Sunday 19 February 2023

[Review] Knock at The Cabin: Tamu Tak Diundang Yang Memberikan Ancaman Kiamat!



#Description:
Title: Knock At The Cabin (2023)
Casts: Jonathan Groff, Ben Alridge, Kristen Cui, Dave Bautista, Nikki Amuka-Bird, Abby Quinn, Rupert Grint
Director: M. Night Shyamalan
Studio: Blinding Edge Pictures, FilmNation Entertainment, Universal Pictures


#Synopsis:
Wen (Kristen Cui), seorang anak perempuan berusia tujuh tahun tengah asyik mencari belalang di hutan. Disana, Wen tidak sendirian, ia sedang berliburan bersama kedua orangtuanya yaitu Eric (Jonathan Groff) dan Andrew (Ben Alridge) dengan menyewa sebuah rumah kabin. Dari kejauhan, Wen didatangi seorang pria bertubuh besar dan tinggi yang mengenakan kemeja putih bernama Leonard (Dave Bautista). Perlahan, keduanya mulai akrab. Leonard pandai membujuk Wen yang ingin bertemu dengan kedua orangtuanya. Namun Wen jadi takut dan panik saat mengetahui jika Leonard tidak sendirian. Dari kejauhan, Wen melihat tiga orang mendekatinya. Leonard berusaha menjelaskan jika tiga orang tersebut adalah temannya, namun Wen memilih untuk berlari secepat mungkin kembali ke kabin.


Melihat anaknya panik membuat Eric dan Andrew ikutan panik juga. Mereka langsung menutup dan mengunci semua akses masuk ke kabin. Namun sayang, Leonard bersama dengan ketiga temannya yaitu Sabrina (Nikki Amuka-Bird), Adriane (Abby Quinn) dan Redmond (Rupert Grint) berhasil menerobos masuk ke kabin. Aksi perlawanan pun dilakukan oleh Eric dan juga Andrew. Namun sayang, mereka gagal dan menyebabkan Eric harus mengalami gegar otak gara-gara kepalanya terbentur keras oleh Sabrina. Leonard dan yang lainnya langsung mengikat mereka berdua ke kursi. Leonard pun menjelaskan tujuan mereka datang menemui Eric, Andrew dan Wen bukanlah untuk merampok. Mereka berempat hanya memiliki sebuah pengelihatan yang sama tentang akan terjadi kiamat dan berbagai bencana besar dalam waktu dekat.

Satu-satunya cara untuk mencegah terjadinya kiamat yaitu dengan cara salah satu diantara mereka harus mengorbankan diri. Jika pengorbanan tidak dilakukan, mereka akan menjadi manusia terakhir yang selamat dari kiamat dan bencana besar di bumi. Eric dan Andrew curiga jika Leonard beserta yang lainnya itu hanya omong kosong belaka. Mereka lebih berfikir rasional ketimbang penuh delusional seperti Leonard dan ketiga rekannya.


Karena Eric dan Andrew menolak untuk mengorbankan diri, Redmond pun terpaksa harus mengorbankan dirinya dengan cara dibunuh oleh Leonard, Sabrina dan Adriane. Usai tewasnya Redmond, siaran televisi melaporkan berita tentang Tsunami raksasa akibat serangkaian gempa yang melanda wilayah pesisir Amerika Serikat. Leonard sangat yakin jika kejadian tersebut sebagai awal menuju kiamat. Kecurigaan muncul dari Andrew saat melihat jasad Redmond. Perawakannya sangat mirip dengan pelaku pemukulan dirinya dengan menggunakan botol saat sedang berada di bar beberapa tahun yang lalu. Andrew yakin jika Redmond melacak keberadaan dirinya kemudian memanipulasi Leonard, Sabrina dan Adriane untuk melampiaskan balas dendamnya pada Andrew setelah Redmond dijebloskan ke penjara.


Leonard membantah semua ucapan dari Andrew. Mereka mengatakan jika tidak kenal satu sama lain. Mereka juga yakin, kematian Redmond telah melepaskan penghakiman pertama pada umat manusia saat kiamat. Keesokan harinya, giliran Adriane yang mengorbankan diri lantaran Eric dan juga Andrew masih bimbang dan tidak mempercayai mereka. Usai tewasnya Adriane, berita di televisi dihebohkan dengan penemuan virus berbahaya yang menyebar sangat cepat dan menyebabkan banyak anak-anak meninggal dunia.
Mengapa semua kejadian yang terjadi pada Eric dan Andrew itu bisa berkaitan dengan semua bencana yang terjadi di bumi? Apakah semua perkataan Leonard itu terbukti?


#Review:
Di tahun 2023 ini, Sutradara M. Night Shyamalan kembali menghadirkan sajian film drama thriller terbarunya yang berjudul KNOCK AT THE CABIN (2023). Film ini diadaptasi dari novel The Cabin at The End of The World karya Paul G. Tremblay yang dipublikasikan pada tahun 2018 lalu. Dari trailer yang dirilis, Shyamalan memperlihatkan premis cukup menarik tentang Home Invasion dan dipadukan dengan ketakutan akan terjadinya kiamat. Sebuah kombinasi yang sangat anti-mainstream.


Untuk segi cerita, film KNOCK AT THE CABIN (2023) ini terasa agak sedikit asing bagi sebagian penonton. Paruh awal film, plot cerita dibuka dengan serangan dari empat orang terlihat seperti penjahat yang dialami oleh sebuah keluarga saat sedang berliburan. Seiring berjalannya durasi film, Shyamalan memberikan plot yang mengangkat kisah dari alkitab umat kristen yaitu tentang Four Horseman of The Apocalypse melalui keempat karakternya yaitu Leonard, Sabrina, Adriane dan Redmond. Keempat orang tersebut berusaha menghentikan terjadinnya kiamat dengan cara menumbalkan pasangan yang memiliki cinta murni diantara mereka. Untuk sebagian penonton yang tidak familiar dengan mitologi ini mungkin akan bingung karena eksekusi cerita dalam film ini dibuat tidak terlalu ringan. Terlepas dari alur ceritanya yang memang tak lazim khas Shyamalan, film KNOCK AT THE CABIN (2023) memberikan potret tentang bencana dan kiamatnya sungguh mengerikan. Meskipun visualnya hanya melalui footage di televisi tapi penonton sudah bisa membayangkan betapa dahsyatnya kiamat itu terjadi. Ngeri!


Untuk jajaran pemain, performance yang paling dieksplor aktingnya jatuh pada Jonathan Groff, Ben Alridge dan Dave Bautista. Kepanikan dan ketakutan yang mereka tampilkan begitu nyata. Penggunaan set lokasi yang hanya disebuah rumah kabin saja semakin menambah suasana depresif bagi para pemain.
Overall, film KNOCK AT THE CABIN (2023) memberikan pengalaman menonton yang tak biasa tentang tema Home Invasion. Unik dan aneh! Hahaha.


[6/10Bintang]

0 comments:

Post a Comment