Thursday 4 May 2023

[Review] Guardians of The Galaxy Vol. 3: Akhir Kisah Team Penjaga Galaksi Di Jagat MCU!



#Description:
Title: Guardians of The Galaxy Vol. 3 (2023)
Casts: Chris Pratt, Zoe Saldana, Dave Bautista, Karen Gillan, Pom Klementieff, Vin Diesel, Bradley Cooper, Sean Gunn, Chukwudi Iwuji, Will Poulter, Elizabeth Debicki, Maria Bakalova
Director: James Gunn
Studio: Marvel Studios


#Synopsis:
Peter Quill (Chris Pratt), Nebula (Karen Gillan), Drax (Dave Bautista), Mantis (Pom Klementieff), Rocket Raccoon (Bradley Cooper) dan Groot (Vin Diesel) kini menghabiskan waktu tinggal di Knowhere. Star-Lord dan yang lainnya ikut serta dalam membangun kehidupan yang layak bagi para alien dan penduduk disana.


Suasana tenang dan damai berubah jadi kacau balau disaat Rocket Raccoon mendapat serangan dari Alien Emas Sovereign yaitu Adam Warlock (Will Poulter). Para Guardians terkejut dengan kemunculan Adam yang tiba-tiba menyerang Rocket tanpa alasan yang jelas. Mereka berusaha sekuat tenaga untuk menghentikan kekacauan yang disebabkan oleh Adam namun hasilnya sia-sia. Serangan yang dilakukan oleh Adam itu hampir merusak seluruh bangunan yang ada di Knowhere. Beruntung, Nebula berhasil melukai Adam dan akhirnya ia pergi meninggalkan para Guardians.
Rocket Raccoon kini tak sadarkan diri karena mengalami banyak pendarahan. Star-Lord dan Mantis berusaha menyelamatkan nyawa Rocket namun semua peralatan canggih yang mereka miliki tak mampu mengobati luka parah yang dialami Rocket. Setelah ditelusuri oleh Nebula, satu-satunya cara untuk menyelamatkan nyawa Rocket yaitu membuka akses chip yang selama ini terpasang di dalam jantungnya. Petunjuk yang mereka ketahui hanyalah perusahaan bernama Orco Corp, yang merupakan pencipta dari Chip tersebut.


Nebula kemudian meminta bantuan pada Gamora (Zoe Saldana) yang kini menjadi bagian dari Ravagers bersama dengan Stakar (Sylvester Stallone) untuk mengetahui keberadaan Orco Corp. Dengan janji imbalan yang besar dari Nebula, Gamora siap mengantarkan Guardians untuk mendapatkan akses masuk ke Orco Corp. Kehadiran Gamora yang berbeda dari Gamora yang sudah meninggal itu membuat Star-Lord salah tingkah. Ia masih berharap jika Gamora versi berbeda ini bisa merasakan ikatan cinta antara dirinya dengan Gamora lama meskipun berujung sia-sia.



Setibanya di markas utama Orco Corp, para Guardians harus segera mendapatkan data penting dari Chip yang terpasang pada tubuh Rocket. Di sisi lain, pemilik Orco Corp yaitu Dr. Herbert Wyndham atau The High Evolutionary (Chukwudi Iwuji) mengerahkan seluruh pasukannya untuk secepat mungkin menangkap Rocket setelah Adam Warlock gagal menangkapnya. Rocket sendiri merupakan seekor rakun hasil eksperimen evolusi dari High Evolutionary yang tak disangka membuatnya jauh lebih pintar dan jenius dari penciptanya. High Evolutionary sendiri ingin menciptakan kehidupan baru dengan melakukan evolusi terhadap manusia dan juga hewan berdasarkan kejeniusan dari otak Rocket. Ia sangat yakin jika eksperimen kali ini tidak akan gagal seperti sebelum-sebelumnya.


Sementara itu, Ayesha meminta Adam Warlock yang masih belum bisa mengendalikan energinya itu untuk segera menangkap lagi Rocket agar Sovereign tidak dihancurkan oleh High Evolutionary. Para Guardians mau tak mau harus berjuang sampai titik darah penghabisan demi melindungi Rocket dari incaran Adam Warlock dan juga High Evolutionary. Akankah mereka berhasil menggagalkan semua rencana jahat para musuh?


#Review:
Marvel Studios akhirnya merilis film ketiga dari para penjaga galaksi MCU yaitu GUARDIANS OF THE GALAXY VOL. 3 (2023) di bioskop Indonesia mulai Rabu, 3 Mei 2023 kemarin. Film ini digadang-gadang menjadi film penutup bagi Peter Quill dan kawan-kawan sekaligus menjadi film terakhir bagi James Gunn di Marvel Cinematic Universe.


Film GOTG VOL. 3 (2023) hadir dengan alur cerita yang semakin solid dan matang dari segala aspek. James Gunn berhasil memukau penonton lewat kisah persahabatan geng Guardians yang begitu kuat! Star-Lord dengan yang lainnya rela melakukan apa saja demi menyelamatkan nyawa Rocket, meskipun mengancam keselamatan mereka. Development chemistry geng Guardians di film ketiganya ini sudah seperti keluarga yang saling melindungi satu sama lain. Yang menjadi kejutan tak terduga, James Gunn menceritakan Origin Story dari Rocket Raccoon penuh dengan perasaan pilu dan menguras emosional penonton. Jujur, pendalaman karakter serta Background Story dari Rocket Raccoon jadi salah satu yang terbaik di jagat MCU.


Nonton film Guardians of The Galaxy Vol. 3 (2023) wajib membawa tissue!

Kejutan demi kejutan lainnya terus bermunculan yang berpotensi membuat penonton ikutan larut dalam kesedihan kemudian langsung beranjak pada sekuens action dan komedi khas GOTG yang luar biasa menghibur! Timing komedinya selalu tepat sasaran, sehingga tak menimbulkan rasa Cringe pada penonton. Film GOTG VOL. 3 (2023) berhasil mengembalikan Euforia dan harapan penonton setia MCU setelah berulang kali menelan kekecewaan di film-film MCU belakangan ini seperti MULTIVERSE OF MADNESS (2022), THOR LOVE AND THUNDER (2022), WAKANDA FOREVER (2022) dan QUANTUMANIA (2023). Kemegahan yang spektakuler seperti INFINITY WAR (2018) dan ENDGAME (2019) akhirnya bisa kita rasakan kembali lewat film ini.


Untuk jajaran pemain, penampilan geng Guardians yang dimainkan oleh Chris Pratt dan kawan-kawan selalu maksimal dan memuaskan. James Gunn sangat adil dalam memberikan porsi cerita dan juga adegan aksi untuk Star-Lord, Nebula, Gamora, Mantis, Drax, Rocket dan Groot. Selain member utama yang selalu konsisten bersinar, film GOTG VOL. 3 (2023) juga memiliki banyak sekali karakter pendukung yang penampilannya mencuri perhatian. Chukwudi Iwuji sukses menjelema menjadi sosok High Evolutionary yang sangat menyebalkan sekaligus mengerikan. Motivasinya pun cukup kuat meskipun pendalaman ceritanya terlihat sangat dibatasi. Kemunculan Adam Warlock yang diperankan Will Poulter juga tidak terlalu dieksplor lebih jauh oleh James Gunn. Namun setidaknya, karakter Adam Warlock disini sudah dijelaskan dengan jika dirinya dilepaskan lebih cepat sebelum waktunya oleh Ayesha, sehingga belum sepenuhnya bisa mengendalikan emosi serta kekuatannya. Penampilan tak kalah menguras emosi penonton datang dari dua tiga sahabat Rocket semasa kecil. Gokil sih masih dibuat sedih jika mengingat masa lalu dari Rocket!


#StopAnimalAbuse #StopChildrenTrafficking

Untuk urusan visual, musik dan teknis, film GOTG VOL. 3 (2023) menjadi persembahan paling apik sekaligus Outstanding dari James Gunn. Meskipun full CGI, namun eksekusinya tetap bikin penonton terpukau. Banyak adegan aksi dibuat sangat seru dan durasinya panjang-panjang. Untuk urusan musik, selera James Gunn memang benar-benar jenius dalam pemilihan lagu disepanjang film ini. Selalu Eargasm dan pas banget ke setiap adegan. Selain itu, yang lebih gokilnya lagi, James Gunn memberikan 100% FULLEST format IMAX dari awal sampai akhir film loh! Sensasi gambar lebih besar disepanjang durasi film akhirnya bisa kita rasakan kembali setelah terakhir di film ENDGAME (2019) CMIIW.
Overall, film GUARDIANS OF THE GALAXY VOL. 3 (2023) berhasil menjadi film penutup yang mengesankan, spektakuler sekaligus perpisahan yang sempurna dari James Gunn untuk Marvel Studios. Jangan lewatkan ada DUA Credit Scene ya guys!


[9/10Bintang]

0 comments:

Post a Comment