Sunday 5 February 2023

[Review] Mendua: Potret Dunia Pernikahan, Perselingkuhan dan Perceraian Dari Pasangan Suami Istri!



#Description:
Title: Mendua - First Season (2022)
Casts: Adinia Wirasti, Chicco Jerikho, Bima Azriel, Tatjana Saphira, Winky Wiryawan, Jolene Marie, Karina Salim, Morgan Oey, Melissa Karim, Dennis Adhiswara, Widyawati, Aida Nurmala, Pierre Gruno, Willem Bevers, Djenar Maesa Ayu, Joshua Rundengan, Tuti Kembang, Agus Lemu
Director: Pritagita Arianegara
Studio: Screenplay Films, Drama Republic, BBC Studios, Disney Hotstar Indonesia


#Synopsis:
Kehidupan Sekar Atmajaya (Adinia Wirasti) boleh dikatakan sempurna sebagai seorang perempuan. Ia berprofesi sebagai Dokter yang digadang-gadang sebagai calon direktur selanjutnya di klinik tempat Sekar bekerja. Selain memiliki pekerjaan yang mapan, Sekar juga hidup harmonis dengan sang suami yaitu Ivan (Chicco Jerikho) dan anak semata wayang mereka yaitu Dennis (Bima Azriel). Perjalanan rumah tangga Sekar dan Ivan yang sudah terjalin 15 tahun itu membuat kagum orang-orang disekitar mereka. Salah satunya yaitu Rama (Winky Wiryawan) dengan sang istri, Marsha (Jolene Marie) yang merupakan adik dari Ivan. Mereka berdua terpesona melihat keharmonisan rumah tangga Sekar dan juga Ivan.
Namun perjalanan rumah tangga Sekar dan Ivan tak selalu berjalan mulus. Suatu hari, Sekar tak sengaja menemukan Face Mist berwarna pink dari saku jaket milik Ivan. Saat ditanyakan pada sang suami, Ivan mengaku jika benda tersebut pemberian dari rekan bisnisnya. Sekar pun tak ingin mempermasalahkan lebih jauh dan mempercayai Ivan. Seiring berjalannya waktu, Sekar kembali menemukan hal yang aneh pada barang-barang milik Ivan. Ia menemukan sehelai rambut panjang berwarna pirang menempel di pakaiannya Ivan. Selain itu, Sekar semakin curiga karena mencium aroma parfum asing dari pakaian tersebut. Sekar sekali lagi memutuskan untuk tidak ambil pusing dan memilih untuk tetap percaya jika Ivan tidak melakukan hal-hal aneh dibelakangnya. 


Waktu pun terus berjalan. Sekar lebih fokus untuk bekerja di klinik dan ikut test wawancara calon direktur klinik menggantikan rekannya yaitu Alya (Djenar Maesa Ayu) yang diberhentikan secara mendadak karena melakukan kesalahan fatal. Kedua rekan Sekar yaitu Safna (Melissa Karim) dan Felix (Dennis Adhiswara) sangat yakin jika Sekar bisa lolos seleksi dan terpilih menjadi direktur selanjutnya di klinik tempat mereka bekerja. Selain itu, klinik juga kedatangan Dokter baru dari pindahan dari klinik luar kota yaitu Sam (Ibrahim Risyad).
Suatu hari, Sekar mendapat undangan dari pasiennya yaitu Ibu Erika (Aida Nurmala) untuk menghadiri peluncuran butik milik anaknya yang baru saja pulang kuliah dari Amerika Serikat. Sekar pun mengajak Ivan untuk datang ke acara tersebut, meskipun pada awalnya Ivan menolak lantaran suami dari Ibu Erika yaitu Pak Rizal (Pierre Gruno) adalah calon investor yang gagal menjalin kerjasama dengannya. Suasana peluncuran butik milik Bella (Tatjana Saphira) pun berjalan dengan lancar dan meriah. Di acara tersebut, Sekar bertemu dengan salah satu pasiennya yaitu Jenny (Karina Salim) yang sedang diganggu oleh pacarnya, Gerry (Morgan Oey). Sekar pun meminta Jenny untuk segera mengakhiri hubungannya dengan Gerry karena sering mendapat perlakuan kasar.


Suatu ketika, ketenangan Sekar terusik saat Jenny meneleponnya dan mengabari jika ia melihat Ivan sedang berduaan dengan seorang perempuan muda. Sekar mencoba bersikap tenang dan berfikir mungkin saja itu adalah client dari suaminya. Namun gerak-gerik Ivan yang terlihat oleh Jenny sangat mencurigakan. Sekar pun meminta Jenny untuk mengikuti Ivan dan memotret mereka sebagai barang bukti. Setelah ditelusuri lebih lanjut, ternyata diam-diam Ivan menjalin hubungan terlarang dengan perempuan lain. Sekar pun meminta bantuan pada Jenny untuk hacking akun email Ivan dan mencari tahu tentang sosok perempuan yang berselingkuh dengan suaminya itu.
Setelah proses hacking, Jenny langsung mengirimkan beberapa file foto yang menampilkan kebersamaan Ivan dengan Bella. Tak hanya itu saja, terdapat beberapa foto Ivan dan Bella yang sedang bercengkrama dengan Rama, Marsha, Safna dan juga Felix saat mereka berliburan tanpa kehadiran Sekar. Melihat fakta tersebut membuat Sekar sangat patah hati sekaligus marah besar. Ia tak terima dibohongi oleh Ivan dan juga teman-teman disekitarnya. Setelah perselingkuhan Ivan dan Bella terungkap, Sekar pun langsung menceritakan hal tersebut pada ibunya Ivan yaitu Ibu Rosmina (Widyawati). Tapi ternyata, ibunya Ivan juga sudah mengetahui perselingkuhan anaknya itu dan meminta Sekar untuk tidak berlebihan karena hubungan Ivan dan Bella sudah terjalin selama dua tahun. Ibu Rosmina berharap Sekar bisa memaafkan Ivan demi kebaikan dirinya dan juga Dennis. Mendengar pernyataan sang mertua yang malah membela anaknya membuat Sekar semakin kesal dan marah. Sekar pun berencana untuk melakukan balas dendam atas sakit hatinya sebelum mengajukan gugatan cerai terhadap Ivan.


Sementara itu, Ivan mulai merasa jika sang istri mulai mengetahui hubungannya dengan Bella. Ivan pun tak ingin berpisah dengan Bella setelah mengetahui Bella tengah hamil muda. Namun disisi lain, Ivan juga tidak ingin bercerai dengan istrinya itu. Ia sangat membutuhkan Sekar dan juga Dennis untuk tetap berada disampingnya. Karena tidak ingin situasi semakin memburuk, Ivan pun memutuskan untuk meminta maaf pada Sekar dan untuk sementara waktu tidak akan menemui Bella. Perlahan tapi pasti, hubungan Sekar dan Ivan mulai akur demi kebaikan Dennis. Hal tersebut membuat Bella jadi kesal terhadap Ivan. Ia tak ingin kehilangan kekasihnya itu. Berbagai cara dilakukan oleh Bella agar bisa mendapatkan perhatian Ivan dan akhirnya berhasil. Beberapa kali Ivan menemui Bella tanpa sepengetahuan Sekar.
Semua yang dilakukan oleh Sekar mulai berdampak pada pekerjaannya sebagai Dokter. Ditengah kondisinya yang sedang lengah, Sekar harus menerima hukuman skorsing dari pemilik klinik yaitu Dokter Alex (Willem Bevers). Sekar diduga melakukan penggelapan obat-obatan tanpa sepengetahuan klinik. Aksi sabotase itu rupanya dilakukan oleh Gerry yang sangat kesal terhadap Sekar karena selalu ikut campur dalam hubungannya bersama Jenny. Selama masa hukuman, Sekar merasakan kesedihan luar biasa. Pencapaian dirinya sebagai Dokter dan terus mengejar jabatan penting di klinik sepenuhnya demi membahagiakan keluarga kecilnya di rumah. Namun apa yang Sekar alami saat ini malah membuatnya sakit hati dan kecewa.


Kesabaran dari seorang manusia pun ada batasnya. Sekar akhirnya memutuskan untuk membongkar perselingkuhan yang dilakukan Ivan dan kehamilan Bella pada saat acara syukuran keluarga Bella. Pertengkaran hebat pun terjadi. Sekar sangat lega akhirnya semua orang mengetahui tentang perselingkuhan Bella dengan suami orang lain. Ibu Erika dan Pak Rizal sangat terkejut dengan apa yang diucapkan Sekar. Mereka langsung mengusir Ivan dan memutuskan untuk menarik semua investasi dari bisnis yang sedang dikembangkan Ivan.
Sekar pun akhirnya secara resmi mengajukan gugatan perceraian ke pengadilan. Nasib rumah tangga mereka berada diujung tanduk. Selain itu, Sekar dan Ivan juga berebut hak asuh Dennis. Sekar pun langsung membuat sebuah rencana agar mendapatkan hak asuh anaknya meskipun rencana tersebut sangat beresiko tinggi bagi Sekar sebagai seorang ibu.



#Review:
Drama asal Inggris yang berjudul DOCTOR FOSTER (2015) sukses mencuri perhatian pecinta serial di dunia karena mengangkat kisah perselingkuhan dengan treatment thriller didalamnya. Serial yang dibintangi Suranne Jones itu berhasil menyabet penghargaan bergengsi di National Television Awards, Inggris selama dua tahun berturut-turut. Popularitas serial DOCTOR FOSTER (2015-2017) ini kemudian menarik perhatian beberapa negara untuk dibuat remake-nya. Tercatat hingga tahun 2023 saja, serial ini telah resmi diadaptasi ulang oleh delapan negara yaitu Perancis, Rusia, Korea Selatan, India, Turki, Filipina dan yang terbaru dari Indonesia dan Thailand. Salah satu adaptasi paling populer dan mencetak rekor yaitu dari Korea Selatan yang berjudul THE WORLD OF THE MARRIED (2020). Serial yang tayang di JTBC dan sempat on-going di Platform VIU ini menjadi salah satu drama serial paling banyak ditonton dalam sejarah pertelevisian Korea Selatan.


Untuk versi Indonesia, adaptasinya berjudul MENDUA (2022) yang disutradarai oleh Pritagita Arianegara. Serial ini diproduksi secara eksklusif oleh Screenplay Films yang bekerja sama dengan Platform Disney Hotstar Indonesia. Untuk segi cerita, premis dasar serial ini memang tidak terlalu jauh dengan versi aslinya. Ditangan Pritagita selaku sutradara dan Keke Mayang, Dono Indarto serta Sinar Ayu Massie selaku tim pengembang cerita, konflik yang dihadirkan serial ini terasa lebih dekat dan Indonesia banget namun tetap tidak menghilangkan signature khas tentang seorang istri yang kariernya gemilang dibandingkan sang suami. Pendalaman karakter dan development story dari sosok Sekar di serial ini boleh dibilang paling powerful dibandingkan karakter lainnya. Disepanjang delapan episode, penonton bisa dengan mudah berempati secara konsisten terhadap Sekar, meskipun pada beberapa bagian, keputusan dan sikap yang dilakukannya tidak sepenuhnya benar juga. Selain itu, sub-plot tambahan lainnya tentang karier Sekar sebagai dokter dan interaksi dirinya dengan orang-orang sekitarnya pun terasa believable. Aku suka saat serial ini menampilkan konflik Sekar dan mertuanya, saudara yang ikut campur urusan orang lain dan memanfaatkan moment pengajian untuk membongkar aib. Kerasa Indonesia banget karena bakalan mudah ditemukan disekitar kita hahaha.
Yang cukup disayangkan dari serial ini adalah plot konflik tentang klinik dan dunia medis yang terjadi disepanjang cerita. Meskipun aku hanya orang awam, tapi permasalahan tentang sabotase obat, program khitanan massal hingga seminar tentang khitan terasa jauh sekali dari rasionalitas. Selain itu, set klinik yang diciptakan dalam serial ini juga terlihat sekali sebagai sebuah set lokasi rumah mewah yang dirubah menjadi klinik.
Subplot tambahan dari karakter pendukung pun menurutku kebanyakan tidak terlalu masuk ke dalam konflik utama drama rumah tangga Sekar dan Ivan. Aku cukup kecewa melihat pengembangan karakter sahabat-sahabatnya Sekar dan Ivan itu alakadarnya gitu. Ditambah lagi, mereka semua malah dibuat sebagai komedi, bukan bikin emosi penonton makin meningkat. Kehadiran karakter Jenny juga awalnya dieksekusi dengan sangat baik, namun seiring berjalannya episode, peran Jenny terasa hilang dan semakin tidak berdampak besar pada karakter Sekar maupun Bella. Selain itu, kemunculan karakter Sam yang diperankan Ibrahim Risyad pun serba nanggung sebagai love interest Sekar. Andai saja serial MENDUA (2022) ini diberi minimal 10 episode saja, aku yakin beberapa kekurangan tadi bisa tampil lebih baik. Maafkan aku jika harus membandingkan keseluruhan aspek serial ini dengan versi serial Drakornya karena pada beberapa episode terlihat jomplang banget.


Untuk jajaran pemain, sudah jelas Adinia Wirasti menjadi bintang paling bersinar di serial MENDUA (2022). Adinia sangat meyakinkan dan berhasil menghidupkan karakter Sekar dengan memukau. Emosi marah, kesedihan hingga ekspresi bahagia bisa dilakukannya dengan mudah. Penampilan sang suami, Chicco Jerikho awalnya bikin penonton terpesona berkat looknya yang makin ganteng dan dewasa. Namun pada beberapa episode, performance Chicco sebagai Ivan sempat menurun. Penampilan Tatjana Saphira pun harus diberi apresiasi karena keberaniannya memerankan karakter pelakor yang sering menampilkan hubungan sensual disepanjang delapan episode. Untuk ensemble cast lainnya, meskipun memakai nama-nama yang cukup populer tapi agak kurang menonjol dan kebanting banget gara-gara performance Adina Wirasti. Seperti yang sudah aku sebutkan dibagian atas, mungkin gara-gara faktor pengembangan cerita masing-masing karakternya tidak maksimal dan terlalu singkat jadinya kurang mengesankan penontonnya.


Untuk urusan visual, treatment serial MENDUA (2022) ini memang terlihat sangat niat dan mahal ketimbang serial Indonesia yang semakin populer dalam dua tahun terakhir. Nuansa warna Navy Blue yang menjadi color highlight disepanjang episode cakep banget. Wardrobe, Make-Up dan Hair Stylist nya juga benar-benar flawless. Mungkin sedikit yang mengganjal bagiku adalah penggunaan ponsel yang digunakan para karakter di serial ini terasa jomplang sekali dengan kehidupan mereka sebagai kalangan menengah atas. Ponselnya keliatan banget Smartphone Android murah hahaha.
Overall, serial MENDUA (2022) masih worth it banget untuk ditonton. Moment emosi dan bikin gemesnya masih bisa kita rasakan. Final Episode nya juga dieksekusi dengan baik dan memang pantas diakhiri dengan seperti itu. Yuk segera nonton Serial Original MENDUA (2022) hanya di Disney Hotstar Indonesia!


[8/10Bintang]

0 comments:

Post a Comment