Monday 24 April 2023

[Review] The Super Mario Bros Movie: Film Animasi Adaptasi Game Klasik Yang Seru Dan Menghibur!




#Descriptions:
Title: The Super Mario Bros. Movie (2023)
Casts: Chris Pratt, Charlie Day, Anya Taylor-Joy, Jack Black, Keegan-Michael Key, Seth Rogen, Fred Armisen, Sebastian Maniscalco, Kevin Michael Richardson, Charles Martinet, Jessica DiCicco, Khary Payton, Eric Bauza, Juliet Jelenic
Director: Aaron Horvath, Michael Jelenic
Studio: Universal Studios, Illumination, Nintendo


#Synopsis:
Dua kakak beradik yaitu Mario (Chris Pratt) dan Luigi (Charlie Day) sepakat membuka bisnis yang berfokus pada jasa perbaikan pipa di Brooklyn. Meskipun mendapat pandangan sebelah mata dari ayah mereka dan juga mantan rekan kerja Mario, tak membuat keduanya berkecil hati. Untuk memaksimalkan bisnisnya itu, Mario dan Luigi rela menghabiskan uang tabungan mereka untuk membeli mobil dan memasang iklan di televisi.
Orderan pertama akhirnya datang. Mario dan Luigi diminta untuk memperbaiki pipa dan kran air di sebuah Apartment mewah oleh pemiliknya. Namun sayang, pekerjaan pertama mereka itu menjadi berantakan gara-gara hal sepele dan berakhir dengan mengecewakan. Mario pun merasa gagal dihadapan Luigi, keluarga dan orang-orang disekitarnya. Rasa putus asa itu tiba-tiba berubah jadi penuh semangat setelah Mario dan Luigi melihat berita di televisi tentang kebocoran pipa air di pusat kota yang menyebabkan banjir. Mereka bergegas pergi menuju lokasi kebocoran sekaligus ingin membuktikan jika mereka bisa melakukan pekerjaannya dengan baik.


Setibanya di pusat kota, Mario dan Luigi langsung masuk ke jalur bawah tanah untuk mengecek pipa dan menghentikan kebocoran. Setelah ditelusuri, Mario berhasil menemukan katup pipa yang bermasalah. Disaat sedang berjalan menuju pipa itu, mereka berdua terpeleset dan masuk ke area pipa bawah tanah yang baru pertama kali mereka lihat. Mario dan Luigi pun memasuki area tersebut. Tiba-tiba saja, Luigi terhisap ke dalam pipa besar berwarna hijau. Mario pun langsung menyusulnya dan ikut terhisap juga. Pipa hijau tersebut membawa mereka ke dunia baru yang tak pernah mereka sangka sebelumnya.
Mario terdampar di hutan yang diisi banyak sekali jamur. Disana ia bertemu dengan Toad (Keegan-Michael Key), salah satu penduduk yang tinggal disana. Toad pun menjelaskan jika Mario sedang berada di Mushroom Kingdom yang dipimpin oleh seorang ratu cantik bernama Princess Peach (Anya Taylor-Joy). Mario pun meminta bantuan pada Toad untuk mencari cara menyelamatkan Luigi yang terlihat masuk ke wilayah yang memiliki banyak gunung api dan lahar panas. Toad pun terkejut saat mendengar hal itu, karena Luigi masuk ke wilayah Dark Island yang dipimpin oleh raja kura-kura raksasa bernama Bowser (Jack Black). Toad kemudian mengajak Mario untuk menemui Princess Peach dan menjelaskan tentang Luigi yang terdampar di Dark Island.


Sementara itu, Luigi yang tersesat di Dark Island itu berhasil ditangkap oleh pasukan Koopas milik Bowser. Luigi kemudian ditahan bersama dengan para tahanan lain yang siap dikorbankan demi kepentingan Bowser. Permasalahan muncul disaat penyihir Koopa yaitu Kamek (Kevin Michael Richardson) melihat Princess Peach didatangi seorang pria asing. Mendengar hal tersebut membuat Bowser sangat cemburu. Ia tak ingin ada orang lain selain dirinya yang dekat dengan pujaan hatinya itu. Dengan berbekal Super Star yang berhasil ia rebut dari kerajaan Ice Kingdom, Bowser siap mendatangi Mushroom Kingdom untuk melamar Princess Peach. Bowser berjanji jika ia menikah dengan Princess Peach maka akan mudah bagi keduanya menguasai seluruh kerajaan yang ada. 



Princess Peach pun bersedia membantu Mario untuk menyelamatkan Luigi dari Dark Island. Sebelum melanjutkan perjalanan, Mario dilatih dengan maksimal agar bisa melewati berbagai jenis rintangan berat saat berurusan dengan Bowser dan pasukannya. Setelah berhasil menaklukan tantangan yang diberikan, perjalanan Princess Peach, Mario dan Toad pun dimulai. Selama perjalanan menuju Dark Island, Mario menemukan banyak hal menarik dari Princess Peach dan juga Toad yang sangat pemberani. Kebersamaan antara Princess Peach dengan Mario membuat Bowser makin cemburu buta. Ia mengerahkan banyak pasukan Koopa untuk menghabisi Mario secepatnya.


Sebelum memasuki wilayah Dark Island, Princess Peach membawa Mario dan Toad ke Jungle Kingdom untuk meminta pasukan pada Cranky Kong (Fred Armisen). Setelah berhasil mendapatkan bantuan dari Cranky Kong dan anaknya, Donkey Kong (Seth Rogen), rombongan Princess Peach itu bergegas pergi ke Dark Island dengan melewati jalan pintas melalui Rainbow Road agar tidak terdeteksi Bowser. Namun sayang, semua rencana tersebut jadi berantakan gara-gara pasukan Koopa sudah bersiap mengepung mereka di Rainbow Road. Akankah Mario, Princess Peach dan Toad berhasil menyelamatkan Luigi?


#Review:
Kesuksesan Game asal Jepang milik Sega yaitu Sonic yang diangkat ke film layar lebar Hollywood,  membuat Universal Pictures dan Illumination tertarik untuk menghadirkan film animasi terbaru dari Game populer milik Nintendo yaitu Mario Bros. Film yang dirilis pada awal April kemarin ini secara mengejutkan mencetak banyak prestasi termasuk rekor loh. Film THE SUPER MARIO BROS MOVIE (2023) menjadi film Hollywood pertama di tahun 2023 yang berhasil menembus 1 Triliun Dollar Amerika Serikat, film animasi adaptasi game pertama dalam sejarah dengan pendapatan tertinggi dan masuk urutan ke-11 sebagai film animasi terlaris sepanjang masa. Sungguh luar biasa bukan? Lantas apa yang menjadi daya tarik dari film SUPER MARIO BROS (2023) kali ini?


Untuk segi cerita, kolaborasi antara Aaron Horvath, Michael Jelenic dan penulis naskah Matthew Fogel memberikan pendekatan kisah Mario dan Luigi di film ini terasa sangat setia sekaligus menghormati versi Video Game nya. Tidak ada karakter Live Action seperti yang dilakukan dua film SONIC THE HEDGEHOG (2022) ataupun DETECTIVE PIKACHU (2019), film SUPER MARIO BROS (2023) ini full dibuat animasi dengan visualnya sangat mirip dengan materi aslinya. Sutradara dan penulis naskah jadi lebih leluasa untuk menghadirkan banyak referensi menarik khas dari IP Mario Bros itu sendiri.
Paruh awal film, kisah Mario dan Luigi dibuat lebih manusiawi tentang kakak beradik di Brooklyn yang selalu disepelekan oleh orang-orang disekitarnya. Dua sifat yang berbanding terbalik antara Mario dan Luigi juga menjadi daya tarik tersendiri, meskipun formula seperti ini sudah sering kita temukan dalam film-film animasi lain. Keseruan film SUPER MARIO BROS (2023) perlahan mulai meningkat disaat petualangan Mario yang terpisah dengan Luigi memasuki Mushroom Kingdom dan juga Dark Island. Aku suka dengan Treatment dari karakter Princess Peach yang tidak dibuat lemah tak berdaya dan harus diselamatkan oleh Mario, melainkan sosok Princess yang lincah dan juga jagoan bagi warga jamur di Mushroom Kingdom. Keseruan Mario, Princess Peach dan Toad yang berpetualang untuk menyelamatkan Luigi pun eksekusinya seru banget! Banyak sekali Easter Egg dan referensi menarik dari semua game Mario Bros bermunculan disepanjang durasi film. Sensasi permainan khas Mario Bros juga akan kita rasakan dengan maksimal berkat pergerakan animasinya yang fresh sekaligus penuh nostalgia. Terlepas dari alur ceritanya yang dibuat sangat sederhana dan predictable, film SUPER MARIO BROS (2023) menurutku tetap berhasil mencuri perhatian karena murni sebagai film animasi hiburan untuk segala usia tanpa harus menyelipkan agenda-agenda terselubung seperti film-film animasi produksi studio tetangga.
Untuk jajaran pemain, performance Star-Lord eh Chris Pratt yang mengisi suara Mario surprisingly is really good. Rasa khawatir serta omelan Netizen di sosial media yang menyayangkan kenapa tidak pengisi suara asli Video Game nya saja, terbantahkan dengan alasan yang lebih rasionable dan dijelaskan juga pada paruh awal film. Keputusan yang sangat tepat, karena Chris Pratt, Anya Taylor-Joy, Charlie Day hingga Jack Black memberikan penampilan mengisi suara yang sangat maksimal. Paling berkesan tentunya Jack Black yang berhasil menghidupkan karakter Bowser dengan dua sisi yang berbeda. Yang sedikit kurang cocok menurutku pengisi suara jamur Toad yang terlalu kontras perbandingan animasi dengan suara beratnya Keegan-Michael Key hahaha. 
Overall, film animasi SUPER MARIO BROS (2023) memang sangat layak untuk mendapat kesuksesan karena penonton juga masih sangat membutuhkan film-film animasi yang Entertaining untuk semua kalangan tanpa perlu menyelipkan hal-hal pro kontra didalamnya. Keren!


[8.5/10Bintang]

0 comments:

Post a Comment