Mina tetap merasa tidak enak kepada Josh maupun Michelle, meskipun Josh berulang kali mencoba menenangkannya. Kepanikan melanda Mina disaat dirinya menemukan kejanggalan di shower yang ada di dalam toilet. Setelah diperiksa lebih teliti, rupanya shower tersebut dipasangi kamera pengintai. Keduanya terkejut lalu meyakini jika Taylor sengaja memasang kamera tersebut. Mina tak ingin rekaman dirinya dengan Charlie bisa tersebar dan dilihat Josh maupun Michelle. Kepanikan juga dirasakan oleh Josh, disaat anjing kesayangannya hilang.



Malam harinya, giliran Michelle yang ingin bersenang-senang. Namun suami dan kedua temannya lebih memilih untuk tidak mengkonsumsi obat-obatan dan alkohol karena masih dilanda kekhawatiran soal hilangnya anjing dan insiden kamera pengintai itu. Michelle pun merasa sedih. Ia kemudian memilih untuk berendam di Jacuzzi demi menenangkan pikiran. Tapi ternyata Jacuzzi error, ia lantas memanggil Taylor untuk memperbaiki Jacuzzi itu.


Disaat Taylor datang ke rumah, tanpa basa-basi Josh langsung menanyakan perihal anjingnya yang hilang. Tak hanya itu saja, Mina pun mengajak Taylor ke toilet untuk meminta kejelasan tentang kamera pengintai yang terpasang di shower. Tapi Taylor tidak tahu soal anjing maupun kamera tersebut. Mina yang panik lalu mencoba menghajar Taylor tapi berhasil dihadang. Mendengar keributan di toilet membuat Josh marah dan langsung menghajar Taylor secara brutal hingga tak sadarkan diri.



Mina, Charlie dan Josh dibuat panik disaat kembali ke toilet, Taylor ditemukan tewas. Josh terkejut karena ia sangat yakin jika dirinya hanya memukul tak sampai membuat Taylor tewas. Mina, Charlie dan Josh kemudian sepakat untuk menyembunyikan kematian Taylor dengan membuang mayatnya ke laut. Charlie tak ingin adiknya menjadi tersangka dan dipenjara, sekaligus tak ingin bukti affair dirinya dengan Mina terbongkar gara-gara Taylor. Setelah berhasil menghilangkan jejak Taylor, Mina dan Charlie kemudian akhirnya menceritakan soal kamera pengintai yang dipasang di shower toilet. Mendengar hal tersebut membuat Michelle dan Josh terkejut. Charlie berjanji dan menjamin istrinya itu tak akan dilibatkan soal pembunuhan Taylor. Siapakah sebenarnya yang memasang kamera pengintai di rumah itu?


#Review:
Aktor yang melejit lewat film-film bergenre drama komedi dan aksi, Dave Franco kini mencoba untuk terlibat dibelakang layar sebagai seorang sutradara sekaligus penulis skenario film panjang berjudul THE RENTAL (2020). Melalui film ini, adik kandung dari aktor James Franco ini mencoba menyajikan sebuah cerita thriller psikologis tentang ketidaknyamanan soal privacy yang dimasukkan ke dalam cerita drama percintaan dan persahabatan dua pasangan antara Charlie-Michelle dan Josh-Mina. Development cerita serta sumber konflik yang dihadirkan film ini terbilang sangat menarik dan cukup kuat. film THE RENTAL (2020) mempunyai moment emas disaat ketakutan para karakter dalam film ini bersumber dari privacy yang tak boleh ketahuan oleh siapapun. Kegelisahan yang dialami oleh karakter Charlie dan Mina sukses ditularkan dengan sangat baik kepada penonton. Setiap tindakan dan dialog yang mereka lontarkan selalu memancing rasa penasaran. Psikologis keduanya benar-benar diuji untuk menyembunyikan rahasia serapi mungkin.


Setelah bermain-main dengan mengganggu psikologis penonton, Dave memberikan sensasi kengerian psikopat dengan style sadis & gore di paruh akhir film. Hal ini menurutku cukup unpredictable, meskipun agak sedikit terganggu dengan selipan humor khas Franco's Squad yang tiba-tiba muncul ditengah kengerian yang sudah tercipta. Untuk sebagian orang mungkin perpindahan dari thriller psikologis ke psikopat dengan style gore ini terbilang sudah terlalu mainstream, namun untuk aku pribadi, selama ketegangan dua genre ini masih terjaga dengan baik, film ini masih berhasil membuat penonton dibuat degdegan.


Ensemble casts film THE RENTAL (2020) ini juga tak disangka menampilkan performa yang tidak mengecewakan. Chemistry keempat pemain dan development karakternya juga bagus. Credit title juga disajikan dengan konsep yang tak biasa sekaligus menciptakan kengerian dan rasa penasaran. Overall, THE RENTAL (2020) is one of my favourite thriller-horror movie of the year so far.


[8/10Bintang]

0 comments:

Post a Comment