Thursday 26 January 2023

[Review] M3GAN: Ketika Robot Super Pintar Terlalu Over Protective Dan Membahayakan!



#Description:
Title: M3GAN (2023)
Casts: Allison Williams, Violet McGraw, Amie Donald, Jenna Davis, Ronny Chieng, Brian Jordan Alvarez, Jen Van Epps, Lori Dungey, Amy Usherwood, Jack Cassidy, Stephane Garneau-Monten
Director: Gerard Johnstone
Studio: BlumHouse Productions, Atomic Monster Productions, Universal Pictures


#Synopsis:
Disaat libur akhir tahun, Cady (Violet McGraw) beserta kedua orangtuanya berencana untuk menghabiskan waktu di rumah adik dari sang ibu yaitu Gemma (Allison Williams). Dalam perjalanan, mobil yang mereka kendarai harus melewati badai salju. Disaat sedang berhenti karena terjebak di jalanan yang tertutup salju serta keterbatasan jarak pandang, mobil mereka ditabrak oleh truk pembersih salju dan menyebabkan Cady harus kehilangan kedua orangtuanya untuk selama-lamanya.


Cady yang berhasil selamat dari kejadian tragis itu dibawa ke rumah sakit dan segera dijemput oleh Gemma. Setelah melewati masa pemulihan, Cady dipersilahkan untuk pulang. Gemma kemudian membawa keponakannya itu untuk sementara waktu tinggal bersamanya sambil menunggu surat hak asuh dari pihak kepolisian. Sejak kecelakaan tragis itu, Cady jadi lebih pendiam dan selalu menjauhi orang-orang. Cady selalu merindukan kehadiran kedua orangtuanya karena ia merasa kesepian dan sedih meskipun kini sudah tinggal dengan saudara dari ibunya.


Gemma pun dibuat bingung dalam mengambil keputusan. Disatu sisi ia ingin menemani Cady sepanjang hari, namun di sisi lainnya Gemma dikejar deadline pekerjaan untuk konsep mainan modern terbaru di perusahaan tempatnya bekerja yaitu FUNKI. Keadaan semakin diperparah saat perusahaan kompetitor berhasil memproduksi mainan yang sama persis namun dengan harga lebih murah. Bos dari Gemma yaitu David (Ronny Chieng) meminta Gemma dan rekan-rekannya untuk segera menciptakan mainan terbaru yang lebih inovatif dan tak bisa ditiru oleh kompetitor manapun.



Gemma, Cole (Brian Jordan Alvarez) dan Tess (Jen Van Epps) kemudian melanjutkan kembali project pembuatan Smart Robot bernama M3GAN - Model 3 Generative Android yang digadang-gadang mampu menjalin hubungan spesial secara emosional dengan pemiliknya. Robot M3GAN yang berwujud anak perempuan itu kemudian diuji coba dengan menjalin pertemanan dengan Cady. Tak disangka, Smart Robot yang diciptakan Gemma itu berhasil melakukan tugasnya dengan sangat baik. Robot M3GAN bertransformasi menjadi teman sekaligus pelindung bagi Cady dalam segala situasi dan kondisi.
Permasalahan muncul disaat Cady yang terlihat semakin tidak bisa lepas dari M3GAN.



Selain itu, serangkaian kejadian aneh terjadi di kehidupan Gemma. Anjing milik tetangga yang selama ini mengganggu ketenangan tiba-tiba hilang. Keesokan harinya, sang pemilik juga ditemukan tewas dengan kondisi yang sangat tragis di garasi rumah. Keadaan semakin tak terkendali disaat satu persatu orang yang dianggap mengganggu Cady juga mengalami kejadian yang mengerikan. Gemma sangat yakin jika Robot M3GAN mengalami error dan melakukan hal-hal diluar kendali.
Akankah Gemma dan kedua temannya berhasil memperbaiki Robot M3GAN menjelang perusahaan FUNKI memperkenalkannya ke seluruh dunia?



#Review:
Blum House dan Atomic Monster kembali berkolaborasi merilis sebuah film horror thriller yang kali ini dipadukan dengan Sci-Fi terbaru berjudul M3GAN (2023). Sejak perilisan materi promo berupa teaser, full trailer hingga poster, film ini berhasil mencuri atensi penonton di sosial media karena konsep serta visual Robot M3GAN yang cantik sekaligus unik. Goyangan khas M3GAN bahkan sering menjadi meme bagi para pengguna sosial media khususnya Twitter.


Untuk segi cerita, konsep Sci-Fi tentang robot M3GAN ini mengingatkanku akan franchise boneka setan CHUCKY dan juga robot Ultron di Marvel Cinematic Universe. Robot yang awalnya diciptakan untuk membantu manusia malah berbalik menjadi sangat berbahaya hingga mengancam nyawa. Namun yang lebih asyik dari film ini, Akela Cooper dan James Wan selaku yang punya cerita dan konsep dari M3GAN (2023) menampilkan sosok villain yang loveable dan memaklumi apa yang dilakukannya karena turut memperlihatkan juga sifat-sifat jelek manusia yang memang mengancam keselamatan orang lain. Yang cukup disayangkan mungkin kadar horror dari film ini terbilang sangatlah minim. Sang sutradara terlalu fokus untuk menciptakan kisah Sci-Fi disepanjang durasi film dan gagal menjelaskan tentang penyebab Robot M3GAN yang menjadi over protective. Beberapa selipan komedi nya pun terasa absurd dan konyol.
Untuk jajaran pemain, aku kurang bisa menikmati penampilan akting dari dua pemain utamanya. Mereka berdua benar-benar hambar, tidak ada feel dan gagal menarik simpati penonton. Justru yang mencuri perhatian adalah si Robot M3GAN nya dengan gesture cringe serta suaranya yang bagus tapi creepy. Hahahaha.


Overall, film M3GAN (2023) berhasil menyajikan kisah Sci-Fi Horror lewat sebuah robot perempuan yang meskipun deretan ensemble castsnya tampil tidak memuaskan. Sangat berharap di sekuelnya nanti, performance casts bisa diganti yang lebih baik lagi.


[7.5/10Bintang]

0 comments:

Post a Comment