Wednesday 1 February 2023

[Review] The Offering: Kisah Menyeramkan Urban Legend Umat Yahudi Tentang Abyzou!



#Description:
Title: The Offering - Abyzou (2023)
Casts: Nick Blood, Emily Wiseman, Allan Corduner, Paul Kaye, Daniel Ben Zenou, Jodie Jacobs, Sofia Weldon, Anton Trendafilov, Velizar Binev, Jonathan Yunger
Director: Oliver Park
Studio: Millenium Media, Nu Boyana Film Studios


#Synopsis:
Arthur (Nick Blood) memutuskan untuk pulang ke kediaman ayahnya, Saul (Allan Corduner) dengan mengajak Claire (Emily Wiseman), istrinya. Sang ayah sangat senang saat melihat anak semata wayangnya itu akhirnya pulang setelah sekian lama pergi dari rumah.
Saul sendiri merupakan seorang pemuka agama Yahudi yang sering mengadakan siraman rohani di rumahnya. Selain itu, ia juga berprofesi sebagai pengurus jenazah umat Yahudi sebelum dikebumikan atau dikremasi oleh pihak keluarga. Disaat mereka bertiga sedang makan malam bersama, Saul mengajak Arthur untuk melakukan prosesi Mitzvah jenazah pria tua yang tewas bunuh diri dengan cara menusuk jantungnya dengan pisau. Arthur pun berusaha melepaskan pisaunya dan tak sengaja ia menjatuhkan kalung berwarna biru yang dikenakan oleh jasad tersebut.
Disaat Arthur sedang mengurus jasad, Heimish (Paul Kaye) yang merupakan kerja dari Saul datang ke kediaman Saul dan mengatakan jika dirinya merasa curiga jika Arthur memiliki rencana dibalik kepulangannya ke rumah. Namun Saul meminta pada rekannya itu agar tidak berlebihan dan melihat sisi positifnya saja soal kepulangan Arthur. Saul kemudian melanjutkan pekerjaan Arthur dan memintanya untuk istirahat sekaligus menemani istrinya. Saat Saul membersihkan jenazah tersebut, ia merasa aneh dengan pisau yang ditemukan pada tubuh jenazah. Ia kemudian berkonsultasi pada rekannya yang sesama pemuka agama untuk mengetahui tulisan tersembunyi di pisau itu.
Seiring berjalannya waktu, Claire tiba-tiba sering mengalami mimpi buruk. Ia selalu dihantui oleh seorang pria tua yang berusaha menyerang perut Claire. Tak hanya itu saja, Claire juga beberapa kali sering melihat penampakan misterius di dalam rumah Saul. Namun Claire berusaha bersikap tenang dan tidak ingin membuat kepanikan di rumah.
Kecurigaan Heimish ternyata benar adanya. Ia berhasil memergoki Arthur yang akan menggadaikan sertifikat rumah ayahnya agar bisa melunasi tunggakan dan rumah yang mereka miliki. Hal tersebut membuat Saul dan juga Claire sangat terkejut dengan apa yang sedang direncanakan oleh Arthur. Ia kemudian memutuskan untuk membatalkan rencana tersebut dan akan segera pulang keesokan harinya bersama dengan Claire.
Masalah baru muncul disaat Arthur terbangun dari tidurnya, ia mendapatkan kabar jika sang ayah telah meninggal dunia. Arthur sangat terkejut dan tak menyangka jika ayahnya itu pergi begitu cepat disaat ia ingin meminta maaf. Heimish dan rekan-rekan dari Saul pun dibuat kecewa terhadap Arthur karena menjadi penyebab kematian Saul. Disaat keluarga Saul sedang berduka, Claire kembali diganggu oleh penampakan seorang gadis kecil.
Setelah kematian Saul, Arthur juga mengalami hal yang sama. Ia selalu dihantui oleh sosok misterius setelah mendapatkan warisan beberapa benda milik ayahnya. Arthur kemudian melanjutkan penyelidikan tentang pisau milik jasad yang sudah dilakukan ayahnya itu dengan mendatangi rumah tempat ditemukan jasad tersebut. Disana ia menemukan sebuah rekaman video dan fakta yang mengerikan tentang ritual perjanjian dengan iblis Abyzou.
Disaat yang bersamaan, Claire mendapat tamu seorang wanita tua di rumahnya yang mengaku istri dari jasad yang sedang di Mitzvah disana. Wanita tersebut memohon pada Claire untuk mengizinkan dirinya untuk melihat jasad sang suami untuk yang terakhir kalinya. Karena tidak tega, Claire pun mengizinkan wanita tua itu untuk menemui jasad suaminya. Namun sayang, apa yang dilakukan Claire tersebut membangkitkan iblis Abyzou yang berusaha mengambil kehidupan keluarga Saul. Akankah Claire dan Arthur selamat dari ancaman iblis Abyzou?


#Review:
Setelah mencuri perhatian lewat film pendek horrornya, Kreator VICIOUS dan STILL yaitu Oliver Park kali ini dipercaya untuk menggarap film panjang pertamanya yang berjudul THE OFFERING (2023). Film ini diangkat dari urban legend Yahudi tentang iblis Abyzou yang di wilayah Timur Asia dan sebagian kecil Eropa.
Untuk segi cerita, film THE OFFERING (2023) memberikan premis yang cukup menarik karena mengangkat urban legend umat Yahudi yang terbilang sangat jarang dieksplor oleh sineas Hollywood. Plot yang dihadirkan oleh sang sutradara pun berjalan cukup baik, meskipun terasa sangat template film horror mainstream. Beberapa adegan jump scared tampil predictable namun ada juga yang berhasil dieksekusi dengan sangat baik. Dua adegan yang membuatku terkesan saat penampakan di pakaian yang menggantung serta konsep looping di babak akhir film. Konflik internal yang dialami keluarga Arthur menurutku terasa tidak lebay dan bisa kita temukan disekitar kita tentang buruknya hubungan ayah dengan anak, keraguan umat manusia akan agama dan kekuasaan tuhan. Urban legend Yahudi tentang iblis Abyzou pun akhirnya bisa dijelaskan dengan cukup baik dan details saat kekacauan terjadi di babak akhir film.
Untuk segi visual, film THE OFFERING (2023) terasa banget seperti film horror kelas B Hollywood. Ensemble casts yang main pun masih kurang meyakinkan dan keliatan banget berakting haha. Terlepas dari kekurangan visual dan performance pemainnya, film ini menurutku masih worth it untuk ditonton karena memberikan suasana baru tentang horror yang diangkat dari urban legend atau kepercayaan umat Yahudi, ditambah lagi jump scared nya untuk general audience cukup berhasil bikin terkaget-kaget!



[7/10Bintang]

0 comments:

Post a Comment